Strategi Pemasaran Pada Usaha Pembenihan Ikan Patin Di Farm Dedy-Budi Bogor, Jawa Barat

MuhNurRahmuniawan (2008) Strategi Pemasaran Pada Usaha Pembenihan Ikan Patin Di Farm Dedy-Budi Bogor, Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah salah satu sumberdaya perikanan yang dibudidayakan dan mempunyai prospek bagus pada usaha pembenihan di Indonesia adalah jenis ikan patin ( Pangasius sp ) yang telah berkembang dengan pesat dan mampu memberikan peluang terhadap kesempatan kerja pada masyarakat. Terlepas dari berbagai persoalan yag terdapat dalam budidaya ikan patin itu sendiri, tidak kalah pentingnya dengan pemasaran pada benih ikan patin itu sendiri. Karena apabila pada aspek pemasaran terdapat kendala maka kegiatan budidaya ikan patin juga akan mengalami hambatan. Dalam memenangkan persaingan pasar berbagai strategi harus diefektifkan guna mencapai keunggulan dan meraih keuntungan yang besar dengan kepuasan pelanggan sebagai utamanya, tanpa kecurangan dan didukung dengan penerapan strategi pemasaran dengan tepat pada suatu usaha akan memperoleh keuntungan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Farm Dedy-Budi Bogor Jawa Barat. Sedangkan waktu penelitian pada bulan Mei sampai Juni 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang mempengaruhi kelangsungan usaha dari Farm Dedy-Budi dan mengetahui strategi paling dominan yang berpengaruh terhadap kelangsungan usaha dari Farm Dedy-Budi ini. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini yang dijadikan kasus adalah strategi pemasaran yang mempengaruhi kelangsungan usaha dari Farm Dedy-Budi. Seluruh pembeli tetap yang dimiliki Farm Dedy-budi dijadikan responden. Penetapan responden dipilih 50 orang responden. Penelitian ini menggunakan 6 variabel bebas yaitu produk, harga, lokasi, promosi, proses, saluran distribusi dan 1 variabel terikat yaitu kelangsungan usaha. Pengumpulan data dengan Kuisioner, wawancara dan partisipasi aktif. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif mengenai strategi pemasaran yang mempengaruhi kelangsungan usaha dari Farm Dedy-Budi. Sedangkan analisis deskriptif kuantitatif mengenai strategi paling dominan yang berpengaruh terhadap kelangsungan usaha dari Farm Dedy-Budi ini yang dilihat dari metode regresi linier berganda. Pengukuran variabel yang diteliti menggunakan skala semantik dan responden diminta untuk memilih salah satu dari lima pilihan sikap dari sangat setuju sampai sangat kurang setuju. Analisa data dan pengujian hipótesis penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 3,770 + 0,290 X1 + 0,220 X2 + 0,267 X3 + (-0,048) X4 + 0,022 X5 + 0,260 X6 + e Uji hipotesisi terdiri dari Ftest dan ttest serta koefisien determinan (R2) didapat Fhitung (26,778) > F tabel (2,409), maka H0 ditolak dan menerima H1 berarti secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, proses dan saluran distribusi berpengaruh/signifikan terhadap kelangsungan usaha Farm Dedy-Budi dengan tingkat signifikan 95 % atau 0,05. Sedangkan dari hasil regresi juga diperoleh R- square sebesar 0,376 artinya 37,6 % variabel bebas yaitu produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4), proses (X5) dan saluran distribusi (X6) secara bersama-sama dapat menjelaskan terhadap kelangsungan usaha sedangkan sisanya sebesar 62,4 % dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan. Dari hasil uji Ttest didapatkan bahwa secara parsial variabel produk dan saluran distribusi berpengaruh terhadap kelangsungan usaha pada Farm Dedy-Budi. Sedangkan harga, lokasi, promosi dan proses dianggap tidak berpengaruh terhadap kelangsungan usaha pada Farm Dedy-Budi. Hasil lain dari uji ini adalah didapat bahwa variabel produk merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha pada Farm Dedy-Budi. Karena produk disini yang dimaksud benih merupakan strategi pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap kelangsungan usaha Farm ini, maka agar usahanya dapat terus bersaing dengan Farm pembenih patin lain sebaiknya produsen (pihak Farm Dedy-Budi) selalu memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2008/144/050901103
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2009 11:11
Last Modified: 20 Oct 2021 05:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132451
[thumbnail of 050901103.pdf]
Preview
Text
050901103.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item