Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Nilai Penjualan Jasa Untuk Menentukan Perencanaan Strategi Pemasaran Pada PT. Perikanan Nusantara, Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur

AuliaNurwindaSeptiani (2010) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Nilai Penjualan Jasa Untuk Menentukan Perencanaan Strategi Pemasaran Pada PT. Perikanan Nusantara, Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya program pembangunan sektor perikanan dan kelautan di Indonesia, mengakibatkan banyak terdapat usaha-usaha bidang perikanan seperti usaha bidang penangkapan. Untuk lebih meningkatkan pemanfaatan sumberdaya perikanan, maka diperlukan armada kapal penangkapan ikan yang memadai. Pada saat ini khususnya mengenai perkembangan kapal baru dan perbaikan kapal banyak mengalami perkembangan, baik dalam aspek teknis maupun secara ekonomis. Beberapa kemajuan diantaranya adalah proses perencanaan yang sangat terbantu dengan teknologi. Selain itu, khususnya untuk pembuatan dan perbaikan jenis kapal penangkapan berbahan dasar baja, terdapat kemajuan dalam teknik pengelasan. Kemajuan ini berpengaruh pada galangan kapal yang membuat kapal di Indonesia dan berkembangnya perbaikan jenis usaha docking kapal di Indonesia. Dalam rangka usaha meningkatkan penjualan dan pendapatan, hendaknya juga diperhatikan melalui pendekatan pemasaran yang tidak lepas dari bauran pemasaran. Dalam konsep pemasaran, banyak perusahaan mengacu pada bauran pemasaran dalam merancang program pemasarannya khususnya mengenai perencanaan strategi. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi perusahaan untuk mengetahui bauran pemasaran yang paling dominan untuk menetukan perencanaan strategi pemasaran perusahaan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap nilai penjualan jasa dan mengetahui bauran yang berpengaruh dominan terhadap nilai penjualan jasa, supaya dapat menentukan dan memberikan rekomendasi perencanaan strategi pemasaran perusahaan berkelanjutan. Metode penelitian ini bersifat Deskriptif yang mengarah kepada studi kasus. Jenis data dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitian dilakukan pada tanggal 15-26 Februati 2010 pad PT. Perikanan Nusantara. PT. Perikanan Nusantara cabang Surabaya bergerak dalam bidang pelayanan jasa docking (perbaikan) bagi kapal-kapal perikanan baik kapal perikanan dari pihak luar atau kapal-kapal perikanan yang berasal dari cabang lain seperti dari cabang Benoa Kota Bali. Pemasaran dan sistem promosi yang dilakukan adalah dengan memberikan diskon kepada pelanggan dan juga dapat menetukan tarif harga di bawah standar IPERINDO. Variabel penelitian yang digunakan adalah harga pokok penjualan (HPP) yang komponennya terdiri atas harga yang sesuai dengan syarat pembayaran yang dilakukan dan disepakati oleh pihak perusahaan dan konsumen pengguna jasa, proses jasa perbaikan yang dipengaruhi juga oleh lamanya waktu perbaikan kapal dan tingkat kerusakan kapal, biaya pemberian fasilitas yang diberikan kepada konsumen, biaya gaji karyawan, dan keuntungan yang ditetapkan oleh perusahaan. Untuk promosi berupa diskon dan biaya pemasangan iklan. Sedangkan untuk tempat terdiri atas biaya perbaikan alat dan mesin dan perawatan fasilitas. Untuk variabel Y (penjualan) merupakan pendapatan dari penjualan jasa yang ditawarkan. Pada uji analisis regresi linier berganda didapatkan hasil koefisien regresi adalah sebesar Y = 3,839 + 0,905X1 + 2,682X2 + 0,105 X3 + e, dari nilai ini didapatkan bahwa nilai konstanta yang diperoleh adalah sebesar 3,839 yang menunjukkan besarnya nilai penerimaan penjualan pada usaha docking kapal, apabila variabel HPP naikkan satu satuan maka akan meningkatkan penjualan sebesar 0,905% begitu juga pada promosi sebesar 2,682%, dan tempat sebesar 0,105%. Sedangkan, e adalah faktor eror. Nilai F Hitung > F Tabel yaitu 96,955 > 29,46 yang berarti bahwa variabel bebas yang terdiri