Pengaruh kadar protein dan lemak yang berbeda dalam pakan buatan terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan pada juvenil ikan kerapu pasir (Epinephelus corallicola)

IrmaHapsari (2009) Pengaruh kadar protein dan lemak yang berbeda dalam pakan buatan terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan pada juvenil ikan kerapu pasir (Epinephelus corallicola). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerapu pasir ( Epinephelus corallicola ) merupakan salah satu komoditas perikanan penting, karena mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Kendala utama dalam pengembangan budidaya ikan kerapu pasir meliputi ketersediaan benih dan pakan yang sesuai. Salah satu cara yang diterapkan untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan produksi adalah memperbaiki mutu pakan dengan membuat formulasi pakan yang sesuai untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan kerapu pasir ( Epinephelus corallicola ). Pakan merupakan sumber energi untuk tumbuh dan berkembang biak. Pakan yang baik mempunyai kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang tepat akan memberikan pengaruh yang baik pada kesehatan dan pertumbuhan ikan yang dibudidayakan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Kimia Balai Besar Riset Pengembangan Budidaya Laut (BBRPBL) Gondol Bali pada bulan April 2008 sampai September 2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kadar protein dan lemak yang berbeda dan baik yang terdapat dalam pakan buatan terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan juvenil ikan kerapu pasir ( Epinephelus corallicola ) Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan menggunakan 6 perlakuan yang terdiri atas 3 level protein dan 2 level lemak, dan masing – masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sebagai perlakuan adalah pakan A (protein 36% lemak 9%), pakan B (protein 42% lemak 9%), pakan C (protein 48% lemak 9%), pakan D (protein 36% lemak 18%), pakan E (protein 42% lemak 18%) dan pakan F (protein 48% lemak 18%). Parameter yang diamati dan dianalisis antara lain kelulushidupan ( survival rate / SR), laju pertumbuhan spesifik ( spesifik growth rate / SGR), rasio konversi pakan ( feed convertion ratio / FCR), rasio efisiensi protein ( protein eficiency ratio / PER), retensi protein, retensi lemak, retensi energi dan kualitas air (suhu, pH/ puisannce negatif de H , DO ( Demand Oxygen) , Salinitas dan NO3 (nitrat nitrogen)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kadar protein (36%, 42%, 48%) dan lemak (9%, 18%) tidak berpengaruh terhadap kelulushidupan dan laju pertumbuhan spesifik pada juvenil ikan kerapu pasir ( Epinephelus corallicola ); faktor protein berpengaruh terhadap rasio konversi pakan dan retensi protein; faktor interaksi kadar protein dan lemak dalam pakan buatan, berpengaruh terhadap rasio efisiensi protein dan retensi energi; serta faktor protein dan faktor lemak berpengaruh terhadap retensi lemak pada juvenil ikan kerapu pasir ( Epinephelus corallicola ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2009/7/050901090
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2009 11:26
Last Modified: 21 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132627
[thumbnail of 050901090.pdf]
Preview
Text
050901090.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item