Isolasi Dan Identifikasi Β -Karoten Rumput Laut Coklat Padina Australis Dengan Liquid Chromatography Mass Spectrometry (LC-MS)

Anam, MuhammadChoirul (2014) Isolasi Dan Identifikasi Β -Karoten Rumput Laut Coklat Padina Australis Dengan Liquid Chromatography Mass Spectrometry (LC-MS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Padina australis merupakan salah satu spesies rumput laut coklat yang tersebar luas dan sangat mudah ditemukan di daerah tropis (Geraldino et al ., 2005). Spesies rumput laut ini sering dianggap sebagai tanaman pengganggu, namun sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, makanan manusia, pupuk, anti bakteri dan anti mikroba (Hariyano et al ., 2010). Warna rumput laut coklat dipengaruhi oleh keberadaan pigmen atau zat warna alami yang terkandung di dalamnya, yaitu molekul khusus yang dapat memunculkan warna dengan cara menyerap cahaya matahari dan memantulkannya pada panjang gelombang tertentu (Prangdimurti, 2007). Pigmen yang terkandung pada rumput laut coklat terdiri dari golongan klorofil yang merupakan pigmen utama yang berperan dalam proses fotosintesis dan karotenoid yang berfungsi sebagai pigmen pelengkap (Limantara dan Heriyanto, 2010). β-karoten termasuk jenis karotenoid penting pada alga, termasuk Padina australis (Limantara dan Heriyanto, 2010) yang memiliki banyak manfaat bagi industri pangan dan kesehatan, di antaranya sebagai pewarna dan substansi suplemen makanan, antioksidan, anti kanker, kardivaskuler dan penyakit degeneratif (Fretes et al ., 2012), serta merupakan sumber vitamin A utama di banyak negara berkembang (Ahamad et al ., 2007). Beberapa metode telah dilakukan dalam identifikasi dan determinasi kandungan β-karoten, antara lain spectrophotometry (Dere et al ., 1998), thin layer chromatography (TLC), high performance liquid chromatograhy (HPLC), mass spectrometry (MS), dan liquid chromatography mass spectrometry (LC-MS) (Murthy, 2007). Hingga saat ini identifikasi β-karoten rumput laut coklat Padina australis menggunakan LC-MS belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berat molekul β-karoten pada rumput laut coklat Padina australis menggunakan instrumen LC-MS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif deskriptif untuk mengetahui berat molekul β-karoten yang diisolasi dari Padina australis menggunakan instrumen LC-MS . Metode eksploratif bertujuan untuk menemukan sesuatu yang baru berupa pengelompokan suatu gejala atau fakta tertentu untuk menggambarkan suatu variabel, gejala, dan keadaan atau fenomena apa adanya tanpa menguji suatu hipotesis tertentu (Arikunto, 2002). Hasil analisis LC-MS menunjukkan berat molekul β-karoten yang diisolasi dari rumput laut coklat Padina australis adalah 536,8662 yang mendekati hasil penelitian Jeffrey et al ., (1997) yang menunjukkan berat molekul β-karoten sebesar 536,88. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait identifikasi dan pemanfaatan isolat β-karoten dari rumput laut coklat Padina australis yang mempunyai potensi besar dalam bidang kesehatan dan industri. Di samping itu, studi isolasi dan identifikasi terhadap kandungan pigmen jenis lain pada Padina australis juga perlu dilakukan terkait hasil kromatografi kolom yang menunjukkan adanya kandungan beberapa jenis pigmen jenis lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/451/051408195
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 16 Dec 2014 11:58
Last Modified: 22 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133781
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_MUHAMMAD_CHOIRUL_ANAM_105080313111007_ISOLAS.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_MUHAMMAD_CHOIRUL_ANAM_105080313111007_ISOLAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item