Volatilitas Harga Cabai Rawit (Capsicum frutescens) di Jawa Timur

Aliannur (2016) Volatilitas Harga Cabai Rawit (Capsicum frutescens) di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cabai rawit (Capsicum frutescens) adalah salah satu komoditas sayuran yang strategis dan komoditas ini sering membuat masyarakat resah akan harga yang beredar di pasar. Pada hampir semua kota besar pernah mengalami lonjakan harga cabai rawit yang cukup tinggi. Pada beberapa kota harga cabai rawit per kilogram bisa mencapai Rp. 100.000,00 (News Liputan 6, 2014). Masyarakat Indonesia menggunakan cabai rawit sebagai bumbu masakan, penyedap rasa, serta menambah selera makan. Manfaat yang banyak ini semakin meningkatkan peran penting cabai rawit menjadi komoditas yang strategis dalam perekonomian Nasional. Peran penting cabai rawit sejalan dengan semakin meningkatnya tingkat permintaan masyarakat. Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) – Badan Pusat Statistik (BPS) (2014), konsumsi cabai rawit selama periode tahun 2002– 2013 relatif berfluktuasi namun cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2002, konsumsi rumah tangga cabai rawit mencapai 1,126 kg/kapita kemudian berfluktuasi namun cenderung meningkat menjadi sebesar 1,272 kg/kapita pada tahun 2013 atau rata-rata naik sebesar 1,80% per tahun. Peningkatan konsumsi cabai rawit diprediksikan masih akan terjadi pada tahun 2014 dan 2015 sehingga menjadi sebesar 1,395 kg/kapita atau naik 9,64% dibandingkan tahun 2013. Berdasarkan basis data statistik pertanian hasil publikasi Pusat Data dan Informasi Pertanian (2014), jumlah luas panen tanaman cabai rawit di Indonesia pada beberapa tahun ini mengalami kenaikan. Pada tahun 2012 luas lahan tanaman cabai rawit adalah 122.091 Ha dan pada tahun 2013 luas lahan adalah 125.122 Ha atau naik sebesar 2,48%. Begitu juga dengan jumlah produksi tanaman cabai rawit di Indonesia yang mengalami kenaikan. Pada tahun 2012 produksi tanaman cabai rawit adalah 702.214 Ton dan pada tahun 2013 jumlah produksi adalah 713.502 Ton. Berbeda dengan hasil produktivitas tanaman cabai rawit di Indonesia tahun 2012 mencapai 5.75 Ton/Ha, sedangkan pada tahun 2013 turun menjadi 5.70 Ton/Ha. Hasil produktivitas tanaman cabai rawit yang memiliki tingkat penurunan sebesar -0,87% dari hasil tahun 2013 terhadap hasil tahun 2012. Hal ini akan berdampak terhadap persediaan cabai di masyarakat. Berdasarkan hasil publikasi dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian dalam Buletin Konsumsi Pangan Volume 5 Nomor 2 (2014), selama periode tahun 2010–2012 terdapat realisasi impor cabai dengan kuantitas yakni berkisar antara 131–165 ribu ton. Pada tahun berikutnya yakni tahun 2013-2016, impor cabai Indonesia diprediksi berkisar 23–100 ribu ton. Berdasarkan data diatas telah terjadi peningkatan kebutuhan akan komoditas cabai rawit, tetapi permintaan terhadap cabai rawit untuk kebutuhan sehari-hari dapat terus berfluktuasi, yang disebabkan karena tingkat harga yang terjadi di pasar eceran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui volatilitas harga cabai rawit pada tingkat produsen di Jawa Timur. (2) Mengetahui volatilitas harga cabai rawit pada tingkat konsumen di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersifat time series