Pengaruh Pemberian Serbuk Ekstrak Kasar Alginat Sargassum crassifolium Terhadap Kadar Total Kolesterol Darah Tikus Wistar (Rattus novergicus).

Pratiwi, NandarningtiyasLaras (2015) Pengaruh Pemberian Serbuk Ekstrak Kasar Alginat Sargassum crassifolium Terhadap Kadar Total Kolesterol Darah Tikus Wistar (Rattus novergicus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kolesterol merupakan komponen utama dalam proses sintesis asam empedu. Peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pada aliran darah sehingga terjadai gangguan kesehatan hyperlipidemia. Peningkatan kolesterol mempengaruhi peningkatan trigliserida, LDL, dan VLDL serta penurunan kadar HDL dan kolesterol dalam feses yang terbuang. Serat pangan merupakan salah satu cara dalam menurunkan kadar total kolesterol. Salah satu serat pangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumput laut coklat yang menghasilkan alginat sebagai serat tak larut air. Serat tak larut yang dimiliki oleh alginat merupakan salah satu serat yang paling efektif dalam mengikat asam empedu dan mengeluarkan serat dari dalam tubuh. Dari hasil peneitian sebelumnya penambahan garam Na, K dan Ca alginat dari Sargassum polycystum mampu menurunkan kadar kolesterol tikus. Adanya indikasi dari penelitian sebelumnya dari manfaat alginat yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menggunakan jenis Sargassum crassifolium dengan diekstraksi untuk mendapatkan serbuk dari ekstraksi kasar alginat Sargassum crassifolium. Secara umum penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian serbuk alginat dari ekstraksi kasar Sargassum crassifolium terhadap total kolesterol darah tikus wistar. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Perikanan Universitas Brawijaya Malang dan Laboratorium Pangan dan Gizi, Pusat Antar Universitas, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada bulan Juni sampai Oktober 2014. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) fa k torial dengan Variabel bebas yaitu perlakuaan pemberian dosis 100 mg/kg BB/ekor/hari, 200 mg/kg BB/ekor/hari, 400 mg/kg BB/ekor/hari dan 800 mg/kg BB/ekor/hari. Variable terikat meliputi kadar total kolesterol darah, kadar trigliserida, kadar HDL, kadar LDL, kadar VLDL dan kadar kolesterol dalam feses. Adapun pengamatan dilakukan pada hari ke 0, ke 7, ke 14 dan ke 20 digunakan sebagai kelompok pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analysis of Variance ( ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukan bahwa dosis 800 mg/kg BB/ekor/hari serbuk ekstrak kasar alginat Sargassum crassifolium mampu menurunkan kadar total kolesterol darah tikus selama 20 hari sebesar 50,43% (112,75 + 2,02)a. kadar trigliserida turun 41,61% (73,99 + 1,47)a, Kadar HDL naik 169,01% (43,76 + 1,73)g, kadar LDL turun 33,84% (58,69 + 1,01)a, dan kadar VLDL turun 91,62% (10,30 + 3,11)a. serta kadar kolesterol dalam feses tertinggi (104,52 mg/dl) dibandingkan dengan kontrol (+) yang menggunakan simvastatin (101,48 mg/dl). Penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh interaksi, hari dan dosis memberikan pengaruh yang nyata terhadap penurunan kadar kolesterol, LDL, trigliserida dan VLDL, serta menaikkan kadar HDL serum darah tikus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/518/051500525
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Jan 2015 09:38
Last Modified: 22 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133855
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ISI,_DAFTAR_PUSTAKA,_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
ISI,_DAFTAR_PUSTAKA,_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item