Uji Efektivitas Ekstrak Kasar Alga Coklat Padina Australis Sebagai Antibakteri Terhadap Bakteri Patogen

Pertiwi, PutriKarunia (2015) Uji Efektivitas Ekstrak Kasar Alga Coklat Padina Australis Sebagai Antibakteri Terhadap Bakteri Patogen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Alga coklat adalah salah satu kelompok makroalga yang diketahui sebagai sumber yang kaya akan senyawa bioaktif dan potensial untuk diteliti dan dikembangkan. Salah satu jenis alga coklat yaitu Padina australis Hauck yang digunakan sebagai makanan oleh masyarakat di wilayah pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Padina australis mempunyai efek menurunkan kadar kolesterol darah. Beberapa alga yang berasal dari perairan Indonesia ditemukan memiliki senyawa aktif yang sifatnya sebagai antimikroba terhadap bakteri patogen. Padina australis merupakan salah satu jenis makroalga yang belum banyak dimanfaatkan sehingga perlu diteliti kandungan senyawa aktif sebagai daya hambat terhadap bakteri patogen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pelarut terbaik antara metanol dan etanol yang menghasilkan daya hambat terbesar dari ekstrak Padina australis terhadap bakteri patogen dengan metode uji cakram serta untuk mengetahui senyawa bioaktif dari Padina australis yang didapatkan dari uji fitokimia dan GC-MS. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2014 – Februari 2015, di Laboratorium Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Forensik dan Narkoba Polda Jawa Timur dan Laboratorium SAINTEK Universitas Islam Malik Ibrahim Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode ini mengarahkan kepenelitian yang secara sengaja dilakukan oleh peneliti terhadap variabel yang data-datanya belum ada sehingga perlu adanya perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian guna diamati pengaruhnya. Pondasi yang dibangun pada penelitian ini merupakan riset-riset yang telah terdahulu, studi kasus, literatur yang disebutkan serta data sekunder yang lainnya. Hasil dari uji fitokimia dapat diketahui bahwa Padina australis mengandung senyawa saponin, flavonoid dan terpenoid. Sedangkan hasil analisis uji GC-MS dapat diketahui bahwa senyawa yang diduga berfungsi sebagai antibakteri antara lain, Hexadecanoic acid, 11-Octadecenoic acid dan 9-Octadecenoic acid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Padina australis dapat digunakan sebagai anti Salmonella typhi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya zona hambat pada konsentrasi 10.000 ppm dengan rata-rata sebesar 6,23 mm dan didapatkan metanol sebagai pelarut yang terbaik karena menghasilkan zona hambat terbesar dibandingkan etanol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/209/ 051504699
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Aug 2015 13:52
Last Modified: 14 Aug 2015 13:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134044
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item