Peran Kematangan Emosi Terhadap Perilaku Mengendarai Bersiko Pada Pengemudi Sepeda Motor di Kota Malang

Dewanti, Ersi (2018) Peran Kematangan Emosi Terhadap Perilaku Mengendarai Bersiko Pada Pengemudi Sepeda Motor di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peran kematangan emosi terhadap risky driving behaviour pada pengemudi sepeda motor di Kota Malang. Kematangan emosi sebagai variabel independent dan risky driving behaviour sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan desain korelasional dengan jumlah minimal sampel 89 responden pengemudi sepeda motor di Kota Malang. Responden diberikan kuisioner degan model skala likert. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan dua skala yaitu skala kematangan emosional yang dibuat berdasarkan aspek – aspek kematangan emosi Singh & Bhargava (2005) dan skala risky driving behaviour yang diadaptasi dan dimodifikasi oleh peneliti berdasarkan dengan teori dan dimensi Iversen (2004). Analisis data dilakukan dengan software IBM SPSS Statistics 20 for Windows. Metode yang digunakan untuk melihat peran kematangan emosi dengan risky driving behaviour adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan hasil signifikansi (p) 0,00 (p<0,05) yang berarti terdapat peran kematangan emosi terhadap risky driving behaviour dan hasil analisis menunjukan bahwa kematangan emosi dengan risky driving behaviour berkontribusi sebesar 19%.

English Abstract

The purpose of this study is to determine whether there is a role of emotional maturity to risky driving behavior in the motorcycle driver in Malang. Emotional maturity as an independent variable and risky driving behavior as a dependent variable. This study uses quantitative design with correlational design with a minimum number of samples of 89 respondents motorcycle driver in Malang. Respondents were given questionnaires with Likert scale model. The instrument used in this study is using two scales, namely the emotional maturity scale based on aspects of the emotional maturity of Singh & Bhargava (2005) and the risky driving behavior scale adapted and modified by the researchers based on the theory and dimensions of Iversen (2004). Data analysis was performed with IBM SPSS Statistics 20 for Windows software. The method used to see the role of emotional maturity with risky driving behavior is multiple linear regression. The results of this study showed the results of significance (p) 0.00 (p <0.05) which means there is the role of emotional maturity to risky driving behavior and the results show that emotional maturity with risky driving behavior contributes 19%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/747/051809896
Uncontrolled Keywords: kematangan emosi, perilaku mengendarai berisiko, pengemudi sepeda motor maturnity emotional, risky driving behaviour, motorcycle driver
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, physiological drives > 152.4 Emotions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:11
Last Modified: 22 Oct 2021 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13333
[thumbnail of Ersi Dewanti.pdf]
Preview
Text
Ersi Dewanti.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item