Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri Makanan Jenang Jubung Skala Kecil Menengah (Studi Kasus di UMKM Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik)

SarilFitroni, Achmad (2016) Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri Makanan Jenang Jubung Skala Kecil Menengah (Studi Kasus di UMKM Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri Jenang Jubung merupakan suatu usaha di sektor pertanian dengan skala kecil dan menengah dikemas dalam bentuk usaha makanan yang tumbuh dan berkembang di kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Dalam jangka panjang, usaha Jenang Jubung mempunyai tujuan menjadikan lebih besar baik dalam jumlah produksi serta penyerapan tenaga kerja dan menjadikan makanan oleh-oleh ini lebih dikenal serta digemari oleh konsumen pecinta kuliner khususnya makanan tradisional di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu strategi yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif maupun komparatif dalam menghadapi persaingan dan mampu memasuki pasar yang lebih luas serta diperlukan pengkajian mengenai “Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri Makanan Jenang Jubung Skala Kecil Menengah”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk : (1) Menganalisis kondisi lingkungan internal dan external pada usaha industri Jenang Jubung di Kabupaten Gresik, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha industri Jenang Jubung, (3) Menganalisis rumusan startegi yang cocok diterapkan untuk pengembangan usaha industri Jenang Jubung. Analisis yang digunakan adalah Analisis IFE (Internal Factor Evaluation), Analisis EFE (External Factors Evaluation), Analisis Matriks IE (Internal-External), Analisis Matriks Grand Strategy, Analisis Matriks SWOT, Analisis Matriks QSPM (Quantitative Strategy Planning Matrix) dan hasil yang diperoleh adalah : 1. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal melalui pendekatan, maka terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh UMKM Jenang Jubung di Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Adapun kekuatan yang dimiliki yaitu (a) Tersedianya bahan baku yang mencukupi, (b) Adanya ijin usaha, (c) Memiliki sertifikat produk, (d) Harga produk yang relatif terjangkau dan (e) Sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan hal yang menjadi kelemahan adalah (a) Struktur organisasi yang kurang baik, (b) Ketahanan produk, (c) Lokasi produksi dan pemasaran kurang strategis, (d) Distribusi pemasaran kecil dan (e) Administrasi belum tercatat dengan baik. Berdasarkan hasil analisis lingkungan eksternal terdapat peluang bagi perusahaan yaitu (a) Membukanya lapangan pekerjaan baru, (b) Citra makanan tradisional semakin populer, (c) Ketersediaan tenaga kerja melimpah, (d) Perekonomian yang stabil dan (e) Lokasi wisata ziarah dan bisnis. Sedangkan yang menjadi ancaman adalah (a) Adanya produk pesaing, (b) Persaingan antar kompetitor sejenis, (c) Selera konsumen yang berubah-ubah, (d) Kenaikan harga BBM dan (e) Kenaikan harga bahan baku. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam perkembangan usaha industri UMKM Jenang Jubung diantaranya pada segi kekuatan (Strength) yang paling dominan adalah sarana dan prasaran dengan nilai 0,80 poin, kemudian pada segi kelemahan (Weakness) yang paling dominan adalah ketahanan produk dengan nilai 0,02 poin, lalu pada segi peluang (Opportunity) yang paling domonan adalah citra makanan tradisional dengan nilai 0,80 poin dan pada segi ancaman (Threats) yang paling dominan adalah adanya produk pesaing dengan nilai 0,02 poin. 3. Strategi yang dapat diterapkan oleh UMKM Jenang Jubung di Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik berdasarkan hasil rumusan analisis SWOT dan QSPM terdapat tiga strategi utama yaitu : (a) Melakukan penetrasi pasar dengan membuka otlet baru dengan lokasi yang tidak jauh dari lokasi tempat wisata; (b) Mengoptimalkan penggunan teknologi dalam hal promosi produk dan menyediakan pelayanan delivery order kepada konsumen; (c) Mengembangkan produk agar mampu meningkatkan mutu dan ketahanan baik dari segi kemasan serta isi sehingga produk lebih tahan lama dengan menggunakan bahan alami tidak berbahaya. Saran yang bisa diberikan bagi praktisi adalah (1) Untuk UMKM Jenang Jubung diperlukan kegiatan promosi yang tepat sasaran dalam rangka memperluas jangkauan pasar dan menambah modal usaha, misalnya dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah untuk menunjang kegiatan pengembangan. Selain itu perlu adanya peningkatan nilai jual produk dengan cara membuat produk tersebut dapat bertahan lebih lama menggunakan bahan alami yang tidak berbahaya, (2) Untuk pemerintah daerah agar selalu mendukung dan memfasilitasi para pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan usahanya dan memberikan pelatihan bisnis usaha agar produktifitas tenaga kerja semakin baik, (3) Penelitian lanjutan mengenai keterkaitan antara kualitas produk dan segmentasi pasar perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah dari UMKM Jenang Jubung.

