Pengaruh Pemanfaatan Limbah Roti dalam Formula Pakan terhadap Retensi Protein dan Retensi Energi pada Benih Lele Dumbo (Clarias gariepinus)

Kristanti, AgustinIke (2014) Pengaruh Pemanfaatan Limbah Roti dalam Formula Pakan terhadap Retensi Protein dan Retensi Energi pada Benih Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam budidaya ikan lele dumbo (C. gariepinus), biaya pakan menempati biaya tertinggi mencapai 70-89% dari total biaya produksi. Diperlukan bahan pakan lokal alternatif untuk menekan biaya pakan, tetap mempunyai kandungan nutrisi yang baik dan memadai untuk pertumbuhan lele dumbo (C. gariepinus). Salah satu contoh nyata adalah pemanfaatan limbah roti dalam formula pakan lele dumbo (C. gariepinus) yang telah banyak dilaksanakan masyarakat petani di beberapa daerah seperti Probolinggo dan Situbondo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan limbah roti dalam formula pakan dengan persentase berbeda terhadap retensi protein dan retensi energi pada benih lele dumbo (C. gariepinus), serta untuk mengetahui persentase pemanfaatan limbah roti yang optimal dalam formula pakan terhadap retensi protein dan retensi energi pada benih lele dumbo (C.agariepinus). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2014 bertempat di Laboratorium Reproduksi Ikan, Pemuliaan dan Pembenihan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan RAL dengan 4 perlakuan pakan berkadar isoprotein 32% dan isoenergi 3.130 kkal/kg. Perbandingan protein hewani dan nabati sebesar 80% : 20%. Sumber protein hewani terdiri atas 8% protein tepung ikan dan 72% protein MBM. Sumber protein nabati terdiri atas limbah roti dan bekatul. Substitusi protein limbah roti terhadap protein bekatul dengan persentase perlakuan A (0% protein limbah roti), B (5% protein limbah roti), C (10% protein limbah roti) dan D (15% protein limbah roti). Parameter utama yang diamati yaitu retensi protein dan retensi energi, serta parameter penunjang yaitu kualitas air. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pemanfaatan limbah roti dalam formula pakan isoprotein 32% dan isoenergi 3.130 kkal/kg dengan substitusi protein limbah roti terhadap protein bekatul dengan persentase berbeda tidak memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap retensi protein dan retensi energi pada benih lele dumbo (C.agariepinus). Pemanfaatan limbah roti dalam formula pakan benih lele dumbo (C.agariepinus) yang dapat menunjukkan retensi protein dan retensi energi yang baik yaitu pada substitusi 15% protein limbah roti dari 20% protein nabati. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk mendapatkan retensi protein dan retensi energi pada benih lele dumbo (C. gariepinus) yang baik dengan pemanfaatan limbah roti dalam formula pakan, sebaiknya substitusi protein limbah roti sebesar 15% dari 20% protein nabati. Namun, perlu diperhatikan juga k ualitas air media pemeliharaan diusahakan pada keadaan optimal bagi pertumbuhan ikan. Kualitas air yang tidak mendukung akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh yang juga berpengaruh pada tingkat retensi protein dan retensi energi pada benih lele dumbo (C. gariepinus).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/141/051403520
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2014 08:29
Last Modified: 30 Jun 2014 08:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133438
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item