Pengaruh Kadar Protein Pakan Buatan yang Berbeda terhadap Retensi Protein dan Retensi Energi pada Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus)

SelvaDianAnggraini (2008) Pengaruh Kadar Protein Pakan Buatan yang Berbeda terhadap Retensi Protein dan Retensi Energi pada Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan salah satu jenis avertebrata air yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Saat ini, di Indonesia lobster air tawar ini telah banyak dibudidayakan oleh para petani, namun laju pertumbuhan dari lobster ini belum menunjukkan hasil yang optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan laju pertumbuhan lobster air tawar ini adalah dengan memberikan pakan yang memiliki kualitas baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan lobster air tawar. Salah satu upaya untuk mengefisienkan penggunaan pakan yaitu dengan menyediakan pakan yang mengandung nutrien-nutrien yang sesuai dengan kebutuhan lobster air tawar. Nutrien-nutrien tersebut meliputi protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin. Di antara nutrien-nutrien tersebut, protein merupakan nutrient yang sangat penting untuk pertumbuhan. Oleh karena itu untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik, maka kebutuhan protein harus ditentukan terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh kadar protein pakan buatan yang berbeda dan mengetahui kadar protein pakan yang terbaik untuk retensi protein dan retensi energi pada lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) dengan menggunakan tepung ikan dan tepung keong mas sebagai sumber proteinnya. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi Reproduksi, Pembenihan dan Pemuliaan Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang pada bulan April- Juni 2008. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan kadar protein pakan yang berbeda, yaitu 30%, 36%, 42% dengan masing-masing 3 kali ulangan. Parameter utama yang diamati adalah retensi protein dan retensi energi sedangkan parameter pendukung yaitu kelulushidupan, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, rasio efisiensi protein dan pengamatan kualitas air (suhu, DO, pH). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kadar protein pakan buatan yang berbeda dalam ransum pakan pada lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) memberi pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap retensi protein dan retensi energi dan penggunaan kadar protein pakan buatan sebesar 30% dalam ransum pakan memiliki nilai yang lebih ekonomis. Pada penelitian ini dapat disarankan untuk daya cerna nutrien pada lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) dengan menggunakan pakan berkadar protein 30% dan imbangan protein energi pada pakan berkadar protein 30% untuk kelulushidupan dan laju pertumbuhan lobster air tawar (Cherax quadricarinatus).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2008/131/050803740
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2009 09:37
Last Modified: 20 Oct 2021 04:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132437
[thumbnail of 050803740.pdf]
Preview
Text
050803740.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item