Penerapan Target Costing Untuk Mendukung Efisiensi Produksi Serta Mengoptimalkan Laba Produk Marning Jagung (Studi Kasus di UD. Al-Amien, Desa Gabru, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri)

ArlianaWikaningrum (2016) Penerapan Target Costing Untuk Mendukung Efisiensi Produksi Serta Mengoptimalkan Laba Produk Marning Jagung (Studi Kasus di UD. Al-Amien, Desa Gabru, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin maraknya perusahaan-perusahaan baru dalam mengolah berbagai produk jagung, maka dibutuhkan sebuah strategi dalam berbisnis yang tepat untuk diterapkan pada perusahaan. Perusahan dapat menggunakan strategi salah satunya dengan menghitung biaya produksi melalui cara target costing. Target costing berfungsi untuk mengetahui berapa laba yang harus ditetapkan pada produksi perusahaan, jika perusahaan menginginkan profit yang optimal. Hal ini dikarenakan meningkatnya laba akan berdampak pada jumlah pendapatan yang diterima oleh suatu perusahaan. UD. Al-Amien adalah industri yang bergerak pada produk makanan marning jagung yang berada pada Desa Gabru, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Desa Gabru, merupakan sentra penghasil marning jagung, produk marning jagung banyak dikembangkan di Kecamatan Gurah karena produksi jagung di Kabupaten Kediri sebesar 1.892.459 kwintal per tahun (Dinas pertanian, 2015). Perusahaan memiliki beberapa kendala yaitu (1) sulitnya menaikkan harga produk marning jagung karena produsen hanya menjual lewat tengkulak dan tidak menjual produk langsung kepada konsumen atau pengguna akhir, produsen hanya sebagai price taker dan yang menetapkan harga jual adalah tengkulak, (2) terjadi kenaikan harga jagung, dan (3) kompetitor di wilayah Kabupaten Kediri yang sama-sama memproduksi marning jagung dengan harga murah. Semakin konkrit masalah perancangan biaya dalam bidang usaha, maka perlu menjalankan kegiatan produksi dengan menerapkan metode target costing. Tujuan yang ingin dicapai untuk perusahaan dengan menerapkan target costing adalah (1) menentukan harga pokok produk sesuai dengan apa yang diinginkan sebagai dasar penetapan harga jual produk, dengan cara menganalisis biaya produksi dan keuntungan, (2) hasil efisiensi produksi setelah target costing, (3) mengetahui perbandingan biaya full costing dengan target costing. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan (1) metode full costing, (2) metode target costing, (3) rekayasa nilai (value enginering), dan (4) metode komparatif deskriptif. Metode full costing untuk menentukan harga pokok produksi perusahaan dan menganalisis biaya standar dengan menghitung biaya overhead, biaya bahan baku, biaya non-produksi, dan biaya tenaga kerja. Metode target costing untuk meningkatkan keuntungan di UD. Al-Amien dikarenakan dengan meminimalkan biaya produksi tetapi dengan tetap mempertahankan kualitas produk marning jagung cap atau merk “Siung Mas”. Metode value enginering berfungsi menurunkan perhitungan biaya dalam menghasilkan design untuk meningkatkan nilai produk. Metode komparatif deskriptif berguna sebagai perbandingan hasil antara nilai biaya yang dikeluarkan pada metode biaya standar yang digunakan perusahaan dengan metode target costing. Hasil perhitungan biaya usaha marning jagung dengan metode full costing yang digunakan oleh perusahaan, pada tahun 2014 untuk biaya keseluruhan yaitu Rp 1.185.526.802,-, harga setiap kilogram marning jagung sebesar Rp 6.438,- dan keuntungan yang diperoleh perusahaan sebesar 38,0%. Pada tahun 2015 biaya keseluruhan yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam memproduksi produk marning jagung sebesar Rp 1.301.597.602,- dengan harga per kilogram Rp 7.026,5,- dan profit yang dicapai hanya 36,1%. Penerapan target costing pada perusahaan mampu menghemat biaya jika profit sebesar 40%, sedangkan biaya yang efisien dikeluarkan untuk setiap kilogram menjadi Rp 6.240,- untuk tahun 2014 dan sebesar Rp 6.600,- untuk tahun 2015. Metode target costing merupakan alternatif yang tepat bagi perusahaan, dapat diketahui perbedaan jumlah total biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan sebelum dan sesudah menggunakan metode target costing. Biaya yang dikeluarkan perusahaan sebelum penerapan target costing untuk membuat marning jagung tahun 2014 memerlukan biaya sebesar Rp 1.185.809.802,- dan tahun 2015 sebesar 1.301.307.602,- setelah menggunakan metode target costing tahun 2014 biaya menjadi Rp 1.176.240.000,- dan tahun 2015 sebesar 1.214.720.000,-. Saran yang diberikan untuk perusahaan dalam memproduksi marning jagung dapat menggunakan perhitungan biaya produksi terlebih dahulu, karena dengan metode target costing dapat menentukan harga jual. Efisiensi biaya produksi bisa menurun dan laba meningkat, jika pembelian bahan baku berupa jagung pipil langsung dari pihak petani bukan melainkan dari pihak supplier karena penurunan harga bahan baku jagung per kilogram mampu meningkatkan keuntungan.

