Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Beras Berlabel di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang

Hendriastuti, Mukhlisa (2016) Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Beras Berlabel di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia mempertahankan kelangsungan hidup dengan berusaha memenuhi kebutuhan primernya, dan salah satu kebutuhan primer tersebut adalah makanan. Kebutuhan akan makanan pokok setiap penduduk di dunia satu sama lain berbeda-beda. Beras atau nasi merupakan salah satu makanan pokok yang juga merupakan makanan pokok penduduk Indonesia. Masyarakat mulai menyadari pentingnya kualitas suatu produk. Menurut McCluskey dan Loureiro (2003) dalam Syahrir et al. (2015) konsumen semakin berminat pada produk pangan berlabel menyusul meningkatnya kesadaran untuk hidup yang lebih sehat, aman dan lebih ramah lingkungan. Pemberian label sudah dilakukan pada komoditas beras, hal ini dapat terlihat dengan banyaknya beras berlabel yang diperjual belikan di pasaran, akan tetapi permasalahan yang sering terjadi pada beras berlabel yaitu produk beras berlabel yang ada di pasaran terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen. Faktanya, selama ini harga beras berlabel di pasaran selalu mengalami peningkatan walaupun nilainya tidak besar. Semakin tinggi harga beras berlabel memengaruhi kesediaan membayar (willingness to pay) konsumen beras berlabel. Disamping itu konsumen beras terdiri dari berbagai tingkat yang dapat dilihat berdasarkan pekerjaan, pendapatan, dan variabel kelas sosial lainnya.Perbedaan pendapatan yang diterima oleh seseorang menjadi salah satu indikator dalam perbedaan kelas sosial. Perbedaan pendapatan tersebut akan menyebabkan perbedaan pola konsumsi. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat perbedaan nilai willingness to pay (WTP) pada beras berlabel pada kelas sosial berbeda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengestimasi nilai kesediaan membayar (willingness to pay) konsumen beras berlabel berdasarkan tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan pekerjaan di pasar tradisional dan modern Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang berdasarkan tingkat pendapatan. Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional dan pasar modern Kecamatan Karangploso yang menjual beras berlabel di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) karena penduduk di Kecamatan Karangploso lebih beragam dari tingkat pendidikan, pekerjaan, dan status sosial. Penentuan responden untuk konsumen beras berlabel dilakukan secara accidental sampling. Dari penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 23-30 Maret 2016 didapatkan sampel sebanyak 90 responden, 50 diantaranya merupakan responden beras label di pasar tradisional dan 40 responden di pasar modern. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada dua pendekatan yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik respon beras berlabel dan metode lelang (ascending auctions) digunakan untuk mengetahui nilai WTP responden beras berlabel. Hasil analisis deskriptif karakteristik responden konsumen beras berlabel yang paling banyak adalah responden yang berjenis kelamin perempuan, sudah menikah, berusia lebih dari 30-49 tahun, pendidikan terakhir tingkat SMA, sebagai ibu rumah tangga dengan jumlah anggota keluarga antara 3 sampai 5 orang dan memiliki pendapatan keluarga sebesar Rp 2.000.000-Rp 4.000.000 dalam sebulan. Nilai WTP tertinggi di pasar tradisional berdasarkan tingkat pendapatan sebesar Rp 11.500 per kilogram yaitu pada konsumen dengan pendapatan Rp 10.000.000-Rp 15.000.000 per bulan. Sedangkan di pasar modern, nilai WTP di tiap tingkat pendapatan relatif meningkat dengan nilai maksimum WTP sebesar Rp 18.600, yaitu pada tingkat pendapatan Rp 10.000.000-Rp15.000.000 per bulan. konsumen beras berlabel di pasar tradisional bersedia membayar beras berlabel dengan kenaikan harga tertinggi yaitu 12,75 persen dari harga aktual pembelian yaitu naik sebesar Rp 1.300 per kilogram. Sedangkan di pasar modern WTP yang bersedia dibayar konsumen yaitu 5, dari harga aktual beras yang dibeli. Nilai WTP tertinggi berdasarkan tingkat pendidikan di pasar tradisional sebesar Rp 10.828 yaitu pada konsumen dengan tingkat pendidikan SMA. Sedangkan di pasar modern nilai WTP tertinggi sebesar Rp 17.062,25 yaitu pada konsumen dengan tingkat pendidikan Sarjana. persentase kenaikan harga tertinggi yang masih diterima oleh konsumen beras berlabel di pasar tradisional berdasarkan tingkat pendidikan yaitu 12,43 persen. Sedangkan persentase kenaikan harga tertingggi yang masih diterima oleh konsumen beras berlabel di pasar modern berdasarkan tingkat pendidikan yaitu 6,52 persen dari harga aktual pada tingkat pendidikan Pascasarjana. Di pasar tradisional pegawai swasta sebagai konsumen yang bersedia membayar beras berlabel dengan harga tertinggi diantara jenis pekerjaan yang lain yang Rp 10.880 per kilogram beras berlabel. Sedangkan di pasar modern, seorang konsumen yang berkerja sebagai PNS yang bersedia membayar dengan harga tertinggi diantara jenis pekerjaan lainnya yaitu Rp 15.139,6 per kilogram. Kenaikan harga beras berlabel di pasar tradisional lebih besar dari pada kenaikan harga di pasar modern. Konsumen pasar tradisional masih bersedia membayar beras berlabel sampai kenaikan 8,78 persen dari harga aktual. Sedangkan di pasar modern konsumen bersedia membayar 6,52 persen dari harga aktual. Saran berdasarkan hasil penelitian yaitu pada pasar tradisional produsen diharapkan melakukan peningkatan kualitas beras berlabel untuk meningkat permintaan beras berlabel dan menetapkan harga jual sesuai dengan sasaran pemasaran. Sedangkan di pasar modern, produsen diharapkan untuk menjaga dan mempertahankan kualitas dari beras berlabel. Penetapan harga harus dilakukan secara hati-hati mengingat persentase kenaikan harga beras berlabel yang bersedia dibayarkan konsumen sangat kecil.

