Pengaruh Strategi Promosi Periklanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kawasan Wisata Bahari Pantai Bentar Kabupaten Probolinggo Jawa Timur

DoanitaHernanvilya (2009) Pengaruh Strategi Promosi Periklanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kawasan Wisata Bahari Pantai Bentar Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Promosi merupakan suatu sarana komunikasi atas penyampaian pesan yang memberikan informasi dan pengenalan produk yang sifatnya mengajak/ mempengaruhi sasaran untuk membeli produk yang ditawarkan. Promosi juga perlu dilakukan sebagai langkah strategi untuk menghindarkannya dari ketertinggalan atau kekalahan dalam situasi persaingan yang dihadapi. Strategi promosi yang akan dibahas dalam penelitian ini dikhususkan pada strategi iklan. Iklan adalah segala bentuk pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media. Media yang digunakan antara lain : media cetak (surat kabar dan brosur), media elektronik (radio dan internet), dan media luar ruangan (papan reklame, spanduk, dan poster). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh strategi promosi periklanan secara bersama-sama terhadap keputusan berkunjung wisatawan di kawasan Pantai Bentar; (2) variabel-variabel strategi promosi periklanan yang berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan di kawasan Pantai Bentar; (3) variabel strategi promosi periklanan yang paling berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan di kawasan Pantai Bentar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan sumber data yang diambil berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara survei dengan menggunakan kuesioner, observasi lapang, dan wawancara. Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu variabel bebas yang terdiri dari variabel media cetak (X1), media elektronik (X2), dan media luar ruangan (X3), dan variabel terikat (Y) yaitu keputusan berkunjung wisatawan. Pantai Bentar merupakan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Probolinggo, dimana merupakan kawasan yang baru saja berkembang dari kawasan yang dulunya hanya sebatas wisata alam pantai dikembangkan menjadi wisata bahari. Dimana terdapat kegiatan wisata pantai yang menggabungkan antara keindahan alam laut yang disebut dengan kegiatan wisata pasif dan wahana permainan baik sekitar kawasan pantai maupun di laut yang disebut dengan kegiatan wisata aktif. Hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa media promosi periklanan yang meliputi media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan, secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap keputusan berkunjung wisatawan untuk memutuskan berwisata di Pantai Bentar. Ketiga media periklanan tersebut mempunyai pengaruh sebesar 54,5% terhadap keputusan berkunjung wisatawan, sedangkan sisanya yaitu 45,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini seperti produk, lokasi, harga, pray (doa), personal selling, sales promotion, dan public relation. Promosi periklanan dengan media cetak dan media elektronik, secara individu masing-masing media tersebut berpengaruh nyata terhadap keputusan berkunjung wisatawan, sedangkan media luar ruangan secara individu tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan berkunjung wisatawan, hal ini disebabkan karena penggunaan media luar ruangan yang dilakukan kurang ii efektif. Penyebab dapat dikarenakan lokasi penempatan media yang kurang strategis, sering dihiraukan karena sasaran adalah pengguna jalan yang lalu-lalang, dan dapat membahayakan/ merugikan penggunan jalan. Media elektronik merupakan media promosi periklanan yang paling dominan berpengaruh bagi wisatawan dalam memutuskan berwisata di Pantai Bentar. Dikarenakan media elektronik seperti radio dan internet jangkauannya luas, sering diakses banyak orang, dan bobot/isi iklan baik Saran yang dapat diberikan pada pihak pengelola Pantai Bentar yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan kawasan wisata bahari Pantai bentar, antara lain : meningkatkan penggunaan media promosi periklanan yang terdiri dari media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan, dengan memuat materi isi iklan yang baik, yang sesuai dengan adat istiadat/ budaya, agama, dan sasaran yang dituju; mengevaluasi/ mengatur ulang media luar ruangan yang belum sepenuhnya berpengaruh bagi pengambilan keputusan wisatawan untuk berkunjung di Pantai Bentar; lebih menggencarkan media elektronik yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dengan meningkatkan bobot/ materi isi iklan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2009/56/050903017
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2009 09:57
Last Modified: 21 Oct 2021 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132610
[thumbnail of 050903017.pdf]
Preview
Text
050903017.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item