Perbedaan Kemampuan Cognitive Map pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin

Hendrawan, Rizky Febri (2018) Perbedaan Kemampuan Cognitive Map pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan cognitive map pada anak laki-laki dan anak perempuan sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif. Pemilihan subjek dengan mengambil seluruh siswa laki-laki dan perempuan di sekolah dasar Anak Saleh Malang. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes prestasi dengan empat pilihan jawaban dan konten skala dibentuk berdasarkan elemen yang dikemukan oleh Lynch (paths, districts, landmarks, edges, dan nodes). Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini hanya dapat dipakai di sekolah dasar Anak Saleh Malang. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji hipotesis (uji hipotesis, contingency coeffecient, dan perbandingan mean). Hasil dari penelitian ditemukan bahwa tidak ditemukan perbedaan kemampuan cognitive map antara siswa laki-laki dan perempuan, hal ini dipengaruhi karena antara siswa laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan dan kebutuhan yang sama untuk mempelajari lingkungan sekolahnya. Meskipun perbedaan jenis kelamin bukanlah variabel penentu perbedaan kemampuan cognitive map, aspek yang masih menjadi penentu perbedaan kemampuan cognitive map seseorang adalah aspek pengalaman, dalam penelitian ini mengacu pada perbedaan grade dan umur, dimana semakin tinggi grade dan umur-nya maka akan semakin baik pula kemampuan cognitive map yang dimiliki siswa sekolah dasar Anak Saleh Malang.

English Abstract

This research was conducted to find out if there is a difference in the ability of the cognitive map on boys and girls elementary school. This research was conducted with methods of quantitative approaches. The selection of the subject by taking the entire male students and women in the Anak Saleh elementary school. Research instrument using the achievement test with four answer option and content scale formed based on the element that has been said by Lynch (paths, districts, landmarks, edges, and nodes). Tool that was used in this research only usable in the Anak Saleh elementary school. Data analysis was done by doing hypothesis tests (tes hypothesis, contingency, and a comparison of coefficient). Results from the study found that ability of cognitive map differences were not found between the student of both men and women, it is affected because between male students and women have the same opportunities and needs to learn the school environment. Although sex is not a determinant variable ability of cognitive map are experience of the students, in this study refers to the difference in grade and age, where the higher grade and his age will be getting better ability of cognitive map is also a student owned by Anak Saleh elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/757/051809963
Uncontrolled Keywords: cognitive map, perbedaan jenis kelamin, anak-anak, psikologi lingkungan cognitive map, sex differences, children, environmental psychology
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Dec 2018 02:31
Last Modified: 22 Oct 2021 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13315
[thumbnail of Rizky Febri Hendrawan.pdf]
Preview
Text
Rizky Febri Hendrawan.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item