Analisis Produksi dan Biaya Produksi Kapal Ikan dengan Material Kayu dan Material Fiberglass di Jawa Timur

MuliaP, FebyDianaAsia (2015) Analisis Produksi dan Biaya Produksi Kapal Ikan dengan Material Kayu dan Material Fiberglass di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap penggunaan bahan kayu di Industri perkapalan, padahal kondisi kapal - kapal nelayan kita umumnya terbuat dari material kayu. Adanya masalah di industri perkapalan, yang mana sejumlah galangan kapal terancam tutup akibat kesulitan memperoleh kayu sebagai bahan baku utama untuk membuat kapal. Seiring dengan larangan pemerintah pada penebangan kayu illegal, demi menjaga kelestarian hutan, adanya khasus keterbatasan sumber daya manusia, peralatan dan penguasaan terhadap pengolahan bahan alternatif fiberglass yang akan digunakan untuk bahan baku utama dalam proses membuat kapal menjadi kendala dalam usaha pengembangan produktivitas galangan. Penelitian proses produksi dan biaya produksi kapal ikan dengan material kayu dan fiberglass ini dilaksanakan di jawa timur tepatnya di Kabupaten Pacitan, Trenggalek, dan Kota Surabaya. Proses pembangunan kapal yang terdapat pada galangan kapal tradisional kapal kayu terletak di Kabupaten Trenggalek (Prigi), dan Pacitan dengan melalui tahapan-tahapan yang telah disusun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Proses produksi kapal fiberglass dillaksanakan di CV. Javenese Indonesia dengan teknik dan teknologi yang sederhana yang melalui tahapan-tahapan yang lebih sederhana dengan menggunakan cetakan ditujukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Komponen biaya yang dibutuhkan untuk proses produksi kapal kayu dan kapal fiberglass meliputi biaya material utama, material pendukung, upah tenaga kerja, dan biaya tetap. Keempat komponen biaya yang dibutuhkan dalam iii produksi kapal, produksi pertama kapal bermaterial fiberglass membutuhkan biaya produksi yang lebih mahal dibandingkan biaya produksi kapal bermaterial kayu. Produksi kedua, ketiga, hingga seterusnya kapal bermaterial fiberglass akan relatif lebih murah dibandingkan produksi kapal bermaterial kayu. Produksi pertama, kapal kayu akan membutuhkan waktu produksi yang lebih singkat dibandingkan produksi kapal dengan material fiberglass. Namun pada produksi kedua dan seterusnya, produksi kapal dengan menggunakan material fiberglass akan membutuhkan waktu produksi yang lebih singkat dibandingkan waktu produksi kapal dengan menggunakan material kayu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/149/051504085
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jun 2015 14:59
Last Modified: 19 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133978
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item