Analisis Persepsi Kualitas Merek (Brand Perceived Quality) Benih Kubis Hibrida Menurut Petani (Kasus Di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu).

Lubis, AnitaRizky (2017) Analisis Persepsi Kualitas Merek (Brand Perceived Quality) Benih Kubis Hibrida Menurut Petani (Kasus Di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang diandalkan bangsa indonesia. Pertanian memberikan kontribusi yang signifikan terhadap devisa dan merupakan satu-satunya sektor yang bertahan disaat krisis ekonomi (Zulhadi, 2013). Sektor pertanian terbagi menjadi beberapa subsektor yang meliputi subsektor tanaman pangan, hortikultura, perikanan, peternakan, dan kehutanan (Sukanto dan Atmanti, 2011). Salah satu subsektor pertanian adalah hortikultura. Menurut Direktorat Jendral Hortikultura (2014) komoditas hortikultura memiliki keunggulan nilai jual yang tinggi, keragaman jenis, dan serapan pasar dalam dan luar negeri yang terus mengalami peningkatan, khususnya sayuran yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, bawang daun, kentang, kubis, kembang kol, sawi, wortel, lobak, kacang merah, kacang panjang, cabai besar. Ada empat jenis komoditas sayuran yang produksinya terus mengalami kenaikan setiap tahun yang terdiri dari komoditas bawang merah, kentang, kubis, dan cabai merah. Komoditas kubis merupakan komoditas sayuran yang memiliki jumlah produksi paling tinggi di Indonesia. Sentra produksi kubis terbesar di beberapa provinsi yakni, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Utara. Perkembangan produksi kubis di Indonesia khususnya provinsi Jawa Timur menyumbang rata-rata 203.572 ton per tahunnya dari tahun 2011 hingga 2015 (BPS, 2016). Tanaman kubis akan tumbuh dengan baik di wilayah dengan kriteria tanah gembur, mudah menahan air (sarang) dan tanah tersebut banyak mengandung humus. Tanaman tersebut menghendaki iklim dengan suhu relatif rendah, kelembaban tinggi dan tumbuh baik pada ketinggian 1500-2000 mdpl (BPS Kota Batu, 2015). Salah satu wilayah di Jawa Timur yang memenuhi kriteria tersebut adalah Kota Batu. Kota Batu terdiri dari 3 (tiga) kecamatan, yaitu : Kecamatan Batu, Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji. Kecamatan Bumiaji merupakan kecamatan di Kota Batu yang memiliki wilayah paling luas dan memiliki 9 desa dibanding dua kecamatan lainnya. Salah satu desa yang terbesar adalah Desa Sumberbrantas yang memiliki luas wilayah sebesar 541,1564 ha, memiliki tiga dusun yaitu Dusun Jurangkuali, Dusun Krajan, dan Dusun Lemah Putih. Desa Sumberbrantas ini juga merupakan sentra produksi kubis di Kota Batu (Balai Penyuluhan Pertanian,2015). Saat ini benih kubis hibrida yang beredar di pasaran terdiri dari banyak merek dan perusahaan. Namun, pada hasil survei benih hibrida yang paling banyak diminati adalah benih kubis hibrida merek Grand 11 dari PT.BISI International Tbk, dan ICON dari PT.Agri Makmur Pertiwi. Kedua merek tersebut memiliki posisi persaingan dan market share yang berlainan. Salah satu strategi untuk meningkatkan posisi persaingan dan market share ialah Persepsi Kualitas Merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi kualitas merek menurut petani kubis terhadap benih hibrida merek PT. BISI International Tbk dan PT. Agri Makmur Pertiwi berdasarkan atribut-atribut yang dipertimbangkan. ii Kasus yang digunakan berada di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Metode penentuan jumlah responden menggunakan pernyataan (Malhotra,1993) bahwa jumlah sampel yang diambil dapat ditentukan dengan cara mengalikan jumlah atribut dengan angka 5, yang mana dalam penelitian ini terdapat 11 atribut sehingga sampel yang digunakan yaitu 55 sampel, sedangkan jumlah populsi sebesar 973. Sampel diambil dengan metode simple random sampling karena populasi relatif homogen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Importance and Performance Analysis (IPA). Pada metode tersebut, tingkat kepentingan diukur dalam kaitanya dengan apa yang seharusnya dikerjakan oleh perusahaan. Persepsi kualitas merek dapat diketahui pada diagram kartesius di kuadran II. Sebelum itu, dilakukan pengujian atribut/variabel yang dipertimbangkan dengan Uji Cochran Q. Hasil dari penelitian ini adalah perbandingan atribut yang sama pada kedua merek. Atribut-atribut yang dipertimbangkan pada kedua merek tersebut, yaitu atribut merek, kemasan, label, harga, daya tumbuh, tahan terhadap OPT, mudah memperoleh informasi, mudah memperoleh benih, dan produksi kubis. Hasil yang didapatkan pada tingkat kesesuaian antara kepentingan dan kinerja, merek PT. BISI International Tbk memperoleh kategori sangat puas pada atribut merek, kemasan, harga, daya tumbuh, tahan terhadap OPT, kemudahan memperoleh benih dan produksi kubis. Sedangkan merek PT. Agri Makmur Pertiwi memperoleh kategori sangat puas pada atribut kemasan, label dan kemudahan memperoleh benih. Hasil analisis persepsi kualitas merek menunjukkan bahwa atribut merek PT. BISI International Tbk yang masuk pada kuadran II diagram kartesius adalah atribut merek, harga, tahan terhadap OPT dan produki kubis. Sedangkan atribut merek PT. Agri Makmur Pertiwi yang masuk pada kuadran II diagram kartesius adalah atribut merek. Petani kubis memiliki presepsi bahwa atribut-atribut tersebut mempunyai kualitas yang sangat baik. Atribut yang masuk pada kuadran I menjadi prioritas utama bagi perusahaan untuk melakukan perbaikan atas atribut merek. Atribut merek PT. Agri Makmur Pertiwi yang masuk pada kuadran I diagram kartesius adalah harga, tahan terhadap OPT dan produksi kubis sedangkan merek PT. BISI International Tbk tidak memiliki atribut yang masuk pada kuadran I. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa merek PT. BISI International Tbk mempunyai persepsi kualitas yang relatif lebih baik dibanding merek PT. Agri Makmur Pertiwi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/116/051702521
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Mar 2017 08:23
Last Modified: 19 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132024
[thumbnail of ANITA_RIZKY_LUBIS_-_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ANITA_RIZKY_LUBIS_-_SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item