Sebuah Penilitian Tentang Strategi-Strategi Membaca Siswa yang Digunakan oleh Siswa-siswa Kelas X SMAN 1 Batu.

Akbar, Haryodhimas Fathir (2017) Sebuah Penilitian Tentang Strategi-Strategi Membaca Siswa yang Digunakan oleh Siswa-siswa Kelas X SMAN 1 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris ditetapkan sebagai sebuah bahasa asing di Indonesia. Bahasa Inggris mempunyai empat skil yang perlu dipelajari. Membaca yang menjadi skil paling penting dari pada skil yang lain perlu untuk dipelajari sedikit lebih berbeda. Siswa EFL yang mencoba mempelajari bahasa Inggris dengan membaca terlihat menghadapi masalah yang kompleks. Karena itulah strategi membaca diperlukan untuk diketahui oleh para siswa EFL tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan3 strategi-strategi membaca yang digunakan oleh siswa kelas sepuluh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif and metode survey dalam pengambilan datanya. X MIPA 4, X MIPA 5 and X MIPA 6 dipilih sebagai partisipan dari penilitian ini. Menggunakan metode survey untuk mencapai objektif dari penelitian ini, 104 kuisioner disebarkan ke semua partisipan. Peneliti menggunakan rata-rata sebagai alat ukur untuk menentukan kategori dari level penggunaan untuk setiap kategori strategi membaca. Jika rata-ratanya dibawah atau setara dengan 2.4 dikategorikan penggunaan rendah, jika diantara 2.4 dan 3.5 dikategorikan penggunaan sedang dan jika berada diatas atau sama dengan 3.5 maka akan dikategorikan penggunaan tinggi. Ditemukan bahwa rata-rata dari global reading strategies (GLOB) adalah 3.53, rata-rata dari problem solving strategies (PROB) adalah 3.81, dan rata-rata dari support strategies (SUPP) adalah 3.51 juga untuk rata-rata keseluruhan dari tiga strategi tersebut adalah 3.62. Dari nomor-nomor yang ditampilkan sebelumnya, peneliti menarik kesimpulan dari penggunaan strategi-strategi membaca tersebut dikategorikan tinggi. Berdasarkan penemuan-penemuan itu, bisa disimpulkan bahwa penggunaan siswa-siswa terhadap strategi-strategi membaca tersebut masih tinggi dengan kecenderungan siswa lebih memilih untuk menggunakan problem solving strategies (PROB). Beberapa saran dibuat oleh peneliti berdasarkan apa yang telah ditemukan dan didiskusikan pada penelitian ini. Saran-saran tersebut dibuat untuk guru bahasa Inggris dimana nantinya dapat membantu dalam meningkatkan pembelajaran siswa, untuk murid-murid juga dapat membantu mereka dalam mengaplikasikan strategi membaca yang mereka gunakan dan juga untuk peneliti selanjutnya yang memiliki kesamaan dengan studi ini dapat menggunakan studi ini sebagai referensi atau sebagai hasil pengantar.

English Abstract

English in Indonesia is decided as a foreign language. English has four skills that need to be learnt. Reading which the most important skill among the other skills becomes need to be learnt a bit different. EFL students that try to learn English through reading seems to face complexity problem. That is why reading strategies needed to be known by those EFL students. This research is conducted to find out the reading strategies used by the 10th grade students. This research used quantitative approach and survey method in collecting the data. X MIPA 4, X MIPA 5 and X MIPA 6 was chosen as the participants of this study. Using survey method to achieve the objectives of the study, 104 questionnaires were administered to all participants. The researcher used mean as the measurement to determine the category of usage level for each category of reading strategy. If the mean was below or equal to 2.4 was categorized as low usage, between 2.4 and 3.5 was categorized as medium usage and if it is higher or equal to 3.5 was categorized as high usage. It was found that from the global reading strategies (GLOB) mean is 3.53, problem solving strategies (PROB) mean was 3.81 and for the support strategies (SUPP) was 3.51. From those numbers shown before, the researcher infers that the usages of those reading strategies are categorized high. Based on the findings, it can be concluded that students’ usage toward reading strategies still high with students’ preference is the problem solving strategies. Some suggestions are made by the researcher regarding with the finding and discussion of this study. The suggestions are made for the English teacher which can help them to enhance the student’s learning better, as for the students can make them know about how to apply reading strategies used by them well, and also for the next researcher that have similarities with this study can use this study as the reference or as an introductory result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/548/051706629
Uncontrolled Keywords: Strategi Membaca, perolehan bahasa asing, SMAN 1 Batu.
Subjects: 400 Language > 421 Writing system, phonology, phonetics of standard English > 421.55 Standard British spelling and pronunciation
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:52
Last Modified: 26 Nov 2020 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1333
[thumbnail of Haryodhimas Fathir Akbar .pdf]
Preview
Text
Haryodhimas Fathir Akbar .pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item