Analisis Distribusi Ukuran Butiran Sedimen Berdasarkan Pola Arus di Teluk Popoh, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Mawarni, RestiPrabawati (2014) Analisis Distribusi Ukuran Butiran Sedimen Berdasarkan Pola Arus di Teluk Popoh, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekitar 70,8% permukaan yang ditutupi laut merupakan lingkungan tumpahan material-material sedimen yang terjadi secara fisika, kimiawi, maupun organik dan membentuk berbagai macam variasi sedimen. Sedimen laut dangkal berbeda dengan sedimen laut dalam. Mekanisme dari sedimen laut dangkal banyak dipengaruhi oleh gelombang, arus, sungai, interaksinya terhadap kontinen dan organisme laut. Sedangkan sedimen laut dalam dipengaruhi oleh faktor fisika dan kimia sebagai penentu jenis sedimen. Selain itu, faktor yang sangat berperan penting dalam pengendapan sedimen adalah arus dan bentuk dasar perairan. Arus yang deras akan mengendapkan butiran sedimen yang kasar dan arus yang lemah akan mengendapkan butiran sedimen yang halus. Sedangkan bentuk dasar perairan akan berpengaruh terhadap letak sedimen. Pada dasar perairan yang berbentuk lereng umumnya bagian atas terisi oleh sedimen berbutir halus dan bagian bawah akan terisi oleh sedimen berbutir kasar karena pengaruh gaya gravitasi. Sedimen halus terangkut dalam bentuk suspense, sedangkan sedimen kasar terangkut dekat dasar laut. Partikel yang lebih besar akan tenggelam lebih cepat daripada yang berukuran kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran partikel dan jenis sedimen, pola pergerakan arus dan kecepatan arus serta hubungan ukuran butiran sedimen dengan kecepatan arus. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer yang dilakukan berupa pengambilan sedimen menggunakan Ekman Grab, pengukuran butiran sedimen menggunakan ASTM Standar Test Sieve, penentuan jenis sedimen dengan menggunakan klasifikasi sedimen skala Wentworth dan segitiga Shepard serta pengukuran kecepatan arus dengan menggunakan current meter. Sedangkan data sekunder berupa pengolahan data pasang surut dengan menggunakan software TMD dan pengolahan data arus dengan menggunakan software Surfer 10. Dari proses penentuan jenis sedimen dengan menggunakan klasifikasi sedimen skala Wentworth dan segitiga Shepard diperoleh 76-98% jenis sedimen di Teluk Popoh berupa pasir (sand). Kecepatan arus rata-rata adalah 1,56 m/s dengan pola pergerakan dominan ke arah barat. Sedangkan hubungan keduanya menunjukkan semakin besar kecepatan arus makin besar juga ukuran butiran sedimen yang dibawa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/262/051405166
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Sep 2014 09:24
Last Modified: 21 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133574
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item