Analisis Potensi Dan Tingkat Pengusahaan Ikan Kembung (Rastrelliger Spp) Di Perairan Selat Bali

Nugraha, Bayu (2018) Analisis Potensi Dan Tingkat Pengusahaan Ikan Kembung (Rastrelliger Spp) Di Perairan Selat Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumberdaya perikanan pada dasarnya bersifat terbatas walaupun sumberdaya tersebut dapat pulih kembali. Meskipun sumberdaya ikan merupakan sumberdaya yang dapat pulih, namun apabila pengusahaan perikanan tidak diawasi, maka akan dapat mengakibatkan penangkapan berlebih yang pada gilirannya akan dapat merusak potensi sumberdaya ikan. Satu langkah yang baik jika kondisi sumberdaya ikan yang ada di suatu perairan dapat diduga dan diketahui seberapa jauh tingkat pemanfaatannya yang telah dilakukan, sehingga diketahui apakah eksploitasinya melebihidari potensi lestarinya atau tidak. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembatasan armada tangkap melalui ijin yang ketat, sehingga upaya pemanfataan sumberdaya ikan dapat berjalan terus menerus. Ikan kembung merupakan ikan pelagis kecil yang banyak tersebar diseluruh perairan Indonesia. Ikan kembung ini termasuk ikan yang memiliki nilai ekonomis, sehingga diperhitungkan oleh nelayan untuk menjadi salah satu komoditas mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi hasil tangkapan lestari (MSY) ikan kembung, jumlah tangkapan yang diperbolehkan (JTB) ikan kembung dan tingkat pengusahaan sumberdaya ikan kembung di perairan Selat Bali. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena dalam penelitian ini melakukan pengolahan data statistik perikanan berupa angka, serta menggunakan pendekatan model holistik dengan menggunakan metode surplus produksi untuk menduga nilai MSY dan metode Walter Hilborn untuk menduga potensi cadangan lestari. Pendugaan potensi tangkapan lestari ikan kembung (Rastrelliger spp) di perairan Selat Bali didapatkan nilai hasil tangkapan maksimum lestari (YMSY) sebesar 558,73 ton per tahun dan jumlah upaya penangkapan maksimum lestari (fMSY) sebesar 13.081 trip per tahun. Jumlah hasil tangkapan yang diperbolehkan (YJTB) sebesar 446,98 ton dan jumlah upaya penangkapan yang diperbolehkan (fJTB) sebesar 6.170 trip per tahun. Pendugaan potensi cadangan biomassa lestari ikan kembung (Rastrelliger spp) di perairan Selat Bali didapatkan sisa cadangan biomassa pada tahun 2016 sebesar 55% dari potensi cadangan lestari (Be) sebesar 5.238,33 ton dengan biomassa sebesar 2.855,94 ton, jumlah hasil tangkapan sebesar 1.846,89 ton dan laju pertumbuhan ikan sebesar 1.571,04 ton. Status pengusahaan ikan kembung (Rastrelliger spp) di perairan Selat Bali sudah mengalami Depleted, maka perlu dilakukannya pembatasan jumlah upaya penangkapan untuk memulihkan kembali sumberdaya ikan kembung.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/748/051810655
Uncontrolled Keywords: Sumberdaya perikanan, Penangkapan, Pemanfaatan, Ikan Kembung
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing > 639.27 Fishing for specific kinds of fishes > 639.277 82 Mackerel fishing / Mackerel fisheries
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:55
Last Modified: 09 Aug 2020 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13226
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item