Strategi Pemasaran Obat Herbal Studi Kasus Pada Perusahaan Obat Herbal Jamur Dewa Di Kabupaten Malang

Retno, Dyah Ayu Ken (2018) Strategi Pemasaran Obat Herbal Studi Kasus Pada Perusahaan Obat Herbal Jamur Dewa Di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Obat herbal telah menjadi alternatif pilihan pengobatan yang mulai dipertimbangkan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran obat herbal adalah PT. WXYZ yang berdiri mulai tahun 2016. Perusahaan ini adalah perusahaan distributor tunggal dari produk ekstrak Jamur Dewa yang diproduksi oleh PT. ASIMAS. Perusahaan masih tergolong baru dan belum bisa membuat suatu rancangan strategi yang tepat untuk produk obat herbal berbahan baku Jamur Dewa. Kondisi tersebut menyebabkan penjualan perusahaan yang fluktuatif dan profit perusahaan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan ekternal perusahaan dan mengetahui alternatif strategi pemasaran dan prioritas strategi yang tepat bagi PT. WXYZ melaui metode AHP-SWOT, sehingga penelitian ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan perusahaan dalam merencanakan strategi pemasarannya. Pendekatan penelitian menggunkan mix method kualitatif dan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan hanya PT.WXYZ saja yang menjual produk obat herbal Jamur Dewa di Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP-SWOT yaitu penggabungan metode AHP (Analitical Hierarchy Process) dan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity Threat). SWOT digunakan untuk menghasilkan alternatif steategi dengan mempertimbangkan faktor eksternal dan internal perusahaan. Sedangkan, analisis AHP digunakan dalam penentuan bobot dari tiap tingkatnya dan memberikan penilaian untuk mengetahui prioritas strategi yang dihasilkan dalam matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis strategi pemasaran obat herbal Jamur Dewa pada PT.WXYZ faktor internal kekuatan dengan nilai tertinggi yaitu faktor penjualan secara online lebih mudah dalam menjangkau konsumen (0,521), sedangkan faktor internal kelemahan tertinggi adalah kurangnya edukasi tentang khasiat jamur dewa kepada masyarakat (0,693). Faktor eksternal mencakup faktor eksternal peluang dengan nilai tertinggi yaitu banyak media promosi murah yang bisa digunakan (0,748), sedangkan untuk faktor ekternal ancaman yaitu peraturan pemerintah belum mendukung industri obat herbal (0,366). Berdasarkan hasil analisis posisi perusahaan berada pada kuadran konservatif yaitu perusahaan perlu meminimalkan kelemahan perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif strategi yang paling penting adalah strategi WO (Weaknesses-Opportunities) yaitu mengenalkan produk pada kegiatan Car Free Day atau event lain yang terdapat banyak calon konsumen potensial untuk menekan biaya promosi.

English Abstract

Medicinal herbs have become an alternative treatment option that began to be considered by the people of Indonesia. One of the companies engaged in the marketing of herbal medicine is PT. WXYZ which was established in 2016. This company is the single distributor company of Dewa Mushroom extract product manufactured by PT. ASIMAS. The company is still relatively new and has not been able to create a right design strategy for herbal medicine products made from Dewa Mushroom. The conditions make the fluctuation of company sales and corporate profits become not maximized. This study aims to determine the internal and external environmental conditions of the company and know the alternative marketing strategy and the right strategy priority for PT. WXYZ through AHP-SWOT method, so this research is expected to be the company's consideration in planning its marketing strategy. The research uses mix method that are qualitative and quantitative approaches. Location of determination of the study was done intentionally (purposive) with the consideration at PT. WXYZ only that sell herbal medicine products of Dewa Mushroom in Indonesia. Methods of data collection in the research consist of interviews, observation and documentation. The analysis method that used in this research is AHP-SWOT method that is unification of AHP (Analytical Hierarchy Process) and SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) methods. SWOT is used to produce alternative strategies by considering external and internal company factors. Meanwhile, AHP analysis is used in determining the weights of each level and provide an assessment to find out the priority of the strategies showed in the SWOT matrix. Based on the analysis of marketing strategy of herbal medicine of Dewa Mushroom at PT. WXYZ, the highest score of internal factor strength is online selling factor easier in reaching consumer (0,521), while the highest score of internal factor weakness is lack of education about Dewa mushroom beneficial to the society (0,693). External factors include the external factors opportunity with the highest value that is the increasing of cheap promotional media that can be used (0.748), while for threat external factors is government regulations that have not supported the herbal medicine industry yet (0.366). Based on the results of the company's position analysis on the conservative quadrant is, the company needs to minimize the weakness by maximizing the existing opportunities. The most important alternative strategy is the WO (Weaknesses-Opportunities) that is introducing products to Car Free Day activities or other events that have many potential customers to reduce promotional costs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/644/051809970
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Obat Herbal, Jamur
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Nov 2018 06:41
Last Modified: 19 Oct 2021 14:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13212
[thumbnail of DYAH AYU KEN RETNO.pdf] Text
DYAH AYU KEN RETNO.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (12kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item