Pengaruh Paparan Berulang 0,2 ppm Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Berformalin Per Oral Selama 3 Bulan Terhadap Apoptosis Sel Hati Mencit (Mus Musculus) Betina.

AnangTrijayantoMulyo (2008) Pengaruh Paparan Berulang 0,2 ppm Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Berformalin Per Oral Selama 3 Bulan Terhadap Apoptosis Sel Hati Mencit (Mus Musculus) Betina. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengawetan ikan biasa dilakukan menggunakan es. Namun saat ini masyarakat pengolah ikan banyak menyalahgunakan penggunaan formalin sebagai pengawet ikan. Formalin dapat menyebkan kerusakan organ terutama hati. Efek paparan berulang ikan berformalin dengan konsentrasi yang digunakan dipasaran dalam jangka waktu tertentu menjadi hal yang menarik untuk diteliti sebagai pengetahuan bahaya penyalahgunaan formalin sebagai bahan tambahan makanan di pasaran. Penelitian skripsi ini di Laboratorium Biomolekuler Fakultas MIPA dan Laboratorium Biomedika Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang pada bulan November 2007 – Maret 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui efek akibat konsumsi ikan berformalin selama 1 bulan terhadap kerusakan makroskopis dan mikroskopis hati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Formalin berikatan silang dengan protein dan membentuk jembatan metilen. Asam amino pada ikan nila yang berikatan dengan formalin antara lain asam aspartat, serin, asam glutamat, threonin, arginin, prolin, sistein, dan metionin. Asam amino yang mengalami metilasi adalah arginin dan metionin. Paparan berulang 0,2 ppm ikan berformalin per oral selama 3 bulan tidak menyebabkan kerusakan hati secara makroskopis. Pengamatan mikroskopis pada sel hati menunjukkan adanya peningkatan jumlah sel apoptosis secara signifikan (p<0,05). Jika kita mengkonsumsi ikan yang ada dipasaran sebanyak 71g setiap hari selama tiga bulan, maka hal ini akan berpotensi menyebabkan kerusakan hati. Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang efek paparan berulang 0,2 ppm ikan berformalin per oral pada jangka waktu yang lebih lama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2007/190/050803744
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2009 14:19
Last Modified: 19 Oct 2021 17:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132317
[thumbnail of 050803744.pdf]
Preview
Text
050803744.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item