Studi tata letak muatan pada stabilitas kapal mini purse seine KM. Fatu Leu 04 di UPT. PPP Kupang – Nusa Tenggara Timur

Manu, Odi (2015) Studi tata letak muatan pada stabilitas kapal mini purse seine KM. Fatu Leu 04 di UPT. PPP Kupang – Nusa Tenggara Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian skripsi ini telah dilaksanakan pada bulan mei sampai dengan juni 2014 di UPT. PPP Kupang – Nusa Tenggara Timur. Tujuan dari penelitian skripsi adalah untuk mengetahui tata letak muatan kapal, menghitung kapasitis internal kapal mini purse seine KM. Fatu Leu 04, menentukan model matematika stabilitas kapal mini Purse seine KM. Fatu Leu 04 pada lima simulasi muatan yang berbeda. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode deskriptif adalah suatu metode yang berusaha untuk memberikan gambaran secara sistematis yang berhubungan antara fenomena yang diteliti, gambaran yang sistematis dan akurat diperoleh dengan teknik pengumpulan,pengklasifikasian, pengujian serta penganalisaan data sehingga ditarik suatu kesimpulan. Ruang Lingkup penelitian ini adalah mencari nilai KG, nilai GZ, dan stabilitas pada simulasi lima kondisi muatan pada kapal purse seine antara lain kondisi Kapal kosong,kondisi muatan kosong, kondisi kapal pulang setengah penuh ke - 1, Kondisi kapal pulang setengah penuh ke - 2 dan kondisi kapal pulang penuh. Kemudian metode pengelolaan data sebagai berikut GT dan kapasitas internal kapal purse seine, berat muatan kapal purse seine dan stabilitas kapal. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tata letak muatan kapal mini purse seine KM. Fatu Leu 04 dan kapasitas internal kapal mini purse seine KM. Fatu Leu 04. Hasil pembahasan kapal mini purse seine KM.Fatu Leu 04 antara lain LOA 16.00 m, panjang garis tegak,14.40 m, lebar 4.06 m, Dalam 1.43 m, kecepatan 8 knot, bentuk kapal “V”, GT kapal 51,091 GT. Mesin Merk Yanmar, jenis motor diesel,daya 30 pk, bahan bakar solar, panjang mesin 92 cm,lebar 54 cm,tinggi,43 cm, pelumas mediteran 40,dengan tata letak mesin kapal berada di tengah – tengah kapal tujuannya agar tidak mengalami goncengan atau olengan dari tahanan kapal terhadap gelombang sehingga mudah dalam stabilitas, pelayaran,dan operasi penangkapan ikan. Perhitungan kapasitias internal kapal antara lain kapasitas air tawar 0.962 m3, Kapasitas BBM 0.872 m3 Kapasitas Ruang Kemudi 28.886 m2 Kapasitas Ruang Mesin 21.576 m2 Kapasitas Palka Ikan 4.201 m3 Kapasitas palka peralatan 4.033 m3 dan Perhitungan berat muatan kapal mini purse seine antara lain pemakaian BBM 0.337Ton, ABK 0.65 ton, Berat Air tawar 0.2 Ton, Bahan Makanan 0.02 Ton, Palka Ikan 1.029 Ton. m3, Palka Peralatan 1.008 Ton.m3, Kemudian dari hasil kelima simulasi tersebut kapal kosong memiliki KG1 = 1.121 m, KM1 = 0.758 m, GM1 = -0.363 m, muatan kosong memiliki KG2 = 1.140 m, KM2 = 0.758 m, GM2 = - 0.382 m, pulang penuh setengah ke 1 memiliki KG3 = 1.118 m, KM3 = 0.758 m, GM3 = -0.360 m, pulang penuh setengah ke 2 memiliki KG4 = 1.115 m, KM4 = 0.758 m, GM4 = - 0.357 m, dan pulang penuh memiliki KG5 = 1.105 m, KM5 = 0.758 m, GM5 = -0.347 m dan memiliki stabilitas yang baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/474/051500165
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 Jan 2015 11:13
Last Modified: 22 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133805
[thumbnail of Artikel_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Artikel_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item