Peran Avoidance Procrastination Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa

Riani, Widia Sesha (2018) Peran Avoidance Procrastination Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran avoidance procrastination terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional yang melibatkan subjek yang terdiri dari mahasiswa S1 baik laki – laki maupun perempuan angkatan 2014 – 2017 sebanyak 400 orang berdasarkan perhitungan rumus Slovin dengan metode pengambilan sampelnya menggunakan sampling insidental. Instrument yang digunakan didalam penelitian menggunakan dua instrument, untuk melihat dan mengukur variabel avoidance procrastination menggunakan skala Adult Inventory of Procrastination (AIP) milik McCown & Johnson (1989) sedangkan untuk melihat dan mengukur variabel prestasi akademik digunakan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Uji analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa avoidance procrastination memiliki peran yang negatif terhadap prestasi akademik, dimana semakin tingginya avoidance procrastination yang dilakukan mahasiswa maka semakin rendah pula prestasi akademik yang diraih begitu pula sebaliknya, semakin rendahnya avoidance procrastination yang dilakukan mahasiswa maka semakin tinggi pula prestasi akademik yang diraih. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yang dihasilkan di dalam penelitian ini sebesar – 0,81 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05 ( p – value < 0,05 ).

English Abstract

The aim of this study is to identify the role of avoidance procrastination towards the academic achievements of the college student. This research is a quantitative-type research with correlation research methods involving 400 undergraduate male and female students from classes of year 2014 until 2017 as subjects, using incidental sampling calculated with the Slovin formula as the sample collection method. Two Instruments are used for this research; the variables of avoidance procrastination are measured using McCown & Johnson’s (1989) Adult Inventory of Procrastination (AIP) scale, while academic achievement variables are measured using the Grade-point Average (GPA) . This research uses Simple Linear Regression Analysis as Data Analysis methods with the help of IBM SPSS Ver.22 software, courtesy of IBM. This research results in the conclusion that avoidance procrastination produces a negative influence towards academic achievements, if a college student is exercising higher amounts of avoidance procrastination, it will result in lower rates of academic achievements, whereas a college student exercising lower amounts of avoidance procrastination results in them achieving higher rates of academic achievements. This is proven by the regression coefficient value – 0,81 and significancy value 0,000 < 0,05 ( p – value < 0,05 ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/758/051809964
Uncontrolled Keywords: avoidance procrastination, prestasi akademik, mahasiswa avoidance procrastination, academic achievement, college student
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:21
Last Modified: 22 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13316
[thumbnail of Widia Sesha Riani.pdf]
Preview
Text
Widia Sesha Riani.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item