Karakterisasi Pigmen Klorofil A Pada “Teh” Alga Coklat (Sargassum Cristaefolium) Kering

Ayuningtyas, GhaniesMulti (2013) Karakterisasi Pigmen Klorofil A Pada “Teh” Alga Coklat (Sargassum Cristaefolium) Kering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meminum Teh Sudah Sangat Membudaya Di Asia Termasuk Indonesia Karena Teh Mempunyai Rasa Dan Aroma Yang Khas. Selama Ini Teh Yang Biasa Kita Minum Berasal Dari Daun Teh, Namun Di Beberapa Daerah Rumput Laut Juga Dapat Dimanfaatkan Sebagai Bahan Pembuatan Minuman. Sargassum Cristaefolium Mengandung Pigmen Klorofil A Dan C; Beta Karoten Dan Fukosantin. Klorofil A Memiliki Rumus Kimia C55h72o5n4mg Berwarna Hijau Biru Yang Merupakan Pigmen Utama Dalam Proses Fotosintetik Dari Tumbuhan, Sedangkan Karotenoid Hanya Sebagai Pigmen Pelengkap. Klorofil Banyak Menyerap Sinar Dengan Panjang Gelombang Antara 400-700 Nm, Terutama Sinar Merah Dan Biru. Degradasi Klorofil Melibatkan Faktor Internal Seperti Sifat Kimia Pigmen, Aktivitas Enzim Dan Beberapa Faktor Eksternal Seperti Suhu, Intensitas Cahaya, Oksigen, Air, Asam Dan Kelebaban Atau Kombinasi Faktor-Faktor Tersebut. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Laboratorium Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya Malang; Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang; Laboratorium Kimia Fakultas Mipa, Universitas Brawijaya Malang; Dan Laboratorium Laboratorium Pengujian Mutu Dan Keamanan Pangan Fakultas Pertanian Brawijaya Malang, Pada Bulan November 2012 – April 2013. Penelitian Dilakukan Untuk Mendapatkan Data Kadar Pigmen Klorofil Pada Sampel Sargassum Cristaefolium Segar, Teh Kering, Dan Yang Telah Disedu. Identifikasi Pigmen Klorofil Ini Menggunakan Klt, Spektrofotometer Uv-Vis, Ftir ( Fourier Transforn Infrared ). Analisa Pigmen Dilakukan Dengan Menggunakan Spektrofotometer Uv-Vis 1601 Merk Shimadzu Dan Ftir ( Fourier Transforn Infrared ) Untuk Mengetahui Gugus Fungsi. Parameter Uji Pada Penelitian Ini Yaitu Perubahan Pola, Intensitas Warna L, A, B Dan Gugus Fungsi Klorofil A. Pada Penelitian Ini Hasil Isolasi Klorofil A Pada Teh Kering Mengalami Pergeseran Panjang Gelombang (Hipsokromik) Yaitu 660nm, Nilai Intensitas Warna Tingkat Kecerahan (L) Yaitu 29,6, Nilai Intensitas Warna Kemerahan (A) Yaitu 7,3 Dan Nilai Intensitas Warna Kekuningan (B) Yaitu 7,6. Hasil Uji Spektrofotometri Ft-Ir Pada Teh Kering Yaitu Memiliki Gugus Fungsi Ch3, C-H, C=O (Ester), C=O (Keton), C=C, C=N, C-N, C-O, C-C Dan Rantai Phytol. Berdasarkan Hasil Penelitian Ini, Pada Sampel Teh Kering Masih Ditemukan Adanya Kandungan Klorofil A Sedangkan Pada Teh Sedu Kadar Klorofil A Telah Hilang, Sehingga Disarankan Penyalutan Hasil Teh Kering Alga Coklat ( Sargassum Cristaefolium ) Untuk Bisa Dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2013/247/051310992
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2013 08:42
Last Modified: 27 Nov 2013 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133258
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item