Persepsi Masyarakat Desa Liang Dalam Pengembangan Wisata Pantai Hunimua Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah

Banyal, Wirda (2015) Persepsi Masyarakat Desa Liang Dalam Pengembangan Wisata Pantai Hunimua Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan kepariwisataan sebagai bagian dari pembangunan nasional mempunyai tujuan antara lain memperluas kesempatan berusaha dan lapangan kerja. Sejalan dengan tahap-tahap pembangunan nasional, pelaksanaan pembangunan kepariwisataan nasional dilaksanakan secara menyeluruh, berimbang, bertahap, dan berkesinambungan. Hal ini berarti bahwa pembangunan di bidang kepariwisataan mempunyai tujuan akhir untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui. 1 Potensi wisata yang dimiliki dalam kawasan wisata pantai hunimua. 2 Persepsi masyarakat terhadap kawasan wisata pantai hunimua. 3 Strategi pengembangan yang sesuai dengan karakteristik dan sumberdaya yang ada. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2014 bertempat di Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara,observasi,kuisioner,dokumentasi,teknik pengambilan samplemenggunakan teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan yaitu Deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari data kuisioner masyarakat Desa Liang 100% menyatakan setuju dengan adanya pengembangan wisata Pantai Hunimua karena menjadi tujuan wisata bagi wisatawan yang berkunjung serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Dan dari data kuisioner sebanyak 80% menginginkan penambahan sarana bermain anak dalam objek wisata. Karena dapat menambah pengunjung dan dapat menambah penghasilan masyarakat. Namun 20% menginginkan pelatihan/penelitian karena bisa mengatur dan menjadi pelayan yang baik untuk pengunjung. Dari data kuisioner sebanyak 75% masyarakat menginginkan dengan adanya keterlibatan swasta dalam pengembangan wisata Pantai Hunimua untuk membantu penambahan dana agar masyarakat dapat mengembangkan wisata pantai hunimua kedepan yang lebih baik. Namun 25% masyarakat tidak mau agar keterlibatan swasta, karena masyarakat sekitar merasa mampu untuk mengembangkan wisata Pantai Hunimua. Dari data kusioner sebanyak 100% masyarakat tidak merasakan kepuasan terhadap pelayanan yang ada di wisata pantai ini, karena belum adanya paket wisata yang lengkap untuk melayani wisatawan yang akan berkunjung ke wisata Pantai Hunimua, petugas pelayanan yang ada di lokasi wisata hanya petugas keamanan dan petugas untuk menjaga pintu masuk wisata. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk menembah serta melengkapi sarana dan prasarana yang ada di Pantai Hunimua guna menunjang aktivitas wisatawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/523/51500690
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Feb 2015 14:32
Last Modified: 22 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133861
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_5.pdf]
Preview
Text
Bab_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item