Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Ikan Hias Sumenep, Jakarta Pusat

VinaTriRosita (2010) Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Ikan Hias Sumenep, Jakarta Pusat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat melimpah. Salah satu keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia dan patut dibanggakan adalah keragaman spesies ikan hias, baik ikan hias air laut maupun air tawar. Kegiatan usaha ikan hias memiliki beberapa keunggulan diantaranya tidak memerlukan modal yang banyak, dapat dilakukan oleh industri rumah tangga, pasarnya tidak pernah jenuh, pengembangan strain baru dapat dilakukan secara indvidu, dan kegiatan usaha ini dapat memberdayakan masyarakat melalui industri kecil yang bermuara pada ekspor (DKP, 2008). Berdasarkan hal tersebut kegiatan pemasaran sangat penting untuk diperhatikan. Pada saat ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu pemasar untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar, oleh karena itu seorang pemasar harus melakukan strategi pemasaran. Apabila strategi pemasaran yang dilaksanakan pemasar tersebut mampu memberikan kepuasan terhadap konsumen hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan yang diinginkan. Strategi pemasaran bertolak pada konsep pemasaran. Dimana dalam konsep pemasaran dijelaskan bahwa keberhasilan sebuah usaha pemasaran terletak pada pencapaian kepuasan konsumen. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: Strategi pemasaran yang telah diterapkan di Pasar Ikan Hias Sumenep, Jakarta Pusat; Pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Ikan Hias Sumenep, Jakarta Pusat; Variabel apakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Ikan Hias Sumenep, Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Ikan Hias Sumenep yang beralamat di Jalan Sumenep, Jakarta Pusat. Waktu penelitian selama kurang lebih 2 pekan tepatnya pada tanggal 27 Maret – 4 April 2010. Pada penelitian ini objek penelitian dibatasi hanya pada pedagang dan konsumen ikan hias air tawar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pada penelitian ini terdapat 2 jenis populasi sehingga digunakan 2 jenis sampel. Untuk mendapatkan sampel dari pedagang ikan hias digunakan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan rumus dalam literatur Surakhmad (2008), didapatkan sampel yang digunakan untuk pedagang ikan hias di Pasar Sumenep adalah 20 orang. Untuk pengambilan sampel konsumen ikan hias air tawar digunakan teknik accidental sampling. Untuk menentukan jumlah sampel yang diambil pada konsumen ikan hias air tawar adalah dengan menggunakan rumus linier time function. Berdasarkan rumus linier time function didapatkan sampel konsumen sebanyak 30 orang. Pasar Sumenep merupakan sebuah pasar ikan hias yang didirikan pada tahun 1969 dengan luas areal ± 750 m2 yang terletak di Jalan Sumenep, Jakarta Pusat. Lokasinya mudah dijangkau karena terletak di pusat kota dan berada di kawasan perumahan para pejabat tinggi negara dan pengusaha baik domestik maupun asing. Pasar Sumenep menjual berbagai jenis ikan hias dan atribut lainnya seperti pakan, accesories, obat-obatan, dan peralatan-peralatan yang umumnya dibutuhkan oleh pecinta ikan hias. Strategi pemasaran yang diterapkan di Pasar Sumenep meliputi 7 variabel yaitu variabel produk, harga, tempat, promosi, orang yang terlibat, proses jasa, dan lingkungan fisik. Ketujuh strategi tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil output SPSS 12 for windows didapatkan hasil regresi linier berganda dengan persamaan sebagai berikut: Y = 0,412 + 0,953 X1+ (-1,730) X2+ 0,297 X3+ 0,188 X4+(-0,453) X5 + 0,619 X6 + 0,351 X7 . Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Untuk uji f diketahui bahwa nilai f hitung > f tabe yaitu 20,247 > 3,59 dan f hitung nyata pada taraf kepercayaan 99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (strategi pemasaran) secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Nilai koefisien determinasi dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,866. Artinya bahwa variabel bebas (strategi pemasaran) memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 86,6%. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen sebesar 86,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel dalam strategi pemasaran, sedangkan sisanya yaitu sebesar 13,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji pada penelitian ini. Untuk uji t dapat diketahui bahwa strategi produk, tempat, promosi, proses jasa, dan lingkungan fisik secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan uji t dapat dan nilai standardized tertinggi dapat diketahui strategi pemasaran yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Pada penelitian ini variabel produk merupakan variabel strategi pemasaran yang paling dominan karena memiliki nilai t hitung terbesar yaitu 6,192 dan nilai signifikasi sebesar 0,000. Nilai standardized tertinggi juga terdapat pada variabel produk yaitu 0,874. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel produk merupakan variabel strategi pemasaran yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.Apabila variabel nilai tersebut ditingkatkan sebesar satu satuan maka akan meningkatkan kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2010/28/051003354
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2010 10:56
Last Modified: 21 Oct 2021 05:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132713
[thumbnail of 051003354.pdf]
Preview
Text
051003354.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item