Optimasi Kuat Medan Listrik Elektroporasi Bentuk Gelombang Square Terhadap Motilitas Dan Viabilitas Sperma Ikan Koi (Cyprinus Carpio)

Rossanti, Alfina (2012) Optimasi Kuat Medan Listrik Elektroporasi Bentuk Gelombang Square Terhadap Motilitas Dan Viabilitas Sperma Ikan Koi (Cyprinus Carpio). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Elektroporasi merupakan metode mekanik yang digunakan untuk memasukkan molekul ke dalam sel inang melalui membran sel. Dalam prosedur ini, suatu kejutan listrik digunakan untuk membuka sementara lapisan fosfolopid, yang menyebabkan molekul asing seperti DNA masuk ke dalam sel. Penelitian ini menggunakan sperma ikan koi dan larutan fruktosa sebagai bahan pengencer. Ketahanan hidup sperma dipengaruhi oleh temperatur dan umumnya dapat hidup lebih lama pada temperatur rendah. Untuk memastikan apakah sperma yang tidak motil tersebut hidup atau mati, perlu dilkukan uji viabilitas sperma untuk menentukan prosentase sperma yang hidup. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi dan Reproduksi Ikan (Laboratorium Breeding) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta di Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH) Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur. Pada bulan Juli 2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan rancangan penelitiannya menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Tujuan penelitian untuk mengetahui kuat medan listrik (V/cm) yang optimal terhadap sperma ikan koi dalam proses elektroporasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan dijadikan sumber informasi dasar terhadap parameter biologi sperma ikan koi (Cyprinus carpio). Parameter uji yang dilakukan dalam penelitian ini adalah motilitas dan viabilitas sperma. Dari penelitian ini dapat diambil beberapa kesimpulan dari pengamatan yang dilakukan didapat jumlah kepadatan sperma sebanyak ± 8,4 x 109 sel/ml. Nilai motilitas tertinggi diperoleh pada kuat medan listrik 10 (V/cm) sebesar 77% dan motilitas terendah pada kuat medan listrik 50 (V/cm) sebesar 58%. Nilai viabilitas tertinggi diperoleh pada kuat medan listrik 10 (V/cm) sebesar 80% dan viabilitas terendah pada kuat medan listrik 50 (V/cm) sebesar 59%. Semakin besar kuat medan listrik akan semakin sedikit jumlah sperma yang hidup. Pemberian kuat medan listrik (V/cm) dengan bentuk gelombang square wave yang berbeda tidak berpengaruh nyata terhadap motilitas maupun viabilitas sperma ikan koi. Nilai rata-rata fertilitas kontrol diperoleh sebesar 72% dan nilai rata-rata fertilitas pada perlakuan kuat medan listrik 50 (V/cm) sebesar 51%. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan antara lain untuk mendapatkan tingkat motilitas dan viabilitas sama yang baik disarankan digunakan dengan kuat medan listrik 10 (V/cm). Serta perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang elektroporasi menggunakan metode square wave pada spesies ikan yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2012/29/051203656
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Nov 2012 10:43
Last Modified: 21 Oct 2021 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133040
[thumbnail of skripsi_alfina_0610853002.pdf]
Preview
Text
skripsi_alfina_0610853002.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item