English Abstract

The more the rise of new companies in processing a variety of corn products, then it needs a proper strategy business to be applied at the company. Companies can use strategy one by calculating the cost of production through the target costing. The function of costing target is to know how much profit targeted for production company, if the company wants to get optimal profit. This is due to the increasing of profit gives impact to the amount of company’s income. UD. Al-mien is an industry that moves on a food product marning corn at the Gabru village, Gurah subdistrict, Kediri regency. Kediri Regency, Gabru village is a center for producing marning corn, corn products marning many developed in grain white rice because corn production in Kediri Regency of 1.892.459 quintals per year (Department of agriculture, 2015). The company has several obstacles, namely (1) difficulty of raising product price because corn producers marning only sell via a wholeseler and does not sell products directly to the consumer or end user, the manafactures just as a price taker and set the selling price is the middleman, (2) increase in the price of corn occurs, (3) presence of competitors in the area of the Regency Kediri who both produce marning corn at a bargain price. The more concrete the design problems of cost in the areas of business, then the need run production by applying methods of target costing. The objectives to be achieved for the company by implementing target costing is to (1) determine the price of the staple products according to what is desirable as the basis for the determination of the sale price of the product, by way of analyzing the cost of the production and profit, (2) the results of the production efficiency after the target costing, (3) knowing the cost comparison of full costing with target costing. The analysis method used is (1) full costing method, (2) target costing method, (3) value enginering, and (4) descriptive comparative. Full Costing Method is to determine basic price of production and to analyze standard cost by counting overhead cost, raw material cost, non-production cost, and employees cost. Target costing method is to increase profit in company by minimizing cost production, while keeping product quality of marning corn with brand “Siung Mas”. Value enginering method is to decrease cost calculation in producing design for improving products value. Descriptive comparative method is used to compare the results between cost value spent in standard cost method which used in company and target costing method. Based on the research, by using conventional method, main cost of production was 1.185.526.802,- rupiahs and the price of marning corn was 6.438,- rupiahs per kilogram with the profit 38% in 2014. In 2015, total cost spent by the company to produce marning corn was 1.301.597.602,- rupiahs and the price was 7.026,5,- rupiahs per kilogram while the profit got only 36.1%. The application of target costing in company due to the was able to reduce cost if the profit was 40%, while the efficient cost spent for each kilogram became 6.240,- rupiahs in 2014, and it was 6.600,- rupiahs in 2015. Costing target method is right alternative for the company, because it can be known the difference of production total cost before and after using target costing method. The cost to produce marning corn in before using costing target method was 1.185.809.802,- rupiahs in 2014 and it was 1.301.307.602,- rupiahs in 2015. After using target costing method the cost production was 1.176.240.000,- rupiahs in 2014 and it was 1.229.904.000,- rupiahs in 2015. The advice given to company marning in producing corn can use the calculation of production costs in advance, because the target costing methods can determine the selling price. The efficiency of the production costs can be decreased and profits increased, if the purchase of raw materials in the form of maize directly from farmers rather than rather than supplier because of the decline in prices of raw materials per kilogram of corn was able to increase profits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/679/051609366
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 04 Nov 2016 13:40
Last Modified: 19 Oct 2021 15:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131688
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_II.pdf]
Preview
Text
4._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_III.pdf]
Preview
Text
5._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
2._RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_I.pdf]
Preview
Text
3._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
6._BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB._V.pdf]
Preview
Text
7._BAB._V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_VI.pdf]
Preview
Text
8._BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of jurnal_skripsi_arliana.pdf]
Preview
Text
jurnal_skripsi_arliana.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item