berupa data harga bulanan. Data yang dikumpulkan adalah data harga cabai rawit pada tingkat produsen dan konsumen meliputi periode harga bulanan dari bulan Januari tahun 2008 sampai dengan bulan Desember tahun 2014. Sumber data yang digunakan berasal dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Kantor Badan Pusat Statistik di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis dengan model Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (ARCH)/ Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH). Sebelum melakukan pengujian data menggunakan model tersebut, tahap yang dilakukan adalah pengujian stasionesitas, pemilihan model ARIMA terbaik, pengujian heteroskedastisitas, pengujian ARCH Effect dan terakhir melakukan analisis ARCH/GARCH Methode. Hasil penelitian ini dapat diketahui dari penjumlahan antara koefisien ARCH (keragaman data) dengan koefisien GARCH (keragaman residual sebelumnya). (1) Hasil analisis harga cabai rawit di tingkat produsen mempunyai nilai volatilitas mencapai 0,862766. Hasil penjumlahan yang kurang dari 1 menunjukkan volatilitas harga cabai rawit pada tingkat produsen di Jawa Timur yang terjadi rendah (low volatility). Hasil ini menginterpretasikan bahwa perubahan harga terjadi hanya pada periode tertentu dengan waktu yang relatif singkat. Nilai koefisien ARCH () signifikan karena probabilitas < 0,10 yaitu 0.0594 menginterpretasikan bahwa hasil pengujian yang telah dilakukan signifikan pada tingkat kepercayaan 90% dan koefisien GARCH (β) signifikan karena probabilitas < 0,05 yaitu 0.0053 menginterpretasikan bahwa hasil pengujian yang telah dilakukan signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. (2) Hasil analisis harga cabai rawit di tingkat konsumen mempunyai nilai volatilitas mencapai 1,05128. Hasil penjumlahan yang lebih dari 1 menunjukkan volatilitas harga cabai rawit pada tingkat konsumen di Jawa Timur yang terjadi tinggi (high volatility). Hasil ini menginterpretasikan bahwa terjadi perubahan harga secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi selama kurun waktu yang cukup lama. Nilai koefisien ARCH () signifikan karena probabilitas < 0,05 yaitu 0.0020 menginterpretasikan bahwa hasil pengujian yang telah dilakukan signifikan pada tingkat kepercayaan 95% dan koefisien GARCH (β) signifikan karena probabilitas < 0,05 yaitu 0.0000 menginterpretasikan bahwa hasil pengujian yang telah dilakukan signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Saran yang diajukan oleh penulis dalam menghadapi permasalahan harga cabai rawit pada tingkat produsen dan konsumen di Jawa Timur adalah (1) Pemerintah selaku pembuat kebijakan atau keputusan agar membentuk tim yang turun langsung memantau pergerakan harga untuk diinformasikan kepada petani atau membuat sistem agar petani mudah mendapatkan informasi. (2) Pemerintah selaku pembuat kebijakan atau keputusan agar membentuk tim yang turun langsung memantau pergerakan harga di pasar-pasar untuk melakukan operasi pasar agar pihak konsumen tidak dirugikan apabila terjadi kenaikan harga cabai rawit yang ekstrim. (3) Peranan kelompok-kelompok tani dan kelembagaan diperkuat sehingga dapat memperkuat posisi tawar petani di Jawa Timur, sehingga petani tidak hanya berperan sebagai penerima harga saja (price taker).

