Studi Kapal Ikan Katamaran Sebagai Pengganti Kapal Purse Seine Di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur

Bangun, TriNandaCitra (2014) Studi Kapal Ikan Katamaran Sebagai Pengganti Kapal Purse Seine Di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecelakaan dilaut dapat disebabkan oleh human error dan stabilitas yang dihasilkan oleh kapal tersebut saat melakukan pelayaran dilaut. Kapal yang memiliki stabilitas yang negatif akan memungkinkan kapal menggoleng dan tenggelam pada saat berada dilaut, baik pada saat gelombang tinggi ataupun saat cuaca buruk. Kapal di kabupaten Pamekasan pernah mengalami kecelakaan pada saat kapal melakukan pelayaran, hal ini dapat disebabkan oleh penempatan tata ruang yang salah atau stabilitas yang dihasilkan oleh kapal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain kapal katamaran, mengetahui, menghitung dan mengkaji kelayakan kapal katamaran, serta mengkaji kelebihan dari kapal katamaran sebagai kapal purse seine. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan maret 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara, partisipasi langsung dari studi pustaka, serta dokumentasi. Pembuatan desain kapal katamaran dilakukan dengan menggunakan aplikasi desain pada komputer yaitu aplikasi desain kapal, aplikasi uji tahanan dan tenaga kapal, aplikasi desain bangunan dan tata ruang kapal, serta aplikasi uji dan analisis stabilitas kapal. Aplikasi desain kapal merupakan program yang digunakan untuk membuat model dengan pembuatan lines plan sebagai kunci utama kesuksesan perancangan desaun sebelum model dilakukan analisa hidrodinamika, kekuatan struktur dan pendetailan lebih lanjut. Aplikasi uji tahanan dan tenaga kapal merupakan program komputer yang digunakan untuk menghitung hambatan dan tenaga yang diperlukan oleh suatu kapal pada kecepatan tertentu. Semakin kecil hambatan atau tahanan yang dihasilkan kapal akan menghasilkan gesekkan yang lebih kecil pada saat melakukan pelayaran. AutoCad atau aplikasi desain bangunan dan tata ruang kapal merupakan program perancangan bangunan yang dapat dibuat dalam bentul 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Dalam penelitian ini program tersebut digunakan untuk perancangan tata ruang diatas kapal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/168/051404060
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jul 2014 14:40
Last Modified: 24 Jul 2014 14:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133465
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item