Potensi Antagonistik Bakterin Vibrio alginolyticus Terhadap Vibrio Harveyi secara in Vitro.

Afandi,LizaFibriyani (2011) Potensi Antagonistik Bakterin Vibrio alginolyticus Terhadap Vibrio Harveyi secara in Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi dan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang pada bulan Juli - Agustus 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bakterin dari bakteri V. alginolyticus terhadap penghambatan bakteri V. harveyi secara in vitro. Kegunaan penelitian ini dapat menjadi sumber informasi guna mengetahui kemampuan bakterin V. alginolyticus dalam menghambat pertumbuhan dari V. harveyi Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu suatu bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua variabel yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan maksud untuk melihat akibat dari suatu perlakuan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan yaitu pemberian bakterin V. alginolyticus dengan dosis 0%, 50% dan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakterin V. alginolyticus mempunyai potensi antagonistik terhadap V. harveyi yaitu dengan terbentuknya daerah hambat isekeliling kertas cakram. Berdasarkan hasil analisa keragaman menunjukkan bahwa pemberian bakterin V. alginolyticus mempunyai pengaruh yang sangat nyata terhadap besarnya daerah hambat. Semakin tinggi konsentrasi bakterin V. alginolyticus yang diberikan maka daerah hambat yang terbentuk semakin besar. Hal ini dapat dibuktikan bahwa rata-rata daerah hambat pada konsentrasi 100% sebesar 9,3 mm lebih besar bila dibandingkan dengan konsentrasi 50% sebesar 7,0 mm. Hasil analisa regresi antara konsentrasi bakterin V. alginolyticus dengan daerah hambat menunjukkan bahwa nilai R 2 = 0,950 dengan persamaan y = 0,033x ,783.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bakterin V. alginolyticus memiliki potensi antagonistik karena mampu menghambat pertumbuhan V. harveyi dengan terbentuknya daerah bening disekitar kertas cakram dengan rata-rata diameter daerah hambat tertinggi sebesar 9,3 mm pada konsentrasi 100%. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan tentang bakterin V. alginolyticus sebagai salah satu bahan imunostimulan dalam upaya pencegahan penyakit bakteri V. alginolyticus secara in vivo .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2011/125/051200636
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 May 2012 11:55
Last Modified: 21 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132798
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item