Kajian Tentang Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras Berlabel Berdasarakan Levels Income (Studi Kasus Di Kecamatana Lowokwaru Kota Malang).

Prakasa, EmilAnanta (2017) Kajian Tentang Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras Berlabel Berdasarakan Levels Income (Studi Kasus Di Kecamatana Lowokwaru Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia menempati urutan ketiga sebagai produsen beras terbesar di dunia. Komoditas beras merupakan salah satu komoditas pangan yang mempunyai peranan penting baik dari sisi produsen, konsumen, pemerintah maupun masyarakat dan lingkungan secara umum. Berdasarkan sisi konsumen, konsumen Indonesia memiliki ketergantungan yang tinggi dalam mengkonsumsi beras, mengingat lebih dari 90 persen penduduk mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Masalah kualitas menjadi salah satu kriteria penting konsumen dalam memilih beras yang akan dikonsumsinya. Konsumen beras saat ini semakin mementingkan mutu dan melihat beras tidak hanya sebagai komoditas melainkan sebagai suatu produk dengan kriteria tertentu. Selain kualitas, faktor lain yang juga dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian adalah harga. Karakteristik konsumen beras terdiri dari berbagai tingkat pendapatan yang dapat dilihat berdasarkan pekerjaan, pendidikan, dan variabel kelas sosial lainnya. Perbedaan pendapatan yang diterima oleh seseorang menjadi salah satu indikator dalam perbedaan kelas sosial. Perbedaan pendapatan tersebut akan menyebabkan perbedaan pola konsumsi. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat perbedaan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi beras pada kelas sosial yang berbeda. Perlu dilakukan penelitian yang melihat karekteristik konsumen dalam pembelian beras. Penelitian ini fokus pada wilayah Kota Malang dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik konsumen beras berdasarkan tingkat pendapatan dan menganalisis atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian beras berlabel di Kota Malang. Penelitian ini di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur. Penentukan populasi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Non Probability Sampling. Hal tersebut dikarenakan populasi konsumen beras berlabel tidak diketahui secara pasti. Sedangkan untuk metode pengambilan sampel menggunkan Accidental Sampling. Pemilihan sampel didasarkan pada ketersediannya untuk dikaji. Metode yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, Skala Likert dan analisis faktor. Hasil dari penelian ini didapat bahwa konsumen kelas atas cenderung tidak sensitive terhadap harga dan memiliki tingkat pendidikan sarjana, sedangkan tingkat menengah mayoritas adalah lulusan SMA dan tingkat bawah adalah lulusan SD yang sama sama memiliki sensitivitas terhadap harga, namun tiap kelas merasa puas dengan konsumsi yang dilakukan terhadap beras yang dibeli. Harga merupakan atribut yang memiliki pengaruh paling besar dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli beras di Kota Malang, sedangkan varietas tidak dipertimbangkan oleh konsumen dikarenakan ketidak tahuan dan minimnya informasi terhadap varietas padi yang menghasilkan beras yang dikonsumsi oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/128/051702702
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Mar 2017 11:36
Last Modified: 19 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132035
[thumbnail of Cover_New.pdf]
Preview
Text
Cover_New.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_persetujuan.pdf]
Preview
Text
Lembar_persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item