Evaluasi pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Taman Wisata Air Wendit Water Park Kabupaten Malang Jawa Timur

SriAstuti (2010) Evaluasi pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Taman Wisata Air Wendit Water Park Kabupaten Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran. Alat bauran pemasaran yang paling mendasar adalah produk. Konsep bauran pemasaran tradisional (traditional marketing mix) terdiri dari 4P, yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat/lokasi) dan Promotion (promosi). Sementara itu, untuk pemasaran jasa perlu bauran pemasaran yang diperluas (expanded marketing mix for services) dengan menambah unsur-unsur nontraditional marketing mix, yaitu people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process (proses), sehingga menjadi 7 unsur (7P). Kepuasan konsumen dapat dicapai melalui bauran pemasaran. Kepuasan konsumen adalah perasan puas atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan harapan, keinginan atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk yang telah dikonsumsinya. Jika kinerja dibawah harapan, maka konsumen tidak puas, jika kinerja memenuhi harapan maka konsumen puas, sedangkan untuk kinerja melebihi harapan maka konsumen akan merasa sangat puas. Penelitian ini dilakukan di Taman Wisata Air Wendit Water Park Desa Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Jawa Timur pada bulan April 2010. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bauran pemasaran yang dilakukan oleh Taman Wisata Air Wendit Water Park , (2) Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen Taman Wisata Air Wendit Water Park , (3) Pengaruh bauran pemasaran secara parsial terhadap kepuasan konsumen Taman Wisata Air Wendit Water Park , (4) Faktor bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Taman Wisata Air Wendit Water Park . Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah: (1) Bagi Perusahaan Pariwisata, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan dan mengoptimalkan pemasaran dan pengembangannya untuk memberikan dan meningkatkan kepuasan konsumen. (2) Bagi Peneliti dan Lembaga Akademis, diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk menerapkan teori menejemen pemasaran ke dalam dunia praktik, khususnya pada perusahaan pariwisata serta sebagai acuan dan informasi dalam pengkajian lebih lanjut mengenai kepuasan konsumen dalam pemasaran pariwisata. (3) Bagi Pemerintah, diharapkan penelitian ini dapat iii sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan dalam rangka mengembangkan pariwisata. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan eksplanasi (explanatory). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melalui kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji F dan Uji t. Setelah dilakukan beberapa pengujian analisa pada variable bauran pemasaran yang terdiri dari yang terdiri dari produk(X1), harga (X2), promosi (X3), lokasi (X4), orang yang terlibat (X5), sarana fisik (X6), dan proses (X7) terhadap kepuasan konsumen Taman Wisata Air Wendit Water Park . Menunjukkan hasil untuk pengujian koefisien determinasi R2 sebesar 0,584 yang berarti bahwa bauran pemasaran memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 58,4%, sedangkan untuk sisanya yaitu sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variable-variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Dari hasil uji F diketahui bahwa nilai F hitung (10,835) > F table (2,242) yang berarti bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk(X1), harga (X2), promosi (X3), lokasi (X4), orang yang terlibat (X5), sarana fisik (X6), dan proses (X7) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil uji t didapatkani bahwa secara parsial dari ketujuh bauran pemasaran ada 3 variabel yang memberikan kepuasan kepada konsumen Taman Wisata Air Wendit Water Park yaitu produk, promosi dan sarana fisik. Sedangkan empat variabel lain, yaitu harga, lokasi, orang yang terlibat dan proses secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Taman Wisata Air Wendit Water Park . Selain untuk menguji hubungan regresi secara parsial, uji t juga dapat untuk mengetahui faktor bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah variabel sarana fisik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama bauran pemasaran mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Namun secara parsial ada tiga variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu produk, promosi dan sarana fisik sehingga dari ketiga variable tersebut harus tetap dipertahankan kualitasnya namun tetap memperhatikan variable lain yang tidak berpengaruh secara parsial yaitu harga, lokasi, orang yang terlibat dan proses agar kepuasan konsumen dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2010/55/051003493
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2010 09:44
Last Modified: 21 Oct 2021 06:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132734
[thumbnail of 051003493.pdf]
Preview
Text
051003493.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item