dari variabel HPP (X1), promosi (X2), dan tempat (X3) berpengaruh nyata terhadap penjualan dengan niali pengaruh sebesar 89,2% yang dilihat pada uji R². untuk Uji T didapatkan data bahwa nilai t hitung HPP adalah6,889, promosi sebesar 5,871 nilai ini lebih besar dari t tabel sehinggan pada HPP dan promosi secara parsial berpengaruh padanilai penjualan jasa. Untuk tempat nilai t hitung (0,270) < t tabel (2,048) sehingga tidak berpengaruh secara parsial terhadap nilai penjualan jasa. Hal ini dikarenakan lokasi merupaka areal docking dan banyak terdapat persaingan dan kurangnya sarana dan prasarana penunjang operasional di lokasi. Rekomendasi perencanaan strategi berdasarkan hasil analisis SWOT adalah dengan cara strategi aggressive seperti promosi yang diikiuti dengan perbaikan kualitas dengan cara pengembangan keterampilan tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas jasa dan memanfaatkan strategi harga serta jaringan kerja yang luas untuk membidik pelanggan dan Mengembangkan kualitas, kuantitas, kontinuitas, corporate plan, dan melakukan penilaian kinerja keuangan Perusahaan dapat meningkatkan harga selama masih dibawah ketentuan tarif IPERINDO dan juga mengembangkan usahanya dengan memperluas wilayah docking menjadi 3 rel dok kapal yang diikuti dengan perkembangan fasilitas jasa yang up to date, perbaikan saran dan prasarana serta meningkatkan kualitas jasa. Faktor pendukung adalah lokasi yang strategis dekat dermaga, persaingan yang sempurna, memiliki banyak tenaga ahli docking, dan luasnya network kerja. Faktor penghambat adalah kegiatan naik turun kapal ke dok dipengaruhi pasang surut air laut, adanya lumpur yang mengganggu proses docking, saran dan prasarana yang kurang, belum terdapatnya kolam docking sehingga proses kegiatan operasional menjadi lebih lama serta dengan cara strategi aggressive seperti promosi yang diikiuti dengan perbaikan kualitas dengan cara pengembangan keterampilan tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas jasa dan memanfaatkan strategi harga serta jaringan kerja yang luas untuk membidik pelanggan dan Mengembangkan kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan corporate plan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bauran pemasaran HPP, promosi, dan tempat berpengaruh pada nilai penjualan jasa. Bauran pemasaran yang paling berpengaruh secara nyata terhadap nilai penjualan jasa adalah promosi .Hal ini dikarenakan promosi yang dilakukan perusahaan yaitu dengan memberikan diskon kepada pelanggan tetap dan melalui media elektronik, mampu membidik para pelanggan untuk menggunakan jasa service docking pada perusahaan. Rekomendasi perencanaan strategi adalah dapat meningkatkan harga selama dibawah standar IPERINDO dan mengembangkan usaha menjadi 3 rel dengan perbaikan fasilitas, saran dan prasarana serta jenis jasa yang up to date dan kualitas jasa yang baik dan menjalankan strategi Aggressive dengan dilakukan upaya peningkatan keterampilan SDM (karyawan). Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah sebaiknya pihak perusahaan sebelum meningkatkan harga dan mengembangkan usaha docking juga harus memperhatikan perbaikan jasa, kualitas jasa, saran dan prasarana, keselamatan kerja karyawan Sebaiknya perusahaan menyediakan tempat pembuangan lumpur dan menyediakan anggaran untuk kegiatan pengangkatan (pengurukan) lumpur dalam upaya pengendalian terhadap lumpur yang mengganggu kegiatan proses naik dan turunya kapal ke dok serta perlu adanya analisa kelayakan usaha dan analisis keterampilantenaga kerja untuk pengembangan yang lebih aktual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2010/67/051001720
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2011 09:56
Last Modified: 21 Oct 2021 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132743
[thumbnail of 051001720.pdf]
Preview
Text
051001720.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item