English Abstract

Cayenne pepper (Capsicum frutescens) is one of strategic vegetables commodities and these commodities often makes people uneasy going price in the market. In almost all major cities experienced of price hikes of cayenne pepper is quite high. In some cities, the price of chili per kilogram can reach Rp 100.000,00 (News of Liputan 6, 2014). Indonesian using cayenne pepper as cooking seasoning, flavoring and increase appetite. The many benefits that further enhance the important role of cayenne pepper into a strategic commodities in the National economy. The critical role of cayenne pepper in line with the increasing level of public demand. Based on the results of the National Socioeconomic Survey (SUSENAS) - The Central Statistics Agency (BPS) in Data and Information Center of Agriculture (2014), cayenne pepper consumption during the period of 2002-2013 relative to fluctuate but tend to increase from year to year. In 2002, household consumption toward cayenne pepper reaches 1,126 kg/capita then fluctuate but tend to increase and reached 1.272 kg/capita in 2013, or an average increase of 1.80% per year. Increased consumption of cayenne pepper predicted to happen in 2014 and 2015 thus amounted to 1,395 kg/capita or up 9.64% compared to 2013. Based on statistical data bases of agricultural result of publications of Data and Information Center of Agriculture (2014), the amount of harvested area of cayenne pepper plant in Indonesia in recent years has increased. In 2012 the land area of cayenne pepper plant is 122.091 ha and in 2013 the land area is 125.122 ha, or increase of 2.48%. Likewise the number of cayenne pepper plant production in Indonesia has increased. In 2012 the production of cayenne pepper plant is 702.214 tons and in 2013 the total production was 713.502 tons. In contrast to the productivity of cayenne pepper plant in Indonesia in 2012 reached 5.75 tons / ha, whereas in 2013 dropped to 5.70 tons / ha. Results of cayenne pepper plant productivity that has a level of decreased by -0.87% from the year 2013 to the results of 2012. This will affect the supply of cayenne pepper in the society. Based on the results of the publication of the Center for Data and Information System for Agriculture in the Bulletin of Food Consumption Volume 5 No. 2 (2014), during the period 2010-2012 there is a realization that imports of chilli with a quantity ranging between 131-165 thousand tons. In the next year, the year of 2013-2016, the import of chilli of Indonesia is predicted to range from 23- 100 thousand tons. Based on the above data has been an increased of demand for commodities of cayenne pepper, but the demand for cayenne pepper for daily needs can continue to fluctuate, which caused the price level that occurred in the retail market. The purpose of this study were (1) Knowing the volatility of the price of cayenne pepper at the producer level in East Java. (2) Knowing the volatility of the price of cayenne pepper at the consumer level in East Java. This study uses secondary data are time series in the form of monthly price data. The data collected is data of cayenne pepper prices at the producer and consumer level monthly price covering the period from January 2008 to December 2014. The data used comes from the Central Statistics Agency in Surabaya, East Java province, the Office of the Central Bureau of Statistics in Jakarta. This study used analysis method with Autoregressive Conditional Heteroscedasticity models (ARCH)/Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH). Before conducting the test data using the model, the step is testing phase of stasionesity, best ARIMA model selection, testing of heteroscedasticity, testing of ARCH Effect and final testing analysis of ARCH/GARCH Methode. The results can be known from the sum of the coefficients of ARCH (diversity data) with a coefficient of GARCH (previous residual diversity). (1) The results of the analysis of cayenne pepper price at the producer level has a volatility value reached 0.862766. The sum of less than 1 indicates the volatility of the price of cayenne pepper at the producer level in East Java which occur is low (low volatility). These results interpret that price changes occur only at a certain period in a relatively short time. ARCH coefficient value () is significant because of the probability is <0.10 that is 0.0594 interpret that the test results have been done significant at 90% confidence level and GARCH coefficient (β) is significant because of the probability is <0.05 that is 0.0053 interpret the results of the testing that have been done significant at the 95% confidence level. (2) The results of the analysis of cayenne pepper prices at the consumer level has a volatility value reached 1.05128. The sum is more than 1 indicates the volatility of the price of cayenne pepper at the consumer level in East Java which occur is high (high volatility). These results are interpreted that price changes occur suddenly and can not be predicted for a long enough period of time. ARCH coefficient value () is significant because of the probability is <0.05 that is 0.0020 interpret that the test results have been done significant at 95% confidence level and GARCH coefficient (β) is significant because of the probability is <0.05 that is 0.0000 interpret the results of the testing that have been done significant at the 95% confidence level. Suggestions put forward by the authors in dealing with problems of the price of cayenne pepper at the level of producers and consumers in East Java are (1) the Government as policy decision-makers in order to form a team that fell directly monitor the price movement to be informed to the farmers or to make the system so that farmers easily get information, (2) The Government as a policy or decision-makers in order to form a team that fell directly monitor price movements in the markets do the market operations so that consumers are not harmed in case of price increases of cayenne pepper extremely. (3) The role of farmer groups and institutions be strengthened so as to strengthen the bargaining position of farmers in East Java, so that farmers do not only act as a receiver of price (price taker).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/822/051610701
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 Jan 2017 10:02
Last Modified: 20 Oct 2021 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131824
[thumbnail of ALIANNUR_115040102111003.PDF]
Preview
Other
ALIANNUR_115040102111003.PDF

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item