Strategi Komunikasi Instruksional Guru Terhadap Siswa dalam Pembentukan perilaku Mandiri di SMA Selamat Pagi Indonesia (Studi Kualittatif Terhadap Guru pada Pembentukan perilaku Mandiri di SMA Selamat Pagi Indonesia)

Akmal, Aulia Akbar (2018) Strategi Komunikasi Instruksional Guru Terhadap Siswa dalam Pembentukan perilaku Mandiri di SMA Selamat Pagi Indonesia (Studi Kualittatif Terhadap Guru pada Pembentukan perilaku Mandiri di SMA Selamat Pagi Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah model komunikasi instruksional yang dilakukan oleh guru dalam membentuk perilaku mandiri para siswa di SMA Selamat Pagi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi instruksional yang digunakan guru kepada siswa dalam membentuk perilaku mandiri para siswa di SMA Selamat Pagi Indonesia. Peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi data penelitian yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama metode yang digunakan guru dalam pembentukan perilaku mandiri di SMA Selamat Pagi Indonesia menawarkan keunikan tersendiri, yaitu guru menggunakan metod pemberian tanggung jawab kepada murid, dengan melakukan praktek serta dengan memberikan teladan. Yang kedua temuan dalam penelitian ini ialah menggunakan dua perspektif komunikasi instruksional, yang pertama menggunkan komunikasi verbal berupa guyonan dan yang kedua menggunakan komunikasi non verbal berupa tatap muka. Kedua hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kedekatan antara guru dan murid sehingga memperlancar metode komunikasi instruksional dalam pembentukan perilaku mandiri.

English Abstract

The present research is motivated by a model of instructional communication conducted by teachers in shaping the independent behaviour of the students in SMA Selamat Pagi Indonesia. The present study aims to describe and analyze instructional communication strategies used by teachers to students in shaping the independent behaviours of students in SMA Selamat Pagi Indonesia. Researchers use qualitative methods and data collection techniques by conducting interviews in order to obtain information research data needed. The results showed that the first method used by teachers in the formation of independent behaviours in SMA Selamat Pagi Indonesia offers its own uniqueness, namely the teacher using the method of giving responsibility to the students, by doing the practice and by giving an example. The second result of this study is using two instructional communication perspectives, the first using verbal communication in the form of jokes and the second using non-verbal communication in the form of face-to-face. Both of these aims to create closeness between teachers and students with the result that to facilitate instructional communication methods to build independent behaviours.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/680/051808670
Uncontrolled Keywords: Komunikasi instruksional, metode, kedekatan, Guru, Pembentukan perilaku mandiri Instructional communication, methods, closeness, teacher, build the independent behaviour
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.1 Teachers and teaching, and related activities > 371.102 Teaching > 371.102 2 Communication in teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:49
Last Modified: 22 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13357
[thumbnail of Aulia Akbar Akmal.pdf]
Preview
Text
Aulia Akbar Akmal.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item