Skripsi tentang Pemanfaatan Residu Daging Ikan Gabus (Ophiocephalus striatus) dalam Pembuatan Kerupuk Ikan Beralbumin

Setiawan, DanielWahyu (2013) Skripsi tentang Pemanfaatan Residu Daging Ikan Gabus (Ophiocephalus striatus) dalam Pembuatan Kerupuk Ikan Beralbumin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan gabus (Ophiocephalus striatus) merupakan ikan air tawar yang memiliki protein cukup tinggi. Disamping itu ikan ini memiliki kandungan albumin yang cukup tinggi pula. Albumin berguna untuk membantu proses penyembuhan luka pasca operasi. Sehingga ikan gabus ini sangat potensial untuk penyembuhan luka pasca operasi. Kerupuk ikan adalah salah satu produk olahan dengan ikan sebagai bahan tambahan utama selain tepung tapioka. Kerupuk ikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan kerupuk lainnya. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk Untuk mengetahui kandungan gizi dan albumin residu daging ikan gabus (Ophiocephalus striatus), mengetahui pengaruh penambahan residu daging ikan gabus (Ophiocephalus striatus) terhadap gizi dan albumin kerupuk serta untuk mengetahui konsentrasi residu daging yang dapat menghasilkan kerupuk ikan gabus (Ophiocephalus striatus) dengan kualitas gizi dan albumin terbaik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Lenkap (RAL) sederhana yang disusun dengan 1 faktor. Faktor yang digunakan adalah perbedaan konsentrasi residu daging ikan gabus yang diberikan dengan 5 level (110%, 130%, 150%, 170% dan 190%). Uji yang dilakukan meliputi uji kimia, uji fisik dan uji organoleptik. Uji kimia meliputi analisa kadar albumin, kadar protein, kadar abu, kadar lemak, kadar air dan kadar karbohidrat. Uji fisik meliputi kerenyahan dan daya kembang. Uji Organoleptik meliputi rasa, warna, aroma dan tekstur. Metode analisa data untuk data parametrik yaitu dengan menggunakan Analisa Sidik Ragam (ANOVA) yang dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dan dilakukan analisa regresi guna mengetahui hubungan antara perlakuan dengan parameter uji. Penentuan perlakuan terbaik dilakukan dengan metode de Garmo. Dari hasil Penelitian didapatkan bahwa konsentrasi residu daging ikan gabus yang berbeda memberi pengaruh yang nyata terhadap kadar albumin, kadar protein, lemak, abu, air, karbohidrat (serat kasar) daya kembang, daya patah dan organoleptik (rasa, aroma, warna, tekstur) kerupuk ikan gabus. Konsentrasi residu daging ikan gabus yang terbaik terdapat pada Perlakuan C (penambahan daging 150%). Nilai rata-ratanya adalah kadar albumin 1,96 %, kadar protein 5,22 %, kadar lemak 1,03 2%, kadar air 3,48 %, kadar abu 1,37 %, kadar karbohidrat 88,90 %, kerenyahan 14,63 N, daya kembang 610,93 %, kesukaan terhadap rasa 6,80 (menyukai), warna 5,76 (agak menyukai), aroma 6,08 (menyukai) dan tekstur 5,92 (agak menyuakai).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2013/26/051304441
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Jun 2013 10:00
Last Modified: 10 Jun 2013 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133271
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item