Pengaruh Jenis Umpan dan Kedalaman Perairan yang Berbeda Pada Alat Tangkap Bubu Rajungan Terhadap Hasil Tangkapan Rajungan (Portunus pelagicus) Di Wilayah Perairan Brondong Lamongan Jawa Timur.

Rahmawati, Aryani (2007) Pengaruh Jenis Umpan dan Kedalaman Perairan yang Berbeda Pada Alat Tangkap Bubu Rajungan Terhadap Hasil Tangkapan Rajungan (Portunus pelagicus) Di Wilayah Perairan Brondong Lamongan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di perairan Brondong Lamongan pada 9 Pebruari 2007 sampai dengan 16 Pebruari 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis umpan yang berbeda terhadap hasil tangkapan rajungan, pengaruh kedalaman yang berbeda terhadap hasil tangkapan rajungan serta pengaruh perbedaan jenis umpan dan kedalaman yang berbeda terhadap hasil tangkapan rajungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan suatu bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek yang diselidiki dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) serta menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) program SPSS 13. Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan kombinasi dengan 4 ulangan (kelompok), sebagai perlakuan adalah umpan ikan dodok dengan kedalaman 10 m (A1) dan umpan ikan dodok dengan kedalaman 20 m (A2) serta umpan ikan kuniran dengan kedalaman 10 m (B1) dan umpan ikan kuniran dengan kedalaman 20 m (B2). Dari hasil penelitian pengaruh perbedaan jenis umpan dan kedalaman operasional alat tangkap bubu terhadap hasil tangkapan didapatkan hasil tangkapan A1 sebesar 15,5 kg; A2 sebesar 30,2 kg; B1 sebesar 6,7 kg dan B2 10,5 kg. Berdasarkan perhitungan sidik ragam, diketahui bahwa perlakuan jenis umpan dan kedalaman yang berbeda berpengaruh sangat nyata terhadap hasil tangkapan yang diperoleh, begitu juga dengan interaksi antara jenis umpan dan kedalaman yang berbeda berpengaruh sangat nyata terhadap hasil tangkapan. Berdasarkan analisa menggunakan ANOVA, diketahui bahwa perlakuan jenis umpan dan kedalaman yang berbeda berpengaruh sangat nyata terhadap hasil tangkapan serta adanya intekasi antara jenis umpan dan kedalaman perairan yang berbeda berpengaruh terhadap hasil tangkapan rajungan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan kombinasi antara jenis umpan dan kedalaman operasional bubu rajungan mempengaruhi hasil tangkapan secara nyata, begitu juga dengan penggunaan jenis umpan dan kedalaman yang berbeda menunjukkan adanya perbedaan hasil tangkapan rajungan secara nyata. Sehingga dari hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penangkapan rajungan dengan menggunakan umpan ikan dodok pada kedalaman 20 m dapat memberikan hasil tangkapan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2007/39/050803058
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2008 08:34
Last Modified: 28 Dec 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132342
[thumbnail of 050803058.pdf] Text
050803058.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (40kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (17kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item