Analisis Finansiil Dan Strategi Pemasaran Ikan Beku di Cold Storage “Prima Indobahari Sentosa” Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

BremiSeptariano (2008) Analisis Finansiil Dan Strategi Pemasaran Ikan Beku di Cold Storage “Prima Indobahari Sentosa” Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini persaingan dalam pemasaran produk perikanan semakin ketat seiring dengan semakin majunya cara pengolahan dan pengawetan ikan dan juga semakin majunya cara yang dikembangkan untuk mencapai tujuan dan sasaran secara efektif dan efisien. Dalam hal ini perlu dikembangkan pemikiran – pemikiran dan pengkajian untuk mendapatkan cara yang lebih guna menghasilkan keluaran yang optimal, sehingga dapat mencapai sasaran yang tepat waktu, tepat jumlah dan tepat mutu dengan biaya yang lebih efisien maka suatu perusahaan dituntut untuk menerapkan suatu strategi pemasaran, baik strategi dalam mendapatkan barang baku yang murah dan baik mutunya serta strategi penempatan pasar yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembekuan, untuk mengetahui nilai finansial usaha yang meliputi : keuntungan, margin pemasaran, mark up dan efisiensi pemasaran, penerapan strategi pemasaran dan analisis SWOT yang dimiliki perusahaan dalam persaingan pasar, strategi pemasaran yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan dengan teknik studi kasus. Sedangkan data yang diambil meliputi data primer yang diperoleh dari karyawan cold storage PRIMA INDOBAHARI SENTOSA dan data sekunder diperoleh dari Kelurahan Desa Watulimo,cold storage tempat penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis SWOT, analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat dimaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Oportunities), namun secara bersamaan dapat maminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Besarnya keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan dalam waktu lima tahun cukup stabil walaupun mengalami peningkatan dan penurunan, tapi naik turunnya keuntungan tersebut tidak terlalu besar, sedangkan pada nilai margin pemasaranpun sama seperti keuntungn dapat dikatakan cukup stabil walaupun dalam waktu lima tahun tersebut masih mengalami naik turun, tetapi naik turunnya nilai margin pasar pada perusahaan tersebut tidak terlalu besar, sedangkan pada nilai mark up dalam waktu lima tahun mengalami penurunan, mark up atas dasar harga pembelian mengalami penurunan tetapi penurunnya tidak terlalu drastis, sedangkan pada mark up atas dasar harga pembelian juga mengalami penurunan tetapi tidak terlalu besar, sedangkan nilai efisiensi pemasaran dalam waktu lima tahun juga mengalami naik turun, tetapi nilai naik turunnya efisiensi pemsaran juga tidak terlalu besar. Berdasarkan analisis SWOT pada matrik IFE didapat bahwa posisi internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan pada perusahaan tersebut cukup kuat untuk mengantisipasi kelemahan internal yang ada pada perusahaan tersebut, sedangakan pada matrik EFE yang meliputi peluang dan ancaman menunjukkan bahwa perusahaan masih berada dibawah rata – rata dalam memanfaatkan peluang yang ada dan menghindari ancaman dari luar. Strategi pemasaran yang lebih baik untuk diterapkan adalah sebagai berikut : lebih aktif dalam mencari pasar, tetap menjaga mutu produk, lebih memperbanyak variasi produk, harga produk harus lebih kompetitif, menerapkan strategi promosi seefektif mungkin, menambah kapasitas produksi. Dalam penerapan strategi pemasaran masih ada beberapa strategi yang belum dilaksanakan secara maksimal oleh cold storage, khususnya strategi promosi hendaknya cold storage lebih mengoptimalkan lagi penerapan strategi promosi untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan oleh cold storage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2008/80/050803229
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2008 10:21
Last Modified: 25 Oct 2008 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132540
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item