Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Gurami (Osprhonemus Gouramy) Di Desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

Darmawan, Dedi (2011) Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Gurami (Osprhonemus Gouramy) Di Desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung pada bulan Oktober 2010. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji prospek pengembangan usaha pembesaran ikan gurami di kolam Bapak Zaenal Abidin Desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur ditinjau dari: Aspek Teknis, Aspek Pasar, Aspek Finansiil, Aspek Teknis, Aspek Sosial Ekonomi, dan Aspek Manajemen. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan cara observasi dan wawancara. Salah satu lokasi yang baik untuk budidaya dan pemasaran ikan Gurami adalah Desa Pinggirsari, kecamatan Ngantru, kabupaten Tulungagung. Adapun faktor utama daerah Kecamatan Ngantru adalah karena suhu daerah yang sangat mendukung yaitu suhu antara 25°-30°C dan curah huj an rata-rata 600-1000 mm/tahun yang sangat baik untuk usaha budidaya. Jika dilihat tingkat tenaga kerjanya, Kecamatan Ngantru memiliki banyaak tenaga kerja produktif untuk usaha budidaya dan Desa Pinggirsari merupakan salah satu desa pengembangan usaha sekto perikanan. Sehingga, semua aspek pendukung tersebut memberikan kemudahan bagi pengembangan usaha budidaya. Aspek teknis usaha budidaya ini dimulai dari persiapan dan pembuatan kolam, seleksi benih, pemberian pakan dan obat-obatan biasanya pada masa pengembangan dan masa pemanenan serta penanganan paska panen. Aspek pasar dari ikan gurami masih sangat menjanjikan bagi para pembudidaya ikan gurami. Karena masih banyak peluang yang ada. Rata-rata peluang pasar untuk usaha budidaya dan pemasaran ikan Gurami adalah sebesar 712.715.001,81Kg per tahun. Sistem distribusi yang digunakan masih menggunakan sistem distribusi secara langsung. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan peningkatan mutu pelayanan, peningkatan kualitas dan kuantitas produk. Berdasarkan analisa usaha, usaha ini tergolong usaha yang menguntungkan dengan nilai R/C ratio sebesar 2,59 dan dengan keuntungan sebesar Rp. 126.443.875,-/ tahun. Nilai BEP yang diperoleh adalah sebesar Rp. 51.402.195,-, nilai rentabilitas sebesar 76,57 % yang mana nilai ini diatas nilai suku bunga bank, sehingga usaha ini lebih menguntungkan.nilai NPV yang dihasilkan adalah sebesar Rp 507.774.042,72, dengan nilai IRR sebesar 136% dan dengan lama pengembalian modal adalah 9 bulan 26 hari. Sistem manajemen yang diterapkan perusahaan menggunakan system manajemen sudah sesuai dengan 4 tugas manajemen (merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, pengawasan), maka usaha ini bisa berjalan dengan baik dan sukses. Pada aspek sosial ekonomi usaha ini telah memberikan dampak sosial yaitu memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan ditinjau dari apek ekonomi adanya usaha ini membantu dalam pemerataa pendapatan Kabupaten Tulungagung. Secara aspek sosial lingkungan sudah memiliki sistem irigasi dan pembuangan air sehingga secara aspek lingkungan telah memenui syarat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2011/32/051102958
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2011 09:50
Last Modified: 21 Oct 2021 07:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132869
[thumbnail of 051102958.pdf]
Preview
Text
051102958.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item