pemetaan terumbu karang dan ikan karang di perairan pasir putih Situbondo, Jawa Timur.

Masyhuri, Ahmad (2007) pemetaan terumbu karang dan ikan karang di perairan pasir putih Situbondo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terumbu karang tersebar luas di kawasan pesisir Indonesia, namun saat ini ancaman terhadap kerusakan terumbu karang sangat tinggi, salah satu faktor penyebab kerusakanya adalah aktifitas manusia, seperti penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan (bahan peledak dan racun potasium), sedangkan data tentang status kerusakan terumbu karang masih minim, sehingga diperlukan suatu sistem informasi untuk memonitoring kerusakan terumbu karang yang ada. Salah satu lokasi terumbu karang yang diambil adalah kawasan wisata pasir putih Kabupaten Situbondo. Tujuan Skripsi ini adalah untuk mengetahui penutupan terumbu karang, keanekaragaman jenis terumbu karang dan ikan karang dengan menggunakan metode Reef Check di wialayah pasir putih Situbondo serta membuat peta status terumbu karang dengan menghitung luasan karang hidup dan karang mati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu dengan jalan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya secara sistematis, faktual dan akurat mengenai faktor yang mendukung terhadap masalah yang diteliti kemudian dilakukan suatu analisa. Sedangkan pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder . Dari hasil penelitian ini didapatkan besar persentase penutupan karang hidup ( live reef cover ) pada site 1 watu lawang pada kedalaman 3 m adalah sebesar 46,875 % dan 26,875 % pada kedalaman 10 m. Untuk site 2 jetti, tutupan karang hidup sebesar 56,875 % sedangkan pada kedalaman 10 m sebesar 89,375 % . Pada site 3 karang mayit dengan kedalaman 3 m jumlah presentase tutupan karang hidup sebesar 34,375 %, dan pada kedalaman 10 m sebesar 60 % . Dan pada site terahir, site 4 jumlah persentase tutupan karang hidup sebesar 60 % pada kedalaman 3 m dan 50,62 % pada kedalaman 10 m . Untuk ikan karang jenis yang banyak terdapat adalah ikan Butterflyfish , ikan Haemulidae , ikan Snapper , ikan Barramundi cod , ikan Bumphead parrot , ikan Parrotfish. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka diperlukannya penelitian berkelanjutan untuk memantau kondisi status kerusakan terumbu karang yang berada di perairan pasir putih Kabupaten Situbondo, agar kerusakan bisa dimonitoring dan data tersebut dapat dijadikan dasar kebijakan dalam pengelolaan kawasan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2007/31/050803050
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Oct 2008 12:46
Last Modified: 28 Dec 2021 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132336
[thumbnail of III__METODOLOGI.pdf]
Preview
Text
III__METODOLOGI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of D_A_F_T_A_R___P_U_S_T_A_K_A.pdf]
Preview
Text
D_A_F_T_A_R___P_U_S_T_A_K_A.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of I__PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
I__PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of IV.pdf]
Preview
Text
IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of V.pdf]
Preview
Text
V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item