Firmansyah L.P., Reza (2018) Strategi Nation Branding Jerman Melalui Brand “Land Der Ideen” Periode Tahun 2006-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Fokus dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui bagaimana Negara Jerman melakukan strategi nation branding Land der Ideen untuk memperkuat dan memperbaiki citra negaranya. Keputusan Negara Jerman untuk melakukan nation branding berdasarkan pada fakta bahwa citra Negara Jerman setelah terjadinya perang dunia II menjadi negatif. Pada sisi lain Jerman juga ingin memperkuat citra positifnya yang unggul dalam bidang industri dan teknologi. Selain karena alasan khusus yang melandasi Jerman melakukan Nation Branding menjadi rasional bagi setiap Negara untuk memperkuat dan memperbaiki citra negaranya guna memberikan nilai lebih dan berbeda dalam kompetisi perdagangan global yang terjadi pada era globalisasi sekarang. Tujuan akhir dari dilakukannya strategi Nation Branding adalah untuk menampilkan identitas unggul dari Negara Jerman dan mampu memberikan keuntungan secara ekonomi dan Politik untuk Negara Jerman. Penulis menggunakan konsep Nation Branding Strategy yang dirumuskan oleh Keith Dinnie. Penelitian ini dilakukan menggunakan metodologi kualiatif dengan memanfaatkan data sekunder yang berkaitan dengan pelaksanaan strategi Nation Branding selama kurun waktu 2006 hingga 2017. Penelitian ini dapat membuktikan bahwa strategi Nation Branding yang dilakukan oleh Jerman mampu memperbaiki peringkat citra negaranya.
English Abstract
The focus of this research is to find out how Germany implementation on Nation Branding Strategy to strengthen and rebuild German national image. German decided to strengthen their national image because of the demonized image that attached to German at post-world war II. In the other side Germany want to increase their positive national image especially based on their high quality industries and technology. Beside on the fact above it is very rational for a nation or country tp enchance and strengthen their nation image because on globalization era every nation or country needs to show their competitive identity. For Germany their effort for did Nation Branding strategies is to gain economic and political benefit. This research use a concept named Nation Branding by Keith Dinnie. The research use qualitative methodology based on secondary data from 2006 until 2017. This research prove that after did Nation Branding strategis Germany could maintain their rank on Nation Brand Index.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/722/051809511 |
Uncontrolled Keywords: | Nation Branding, Jerman, Globalisasi, Perdagangan global, Citra Negara, Ekonomi, Politik Nation Branding, Germany, Globalization, Global Trade, Nation Image, Politic, Economy |
Subjects: | 300 Social sciences > 382 International commerce (Foreign trade) > 382.09 History, geographic treatment, biography > 382.094 3 (Jerman) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 03:18 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 03:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13171 |
Text
Reza Firmansyah L.P..pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |