Aplikasi Metode QFD (Quality Function Deployment) untuk Peningkatan Kualitas Desain Kemasan Produk Brem (Studi Kasus pada Brem “Taman Sari” Madiun, Jawa Timur).

RiskaPujiLestari, Yanuari (2016) Aplikasi Metode QFD (Quality Function Deployment) untuk Peningkatan Kualitas Desain Kemasan Produk Brem (Studi Kasus pada Brem “Taman Sari” Madiun, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Brem merupakan produk khas Madiun yang sudah melegenda sejak zaman Belanda, sehingga pemerintah menetapkan brem sebagai produk OVOP (One Village One Product). Tujuan adanya OVOP yaitu meningkatkan nilai tambah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam wadah koperasi UKM (Usaha Kecil Menengah). Pusat produksi brem di Madiun berada di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Caruban. Namun, pemasaran produk brem oleh pengrajin Kaliabu masih terbatas. Semua produk yang telah dihasilkan langsung dijual ke toko penjual oleh-oleh di kota. Banyaknya toko yang menjual produk brem mengakibatkan persaingan antar pemilik usaha untuk merebut pangsa pasar. Kondisi seperti ini menyebabkan pemilik usaha tidak dapat bersaing dengan mengandalkan kualitas produk yang dihasilkan saja. Pemilik usaha harus memikirkan cara membuat identitas produknya mempunyai ciri khas agar dikenal dan mampu menarik minat konsumen untuk membeli. Salah satu langkah yang diperlukan pemilik usaha adalah terobosan kreatif melalui kemasan. Beberapa produk mampu diingat konsumen melalui komunikasi visual. Perhatian konsumen dapat diciptakan dengan memanfaatkan 80% daya tarik visual yang terdiri dari warna, bentuk, ilustrasi dan merek. Kemasan yang baik diharapkan dapat memperhatikan keamanan produk, informatif serta memiliki daya tarik visual. Keadaan ini dirasakan oleh pemilik brem Taman Sari. Adanya market follower yang memiliki kesan desain yang sama secara visual mengakibatkan terjadinya keluhan konsumen mengenai hal tersebut. Selain itu, kemasan yang digunakan belum informatif karena tidak mencantumkan berat bersih dan label halal. Dampak yang dirasakan oleh pihak Taman Sari dengan adanya market follower ini adalah penurunan penjualan sebesar 2041 packs pada Tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui harapan konsumen terhadap peningkatan kualitas desain kemasan produk brem merek “Taman Sari” 2) mengetahui prioritas respon teknik perusahaan dalam memenuhi harapan konsumen brem merek “Taman Sari” dan 3) mengetahui visualisasi rancangan desain kemasan produk brem merek “Taman Sari” sesuai dengan kebutuhan konsumen. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive, yaitu di Taman Sari Madiun, Jawa Timur. Sedangkan untuk teknik pengambilan sampel dalam penentuan responden perusahaan adalah non-probability sampling dengan jenis sampel purposive. Teknik penentuan responden konsumen menggunakan accidental. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 88 responden sesuai dengan rumus Malhotra. Analisis peningkatan kualitas desain kemasan brem “Taman Sari” menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil dari QFD pada rumah pertama mengenai harapan konsumen terhadap peningkatan kualitas desain kemasan brem Taman Sari berdasarkan nilai bobot normal dengan prioritas utama ialah warna dan bentuk kemasan menarik, kemasan memberi informasi komposisi atau nilai gizi produk, kemasan memberi label izin Departemen Kesehatan serta label halal. Adapun respon perusahaan yang harus dilakukan dalam memenuhi harapan konsumen berdasarkan nilai prioritas tertinggi antara lain pemilihan warna background dan tulisan yang kontras serta bentuk kemasan unik, mencantumkan informasi komposisi atau nilai gizi produk, menampilkan gambar bahan produk atau hasil produk sesuai dengan komposisi warna dan tata letak dan mencantumkan informasi tanggal produksi dan kadaluwarsa produk. Sedangkan untuk pencantuman sertifikat halal secara resmi belum ada, karena pihak Taman Sari belum mendapatkannya. Usulan dalam perbaikan kualitas desain kemasan brem Taman Sari memiliki spesifikasi antara lain: bahan kemasan primer plastik jenis Polietilen, kemasan sekunder dari karton, bentuk balok dengan ukuran 15cmx7cmx5cm, aksesoris tambahan dengan tali dan segel perekat, jenis huruf Old English Text MT untuk merek dan Times New Roman untuk informasi selain merek, tertera informasi lengkap sesuai aturan pemerintah, background kemasan dominan putih dengan kombinasi warna lain, warna untuk penulisan merek merah dan penulisan selain merek berwarna hitam.

