Isolasi dan Identifikasi Klorofil a dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT) pada Alga Cokelat (Sargassum filipendula)

ShantiManule (2010) Isolasi dan Identifikasi Klorofil a dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT) pada Alga Cokelat (Sargassum filipendula). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pigmen merupakan molekul khusus yang dapat memunculkan warna dan mampu menyerap cahaya matahari dan memantulkannya pada panjang gelombang tertentu. Sargassum filipendula merupakan salah satu spesies dari alga cokelat (Phaeophyta). Umumnya alga cokelat tersebut mengandung berbagai pigmen baik dari golongan klorofil maupun dari golongan karotenoid. Keberadaan klorofil a berfungsi sebagai penangkap cahaya utama dalam proses fotosintesis yaitu sekitar 99%, sedangkan karotenoid memiliki 2 aktivitas utama yaitu sebagai penangkap cahaya dan fotoprotektor terhadap akses cahaya (Gross, 1991). Klorofil a berwarna hijau biru karena menyerap cahaya dengan kuat di daerah merah dan biru pada spektrum tampak. Dengan adanya klorofil akan menyebabkan sel-sel tersebut berkemampuan menyerap energi cahaya, sehingga terjadi proses fotosintesis yang kemudian menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Pada alga coklat, klorofil a berfungsi sebagai penangkap cahaya yang utama dalam proses fotosintesis yaitu sekitar 99 %. (Limantara dan Rahayu, 2008). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya Malang dan Laboratorium Kimia Teknologi Hasil Pertanian (THP), Universitas Muhammadiyah Malang, pada bulan Juni – Juli 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif. Ekstraksi pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Pangestuti, et al (2008) yang telah dimodifikasi oleh Muamar (2009). Fraksinasi pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Pangestuti, et al (2008) yang telah dimodifikasi oleh Muamar (2009). Modifikasi yang dilakukan berupa variasi perbandingan konsentrasi pelarut untuk menurunkan pigmen. Isolasi pigmen dilakukan dengan kromatografi kolom menggunakan fase diam silica gel fase gerak heksan : etil asetat. Komposisi pigmen hasil identifikasi pada alga coklat (Sargassum filipendula) meliputi : klorofil a, fukosantin, dan β-karoten. Nilai rendemen Klorofi a sebesar 0,036 % ± 0,0022. Nilai Rf pigmen Klorofil a hasil identifikasi KLT (Kromatografi Lapis Tipis) adalah 0,42. Identifikasi pola spektra dan panjang gelombang (λmax) pigmen Klorofil a dengan pelarut aseton dan dietil eter memiliki pola dan panjang gelombang yang mirip dengan penelitian Jeffrey, et al., (1997) yaitu B (soret) : 430 nm; Qx : 616 nm; Qy : 662 nm. Pada penelitian ini diharapkan lebih berhati-hati dalam proses preparasi kolom dan pemilihan ukuran (diameter dan tinggi) kolom agar pigmen klorofil a yang dihasilkan murni.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2010/108/051100350
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2011 10:10
Last Modified: 21 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132666
[thumbnail of 051100350.pdf]
Preview
Text
051100350.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item