Pengaruh Ekstrak Kasar Fucoidan Alga Coklat Sargassum duplicatum sebagai Antikanker terhadap Viabilitas Sel HeLa

Prasasti, TriastiniDwi (2013) Pengaruh Ekstrak Kasar Fucoidan Alga Coklat Sargassum duplicatum sebagai Antikanker terhadap Viabilitas Sel HeLa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita wanita di Indonesia dan angka kematian akibat kanker tersebut di Indonesia cukup tinggi. Mengingat mahalnya biaya pengobatan, perlu dicari alternatif dengan memanfaatkan tumbuhan disekitar. Penelitian ini menggunakan makroalga laut coklat S. duplicatum.. Komponen yang menimbulkan efek toksik pada alga S. duplicatum adalah fucoidan, yaitu polisakarida kompleks yang ditemukan pada dinding sel dari rumput laut coklat yang dapat dikonsumsi. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh pemberian ekstrak kasar fucoidan dari alga coklat Sargassum duplicatum sebagai antikanker terhadap viabilitas sel HeLa. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Perikanan, Laboratorium Reproduksi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya pada bulan Juni - Desember 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperiman pengembangan. Eksperimen ini digunakan untuk menguji dan membuktikan hipotesa dalam rangka menyusun generalisasi yang berlaku umum. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan empat perlakuan dan tiga kali ulangan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian dosis ekstrak kasar fucoidan S. duplicatum yang berbeda (0, 5, 10, 20 μg/ml) pada sel HeLa. Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah viabilitas sel hela dengan perlakuan dosis ekstrak yang berbeda-beda. Tahapan proses pembuatan ekstraksi fucoidan adalah pengeringan S. duplicatum, penggilingan, depigmentasi dan deproteinasi dengan pelarut etanol, penambahan larutan etanol 85%, CaCl 2%, dan HCL 0,01 M. Hasil dari penelitian ini diketahui karakteristik ekstrak kasar fucoidan alga coklat S. duplicatum memiliki warna coklat tua pekat dengan kandungan air 99,37%, abu 0,20%, dan rendemen 0,99%BK. Selain itu ditemukan puncak fucoidan pada panjang gelombang UV-Vis 262 nm dan serapan gelombang IR menunjukkan beberapa serapan yang muncul. Serapan yang paling dominan yaitu gugus O-H sebagai senyawa fenol pada serapan 3425.34 cm-1, dan gugus karbonil C=O yang muncul pada serapan 1643.24 cm-1. Gugus sulfat yang muncul pada serapan 1141.15 cm-1. Selain itu juga terdapat gugus C-O yang muncul pada serapan 1283.11 cm-1 dan 1389.14 cm-1. Pada uji toksisitas didapatkan nilai LC50 ekstrak kasar fucoidan S. duplicatum terhadap hewan uji A. salina L. yang masih dibawah 1000 ppm, yaitu sebesar 190,54 ppm. Oleh karena itu, ekstrak kasar fucoidan bersifat toksik sedang terhadap larva A. salina L. dan berpotensi sebagai senyawa antikanker. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak kasar fucoidan dari alga coklat S. duplicatum dengan variasi dosis telah diketahui mampu membunuh sel HeLa pada dosis terbaik yaitu 20 μg/ml dengan hasil rata-rata jumlah viabilitas sebesar 45,29% dan kematian sebesar 54,70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2013/42/051304471
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Jun 2013 09:31
Last Modified: 12 Jun 2013 09:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133333
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item