English Abstract

Brem is Madiun’s typical product that has been legendary since the Dutch era, so the government set Brem as OVOP (One Village One Product). The goal of OVOP is to increases the added value in order to improve the welfare of society in the cooperative SMEs (Small and Medium Enterprises). The center of Brem production in Madiun is at Kaliabu Village, Mejayan District, Caruban. However, marketing of Brem products by craft’s men of Kaliabu is still limited. All the products which have been produced directly sold at souvenirs shops in the city. The number of stores that sell Brem products lead to competition between business owners to capture market share. Such conditions cause business owners can not compete by just rely on with the quality of the products. Business owners need to think about how to make the identity of the product has a characteristic that is widely known and attract consumers to buy. One necessary step which is needed by business owners is the creative break through the packaging. Some products are able to thrive in the minds of consumers due to its success in making space in the minds of consumers through visual communication. Consumers can be stimulated attention by utilizing 80% of the visual appeal or something visible. Good packaging is expected can pay attention to the safety of products, informative and visual appeal. This situation is felt by the owners Brem Taman Sari. The market follower who had the same impression visually design resulting in consumer complaints about it. In addition, the packaging used is not informative because it does not include the netto and halal label. The impact to Taman Sari about their market follower is decreasing in sales by 2041 packs in 2015. The purpose of this study are 1) to know the expectations of consumers towards improving the quality of Brem "Taman Sari" product packaging design 2) to determine priorities of company’s technical response to reach Brem "Taman Sari" consumer expectations and 3) to determine the design visualization of Brem "Taman Sari" product packaging in accordance with the needs of consumers. The method of determining location was purposively, namely in Taman Sari Madiun, East Java. As for the sampling technique in the determining respondent companies are non-probability sampling with purposive type. Mechanical determination of consumer respondents using accidental. The samples used in this study were 88 respondents in accordance with the formula Malhotra. Analysis of improving the quality of Brem "Taman Sari" product packaging design was using Quality Function Deployment (QFD). The results of the QFD analysis in the first house on the expectations of consumers towards improving the quality of packaging design Brem “Taman Sari” is based on the value of normal weight with top priority is the color and shape of attractive packaging, the packaging informing the composition or nutritional value of the product, the packaging label permission by Ministry of Health as well as the halal label. The corporate response that must be done to get the expectations of consumers based on the value of the highest priority, among others, the selection of background colors and text that contrast and unique form of packaging, the information of composition or nutritional value of products, featuring the image material products or the results of the product in accordance with the composition of the colors and layout and put information about production and expiry date of the product. As for the inclusion of official halal certificate is not yet, because Taman Sari has not got it yet. Suggestion in the improvement of the quality of packaging design of Taman Sari Brem has specs include: material for primary packaging using polyethylene plastics, secondary packaging from carton box, the shape of Brem is block with size 15cmx7cmx5cm, additional accessories with the straps and seal adhesives, font Old English Text MT for brands and Times New Roman for information in addition to the brand, indicated complete information according to government rules, the background packaging dominant with white and other color combinations, red for writing the brand name and another components are written by black.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/574/051609301
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 10 Nov 2016 14:10
Last Modified: 19 Oct 2021 13:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131583
[thumbnail of SEMUA.pdf]
Preview
Text
SEMUA.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item