Kajian Sifat Fisik Tanah Pada Berbagai Umur Tanaman Kayu Putih (Melaluca cajuputi) di Lahan Bekas Tambang Batubara PT Bukit Asam (Persero)

SaurmariaMalau, Ruth (2017) Kajian Sifat Fisik Tanah Pada Berbagai Umur Tanaman Kayu Putih (Melaluca cajuputi) di Lahan Bekas Tambang Batubara PT Bukit Asam (Persero). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan penambangan biasanya dilakukan dengan cara pembukaan hutan, pengikisan lapisan-lapisan tanah, pengerukan dan penimbunan (Abubakar, 2009). Kondisi lahan yang telah ditambang berupa timbunan memiliki kandungan logam berat dari produksi batubara dapat mencemari tanah, kepadatan tanah tinggi akibat penggunaan alat berat, terjadi proses pembalikan dan penumpukan tanah atas (top soil) dengan tanah bawah (sub soil), serta aerasi dan drainase yang buruk. Guna mengatasi hal tersebut, maka dilakukan reklamasi dengan tanaman Kayu Putih (Melaleuca cajuputi) merupakan salah satu tanaman yang mampu berkembang baik dilahan bekas tambang PT Bukit Asam, Tbk. Tanaman Kayu Putih dapat tumbuh di dataran rendah sampai 400 m dpl, di dekat pantai di belakang hutan bakau, di tanah rawa, atau membentuk hutan kecil di tanah kering sampai basah (Agoes, 2010). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh reklamasi terhadap perkembangan sifat fisik tanah di lahan bekas tambang batubara dan (2) mengetahui pengaruh umur tanaman reklamasi kayu putih (Melaleuca cajuputi) terhadap perubahan sifat fisik tanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan ialah metode survei dengan cara membandingkan 3 plot yang memiliki perbedaan umur dari tanaman Kayu Putih dengan perhitungan rata-rata dan standar deviasi, dilanjutkan dengan korelasi dan regresi untuk hubungan antar sifat fisik tanah. Ketiga plot tersebut meliputi RKP1 (Reklamasi Kayu Putih 1 tahun), RKP3 (Reklamasi Kayu Putih 3 tahun) dan RKP5 (Reklamasi Kayu Putih 5 tahun). Pada tiap plot terdapat 5 kali ulangan dalam pengambilan sampel tanah fisik menggunakan sampel ring dan kimia secara komposit. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi perbedan sifat fisik tanah yang signifikan. Seiring dengan lamanya umur tanaman di lahan reklamasi kayu putih mengalami perbaikan sifat fisik tanah. Tekstur tanah pada umur 5 tahun semakin heterogen dengan kandungan pasir naik hingga 19,3%. Porositas dan konduktivitas hidraulik jenuh meningkat berbanding lurus dengan kadar C-Organik tanah. Bobot isi dan bobot jenis mengalami penurunan. Nilai kemasaman mengalami penurunan, namun tidak berpengaruh nyata pada uji t antar umur tanaman reklamasi. Penurunan juga terjadi pada tingkat kadar air yang disebabkan bertambahnya umur tanaman akar akan semakin mudah menyerap air serta penambahan bahan organik menambah aktivitas organisme dalam tanah dan seresah tanaman yang dapat melindungi tanah dari pukulan air secara langsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/103/051702433
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 15 Mar 2017 13:58
Last Modified: 22 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132009
[thumbnail of SKRIPSI_RUTH_SAURMARIA_MALAU.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RUTH_SAURMARIA_MALAU.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item