Analisa Kelayakan Usaha Dan Business Plan Usaha : Budidaya Pembesaran Belut (Monopterus Albus) Di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.

EkaWardoyo, David (2011) Analisa Kelayakan Usaha Dan Business Plan Usaha : Budidaya Pembesaran Belut (Monopterus Albus) Di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak dekade 1970-an upaya budidaya belut sudah dilakukan. Banyaknya informasi keuntungan yang menggiurkan dan mudahnya melakukan budidaya belut membuat banyak orang terergerak untuk budidaya belut. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang terjun ke budidaya belut pada akhirnya gulung tikar, banyaknya pembudidaya belut yang mengalami kegagalan dikarenakan belut termasuk komuditas perikanan yang membutuhkan perlakuan berbeda dengan perlakuan yang diberikan kepada ikan pada umumnya. Salah satu kendala dalam budidaya belut adalah keterbatasan pengetahuan teknik dan pengalaman dari para pembudidaya belut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kelayakan usaha budidaya belut serta untuk menyusun business plan pembesaran belut dalam skala usaha tertentu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa jangka pendek (Keuntungan, R/C ratio, dan Rentabilitas) dan analisis jangka panjang (NPV, B/C Ratio, IRR, PP dan analisa sensitivitas). Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai Maret 2011 di Desa Sukorejo Kec. Karangrejo Kab. Tulungagung.Pelaksanaan teknis usaha pembesaran belut meliputi: mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, persiapan kolam, persiapan bibit, teknik pembesaran, pemeberian pakan, pengendalian hama dan penyakit, pemanenan, pengangkutan, pemasaran.Rencana usaha pembesaran tersebut menghasilkan penerimaan Rp 225.000.000 per tahun. Keuntungan yang akan diperoleh Rp. 97.984.000 per tahun atau Rp.8.165.333 per bulan. Dengan modal total atau modal investasi sebesar Rp 114.835.000.

English Abstract

Since 1970s, effort to eel cultivation has been done. There are many advantages information of eel cultivation makes many people eager to cultivate eel. Unfortunately, not few of them cultivating eel are going bankrupt. Many of them fail because eel is including fichery commodity requiring different treatment compared to other fish in general. One of the problems in cultivating eel is the limitation of technical knowledge and experience from the cultivaters themselves.Purpose of the research is to find out and analyse the feasibility of eel cultivation to compile business plan of enlarging eel in certain period.Method used in this research is descriptive qualitative method descriptive quantitatif. Types and data sources used is primer and secunder data. Data collection is conducted by interview and observation. Dta analysis used is short term analysis (profit, R/C ratio, and rentability) and long term analysis (NPV, B/C Ratio, IRR, PP dan sensitivity analysis). The research was conducted on february till march 2011 in sukorejo village, karangrejo district, Tulungagung regency.Technical implementation to enlarge eel comprising: preparing facilities and infrastructure needed, preparing pond, preparing seed, enlargment technic, feeding technic, pest and disease control, harvesting, transporting, marketing.The enlargment plan results in Rp 225.000.000 per year. Profit gained later is Rp. 97.984.000 per or Rp.8.165.333 per month. With total capital or investment modal reaches Rp 114.835.000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2011/192/051501958
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 10 Mar 2015 09:46
Last Modified: 21 Oct 2021 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132853
[thumbnail of Skripsi_Fix.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Fix.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Artikel_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Artikel_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item