English Abstract

Jenang Jubung industry is a small and middle business of agricultural sector. It is designed as food business which grows and develops in Gresik Sub-district, Gresik Regency. In long period, it aims to grow and expand bigger special for production unit number and for employment. Moreover, it aims to make this food souvenir more popular for people who like exploring food taste special for Indonesian traditional food. Therefore, it is needed a strategy which can enhance either the competitive quality or comparative quality to face competition and to participate in wider market. Moreover, it is needed to conduct study about “Business Development Strategies In The Small And Medium Scale Food Industry Of Jenang Jubung”. This study aims to (1) Analyze internal and external factors of Jenang Jubung business industry in Gresik Regency, (2) Analyze influential factors of development of Jenang Jubung business industry, (3) Analyze strategy formulation which is suitable for the development of Jenang Jubung business industry. The analyses include IFE analysis (Internal Factor Evaluation), EFE analysis (External Factors Evaluation), Matrix IE analysis (Internal-External), Matrix Grand Strategy analysis, Matrix SWOT analysis, Matrix QSPM analysis (Quantitative Strategy Planning Matrix) and the results are : 1. Based on approad-internal inviroment analysis, there are some strengths and weaknesses owned by MSMEs Jenang Jubung in Gresik Regency. Those strengths include (a) Sufficient basic material, (b) Business licency, (c) Product certificate, (d) Less expensive product, (e) Good infrastructure. Meanwhile, the weaknesses include (a) Bad organization structure, (b) The product tenacity is less good, (c) The production and the marketing are not located strategically, (d) Marketing distribution is small and (e) The administration isn’t recorded well. Based on approached-internal inviroment analysis, there are opportunities for company such as (a) Provide new job opportunities, (b) The more popular food taste, (c) Many employers, (d) Stable economic condition (e) The location of funeral visit and business. Meanwhile, the threats are (a) Rival product (b) The competiton among same rivals (c) The raising of BBM price (d) The raising price of basic material. 2. The dominant influential factors of the development by MSMEs Jenang Jubung on it’s strength is the infrastructure with a value of 0,80 points. For the weakness is less good product endurance with a value of 0,02 points. For the opportunity is the traditional food taste with a value of 0,80 points and for the threat is there is rivals product with a value of 0,02 points. 3. The strategies which can be implemented by MSMEs Jenang Jubung in Gresik Sub-district, Gresik Regency based on the result of SWOT analysis and QSPM analysis are (a) Conducting market penetration by opening new outlet which is located not far from tehe location of tourism object; (b) Optimalizing technology use in case of promoting product and delivery order service for consumer; (c) Developing product in order to enhance the quality and the endurance of it’s design and content in order to be durable by using natural ingredients which are save. The suggestion for the business practitioners are (1) For MSMEs Jenang Jubung, it needs to make suitable promotion activity to expand market and to increase business capital, for example work together with local government to support the business development. Furthermore, it is important to create high product unit seller by making the product more endurable with save natural chemical, (2) For local government, it needs to keep supporting and provide facility for MSMEs practitioners in expanding their business and provide upgrading for better employer quality, (3) For further researchers about the need to study about the relation between product quality and market segmentation to enhance the additional value of MSMEs Jenang Jubung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/755/051609559
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 14 Feb 2017 11:41
Last Modified: 19 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131763
[thumbnail of 2.Cover_dalam.pdf]
Preview
Text
2.Cover_dalam.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
7.DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
3.RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.BAB_I.pdf]
Preview
Text
8.BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.Summary.pdf]
Preview
Text
4.Summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.Isi_Jurnal.pdf]
Preview
Text
4.Isi_Jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB_II.pdf]
Preview
Text
9.BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10.BAB_III.pdf]
Preview
Text
10.BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13.BAB_VI.pdf] Other
13.BAB_VI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11.BAB_IV.pdf]
Preview
Text
11.BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12.BAB_V.pdf]
Preview
Text
12.BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14.Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
14.Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item