Analisis Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Wisata Pantai Siring Kemuning di Desa Mecajeh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan.

Effendy, HardyMauludia (2015) Analisis Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Wisata Pantai Siring Kemuning di Desa Mecajeh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Siring Kemuning merupakan Pantai yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Bangkalan dan belum terkelola secara maksimal, karena belum ada pengelola terstruktur yang mengerti akan pemanfaatan wilayah pesisir dalam hal ini wisata Pantai. Kegiatan rekreasi Pantai memang memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah. Keberadaan pariwisata juga dapat menyerap tenaga kerja. Namun disisi lain aktivitas pariwisata memberikan tekanan lingkungan. Berbagai aktivitas-aktivitas wisata akan berpengaruh terhadap kondisi lingkungan pantai. Kemampuan pantai untuk mendukung aktivitas wisatawan memiliki batasan toleransi. Pemanfaatan yang melebihi daya dukung akan menyebabkan degradasi lingkungan. Mengetahui tingkat kesesuaian lahan Pantai Sirng Kemuning DesaMecajeh Kecamatan Tanjung Bumisebagai wisata Pantai rekreasi, Mengetahu kapasitas maksimumdaya dukung areal Pantai Siring kemuning Desa Mecajeh Kecamatan Tanjung Bumisebagai wisata Pantai berdasarkan beberapa kegiatan rekreasi.nData yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 13 parameter yang bersumber dari parameter kesesuaian lahan wisata pantai Yulianda (2007) yang dimodifikasi berdasarkan kondisi dari Pantai Siring Kemuning. 13 parameter tersebut adalah Kecepatan arus, tinggi gelombang, kedalaman perairan, kecerahan perairan, tutupan lahan, lebar pantai, kemiringan pantai, fasilitas, keamanan, biota berbahaya, material dasar perairan dan ketersediaan air tawar. Selain parameter kesesuaian lahan data pendukung lainnya berupa vegetasi di pantai siring kemuning serta suhu, Ph, DO, Salinitas perairan Pantai Siring Kemuning. Hasil dari penelitian ini adalah Pantai Siring Kemuning memiliki panjang pantai sejauh 994 meter dan seluas 1005 meter persegi. Pantai Siring Kemuning mendapat nilai indeks kesesuaian wisata berbeda beda tiap stasiun nya di stasiun 1 sebesar 63.46% dimana ini masuk dalam kategori cukup sesuai untuk wisata pantai. Di stasiun 2 sebesar 65.38% dan stasiun 3 63.94% dimana pada kedua stasiun masuk dalam kategori cukup sesuai untuk wisata pantai. Secara rata-rata Pantai Siring Kemuning Masuk memperoleh nilai Indeks Kesesuaian Wisata sebesar 64.14 % yang mana ini masuk dalam kategori 2 yaitu cukup sesuai sebagai area wisata pantai rekreasi. Total nilai daya dukung kawasan Pantai Siring Kemuning untuk masing-masing kegiatan adalah sebanyak 305 pengunjung per hari . Yang terbagi dalam kegiatan rekreasi pantai sebanyak 54 orang per hari, berenang sebanyak 75 orang, olahraga sebanyak 50 orang, berkemah sebanyak 23 orang selama 1 hari, serta berjemur sebanyak 101 orang per hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/133/051503623
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jun 2015 09:28
Last Modified: 19 Oct 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133962
[thumbnail of SKRIPSI_HARDY.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_HARDY.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item