Studi Kerentanan Fisik Pesisir Selatan Kabupaten Kebumen Jawa Tengah

Nandika, MuhammadRizki (2015) Studi Kerentanan Fisik Pesisir Selatan Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Kebumen Sebagai Salah Satu Lokasi Yang Memiliki Wilayah Pesisir Merupakan Wilayah Yang Rawan Terhadap Kenaikan Muka Air Laut. Selain Memiliki Dataran Rendah, Pesisir Selatan Kabupaten Kebumen Juga Langsung Berhadapan Dengan Samudera Indonesia. Hal Tersebut Telah Menyebabkan Beberapa Peristiwa Erosi Di Kabupaten Kebumen, Padahal Melalui Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen No. 23 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Dan Wilayah Kabupaten Kebumen Tahun 2011-2031 Disebutkan Bahwa Banyak Rencana Pengembangan Daerah Di Pesisir Kabupaten Kebumen, Meliputi Pengembangan Daerah Wisata Dan Pengembangan Daerah Cagar Budaya. Dengan Begitu, Pengkajian Kerentanan Pesisir Merupakan Suatu Hal Yang Perlu Dilakukan Mengingat Pentingnya Informasi Tersebut Dapat Digunakan Dalam Melakukan Upaya Pencegahan, Pengkajian Resiko Dan Potensi Dampak. Tujuan Dilaksanakannya Penelitian Ini Yaitu Untuk Mengetahui Sebaran Tingkat Kerentanan Pesisir Serta Untuk Mengetahui Variabel Yang Paling Berkontribusi Dalam Terjadinya Kerentanan Di Selatan Kabupaten Kebumen. Penelitian Dilaksanakan Pada Maret 2015 Dengan Daerah Studi Adalah Pesisir Selatan Kabupaten Kebumen. Diharapkan Kajian Ini Dapat Memberikan Informasi Bagi Pemerintah Setempat Untuk Melakukan Pengelolaan Dan Pengambilan Keputusan Terkait Pengembangan Pesisir Kabupaten Kebumen. Metode Yang Dilakukan Dalam Penelitian Merupakan Metode Kajian Indeks Kerentanan Pesisir (IKP) Yang Efektif Digunakan Dalam Melaksanakan Studi Mengenai Kerentanan Pada Pesisir Dengan Menggunakan Variabel Tutupan Lahan, Ketinggian, Laju Perubahan Garis Pantai, Kenaikan Muka Air Laut Relatif, Tinggi Gelombang Signifikan Dan Tunggang Pasang Surut. Data Yang Digunakan Meliputi Data Primer Berupa Pengamatan Langsung Dan Dokumentasi Serta Data Sekunder Berupa Data Tiap Variabel. Hasil Didapatkan Bahwa Kelas Kerentanan Di Selatan Kabupaten Kebumen Dikelompokkan Ke Dalam Kelas Rendah (3,32%), Sedang (66,21%), Tinggi (26,77%) Dan Sangat Tinggi (3,69%). Berdasarkan Panjang Garis Pantai, Sepanjang 5,24 Km Pesisir Kabupaten Kebumen Memiliki Kerentanan Yang Sangat Tinggi, 11,18 Km Memiliki Kerentanan Yang Tinggi Dan 21,91 Km Pesisir Memiliki Kerentanan Sedang. Tingkat Kerentanan Sangat Tinggi Berada Pada Dua Desa, Yaitu Desa Tambak Mulya Dan Desa Surorejan. Diketahui Bahwa Variabel Yang Memiliki Pengaruh Paling Besar Akan Adanya Kerentanan Di Kabupaten Kebumen Adalah Variabel Kenaikan Muka Air Laut Relatif, Diikuti Oleh Variabel Tutupan Lahan, TKetinggian, Tunggang Pasang Surut, Laju Perubahan Garis Pantai Dan Tinggi Gelombang Signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/162/051504146
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jun 2015 09:46
Last Modified: 19 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133993
[thumbnail of LAPORAN-STUDI_KERENTANAN_FISIK_PESISIR_KABUPATEN_KEBUMEN_JAWA_TENGAH.pdf]
Preview
Text
LAPORAN-STUDI_KERENTANAN_FISIK_PESISIR_KABUPATEN_KEBUMEN_JAWA_TENGAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item