Analisis Structure-Conduct-Performance Ikan Di Pasar Besar Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur

Wibowo, Suprianto (2015) Analisis Structure-Conduct-Performance Ikan Di Pasar Besar Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran merupakan rangkaian proses suatu usaha. Pemasaran seringkali dihadapkan pada efisiensi, setiap pasar memiliki sifat kondisional yang berbeda-beda dan tidak dapat digeneralisasi secara keseluruhan untuk dijadikan satu hasil efisiensi pemasaran. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, perlu mengkaji lebih mendalam mengenai pasar dari produk-produk ikan dengan pendekatan structure-conduct-performance agar didapatkan gambaran dalam pemasaran produk-produk ikan di Pasar Tradisional Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis struktur pasar, perilaku pelaku pasar, penampilan pasar pada usaha pemasaran pada pedagang ikan di Pasar Tradisional Kota Pasuruan. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama 1 bulan yang dimulai dari bulan 17 Juli sampai 17 Agustus 2014. Metode pengambilan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Dari data tersebut akan dianalisa menggunakan deskriptif kualitatif dam kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan purposive sampling . Pada variabel penelitian ini, atribut struktur pasar terdiri dari pangsa pasar, IHH, CR 4 , Indeks Rosenbluth, dan analisis deskriptif. Pada variabel perilaku pelaku pasar ini, atribut perilaku pelaku pasar terdiri dari harga jual, diskon/potongan harga, pinjaman/hutang, dan retribusi. Pada penampilan pasar ini, atribut penampilan pasar terdiri dari marjin pemasaran, R C Ratio, keuntungan dan rentabilitas. Pada hasil dan pembahasan penelitian ini, peneliti membagi antara pedagang ikan di pasar dengan pedagang pemasok ikan (tengkulak dan pengepul) serta pedagang ikan dengan pedagang pembeli (konsumen organisasi dan pengecer). Struktur pasar ini, hasil pangsa pasar pada tengkulak, pengepul, konsumen organisasi dan pengecer terbentuk monopolistik. Hasil IHH pada semua lembaga pemasaran yang terbentuk adalah oligopoli. Hasil CR 4 pada tengkulak, konsumen organisasi, dan pengecer terbentuk oligopoli serta pengepul terbentuk persaingan sempurna. Hasil indeks rosenbluth pada semua lembaga pemasaran terbentuk persaingan sempurna. Hasil derajat diferensiasi produk yang ada adalah barang homogen, pedagang ikan hanya melakukan fungsi pemasaran seperti perlakuan tambahan, pedagang ikan di pasar terbagi pedagang ikan yang menjual ikan dengan banyak jenis ikan (campuran) dan pedagang ikan yang menjual ikan hanya ikan bandeng saja. Hambatan masuk & keluar yang ada adalah bagi pedagang baru kesulitan dalam mempelajari struktur kelembagaan pasar, kemampuan beradaptasi dengan sistem aturan main, dan Proses administrasi pendaftaran pedagang ke pihak UPTD Pasar Besar Kota Pasuruan yang panjang dan lama. Hasil dari tingkat pengetahuan pasar Pihak UPTD Pasar Besar memberikan pelayanan informasi tentang perkembangan harga pangan melalui majalah seperti agrobisnis yang dihasilkan oleh wilayah Kota Pasuruan , Melalui koordinator retribusi membantu dalam menginformasikan harga pangan semacam majalah per minggu dan Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan Kota Pasuruan juga turut memberikan sosialisasi tentang pengawetan secara berkala berkelanjutan , dan Penerimaan pedagang baru melalui papan informasi UPTD Pasar Besar sehingga para pedagang lainnya dapat membaca persaingan yang terjadi dalam ke depan . Kedua perilaku pelaku pasar, mengenai harga, pedagang ikan dengan tengkulak memiliki ikatan, biasanya pedagang pemasok ikan dengan pedagang ikan membangun hubungan yang emosional, biasanya para pedagang ikan menjualkan ikannya dengan kondisi hidup. Mengenai pemberian potongan harga biasanya para pemasok ikan memberikan potongan harga bila kondisi ikan telah rusak/kurang segar, pembelian ikan dalam jumlah yang banyak, dan asal domisili yang sama. Mengenai pemberian pinjaman/hutang, Pengeluaran pribadi tinggi maka pedagang ikan di pasar seringkali meminjam/hutang kepada pedagang pemasok ikan sehingga kedepan menjadi terikat sementara dan harga dapat dipermainkan , Beberapa pedagang ikan di pasar juga seringkali hutang retribusi dengan pihak UPTD Pasar Besar, dan rata-rata satu minggu sehingga pada saatnya hari jatuh tempo kesulitan membayar akibat pengeluaran dengan keuntungan yang tipis . Mengenai pembayaran retribusi, ketika biaya retribusi naik maka sedikit ada penolakan kecil dari pedagang ikan karena informasi yang dirasa kurang sampai kepada pedagang ikan di pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/461/051500122
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Jan 2015 14:37
Last Modified: 22 Oct 2021 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133791
[thumbnail of SKRIPSI_SUPRIANTO_WIBOWO_(105080404111004).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SUPRIANTO_WIBOWO_(105080404111004).pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item