English Abstract

Humans maintain their viability by trying to satisfy their primary needs, and one of the primary needs is food. Every populations in the world have different staple foods need. Rice is a staple food of Indonesian population. People are starting to realize the importance of the product’s quality. According to McCluskey and Loureiro (2003) in Syahrir, et al. (2015), consumers are increasingly interested in food products labeled amid rising awareness to live a healthier, safer and more environmentally friendly. The labeling has been done on rice commodity, it can be seen with many labeled rice is traded on the market, but the problems that often occur in rice labeled that label rice products on the market sometimes do not correspond to what consumers expect. In fact, during this time labeled rice prices in the market always increasing, although its value is not great. The higher the price of rice labeled affects the willingness to pay labeled rice consumers. Besides, consumers of rice consists of various levels that can be seen by employment, income, and other social class variable. Besides, Rice consumers consist of various levels that it can be seen by their jobs, incomes, and other social class variables. Difference income of person can be an indicator of social class differences. It will cause the differences of consumption patterns. Under these conditions, there is a difference in the value of willingness to pay (WTP) on labeled rice in different social classes. The purpose of this study is to estimate the willingness to pay consumers of labeled rice based on income level, education level and job in traditional and modern markets of Karangploso District of Malang. This research conducted in traditional and modern markets Karangploso Subdistrict and the stalls are selling labeled rice in Karangploso Subdistrict of Malang. The location choices deliberately (Purposive) because the population in Karangploso more diverse of educational level, occupation, and social status. Respondent finding of labeled rice consumers conducted as accedential sampling. On March 23 to 30, 2016, this research obtained samples 90 respondents, 50 of them are respondents of labeled rice in the traditional markets and 40 respondents in the modern markets. The analysis of this research use two approaches that are descriptive analysis to determine the response characteristics of labeled rice and auction method (ascending auctions) used to know WTP values respondents of labeled rice. Descriptive analysis characteristics of consumer respondents of labeled rice the most are female, already married, aged over 30-49 years, education past high school level, as housewives with family members between three to five people and they have a family income of Rp. 2,000,000 to Rp. 4,000,000 a month. The highest WTP value in traditional markets based on income level are Rp. 11,500/kg i.e. the income of consumers of Rp. 10,000,000 to Rp 15,000,000 a month. While in the modern market, the value of WTP in each level income increased relative with the maximum value of WTP is Rp 18,600, i.e. at the level of income of Rp 10,000,000 to Rp15,000,000 a month. The consumers of labeled rice in the traditional market are willing to pay labeled rice with the highest price increase about 12.75 percent from the actual purchase price is Rp 1,300 per kg. While in the modern market is willing to pay WTP consumers about 5.6 percent from the actual price of rice. The highest WTP value based on education level in the traditional markets of Rp 10,828, on the consumers in senior high school level. While the highest WTP value in modern markets of Rp 17,062.25, on consumers in bachelor degree level. The highest percentage of price increase is still accepted by consumers of labeled rice in the traditional market based on level of education, about 12.43 percent. While the percentage price increase tallest is still accepted by consumers of labeled rice in modern market based on education level, about 6.52 percent from the actual price at the level of postgraduate. Private employees in the traditional market as consumers are willing to pay for the labeled rice with the highest prices among other types of jobs about Rp 10,880 per kg of labeled rice. While in the modern market, the consumers who work as civil servants are willing to pay the highest price among other types of job about 15,139.6 per kg. The increase of labeled rice prices in the traditional market is bigger than the increase prices in the modern markets. The costumers of traditional markets are still willing to pay for the labeled rice about 8.78 percent of the actual price. While in the modern market consumers are still willing to pay about 6.52 percent of the actual price. The suggestion based on the results of this research that the traditional market producers is expected to improve the quality of labeled rice for increased demand for labeled rice and set the selling price accordance with the target of marketing. While in the modern market, the producers are expected to save and maintain the quality of labeled rice. Pricing should be done carefully considering the percentage increase in the price of labeled rice willing price paid by consumers is very small.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/823/051610702
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 Jan 2017 10:17
Last Modified: 20 Oct 2021 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131825
[thumbnail of 3.ISI_JURNAL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3.ISI_JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4.BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
4.BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.BAB_III_KONSEP_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
6.BAB_III_KONSEP_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI_SKRIPSI_DLL.pdf]
Preview
Text
3.KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI_SKRIPSI_DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
5.BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB_VI_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
9.BAB_VI_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.BAB_V_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
8.BAB_V_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12.LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 10.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.COVER_SKRIPSI,_SURAT_PERNYATAAN,_PERNYATAAN_DLL.pdf]
Preview
Text
1.COVER_SKRIPSI,_SURAT_PERNYATAAN,_PERNYATAAN_DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7.BAB_IV_METODE_PENELIAN.pdf]
Preview
Text
7.BAB_IV_METODE_PENELIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
2.RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item