Pramythasari, NovitaRaynanda (2016) Analisis Relationship Marketing Agroindustri Kopi Olahan (Studi Di CV. Coffee Roema Kepanjen, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kopi Merupakan Salah Satu Komoditas Unggulan Dalam Sub Sektor Perkebunan Di Indonesia Karena Memiliki Peluang Pasar Yang Baik Di Dalam Maupun Di Luar Negeri. Jenis Tanaman Kopi Yang Banyak Ditanam Di Indonesia Adalah Kopi Robusta. Pada Tahun 2010 Perkebunan Kopi Robusta Yang Diusahakan Seluas 958.782 Hektar Atau Sekitar 79,21% Dari Total Luas Perkebunan Kopi Di Indonesia. Indonesia Dikenal Sebagai Produsen Kopi Robusta Dengan Pangsa Sebesar 20% Ekspor Kopi Dunia (Ditjenbun, 2013). Sebagai Perusahaan Pengolah Kopi Yang Dituntut Bersaing Dengan Perusahaan Pengolah Kopi Yang Lebih Terdahulu, CV. Coffee Roema Yang Terletak Di Daerah Kepanjen Kabupaten Malang Harus Menjalin Kerjasama Yang Baik Dengan Mitra Usahanya Dalam Proses Distribusi Dan Persediaan Bahan Baku Biji Kopi. Kerjasama Yang Terjalin Bukan Hanya Sekedar Hubungan Transaksi Namun Lebih Mengarah Pada Hubungan Relasi Yang Bersifat Jangka Panjang Dengan Mitra Usaha Yang Dimiliki. Dengan Demikian, Maka Perusahaan Diharapkan Dapat Menjalin Hubungan Baik Dengan Pemasok Bahan Baku, Distributor, Dan Konsumen Dengan Harapan Akan Menjalin Hubungan Kerjasama Dalam Jangka Panjang Yang Akan Mendatangkan Keuntungan Bagi Semua Pihak. Hubungan Tersebut Dikenal Dengan Istilah Relationship Marketing. Menurut Zeithmal And Bitner (2003) Yang Dimaksud Dengan Relationship Marketing Merupakan Hubungan Jangka Panjang Dengan Mitra Usaha Perusahaan. Tujuan Dari Penelitian Ini (1) Menganalisis Relationship Marketing Kopi Olahan Ditinjau Dari Dimensi Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan. (2) Menganalisis Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Kopi Olahan. Terdapat Empat Simpul Yang Akan Dianalisis Dengan Menggunakan Empat Dimensi Sebagai Penilaian. Simpul Pertama Adalah Penilaian Perusahaan Terhadap Hubungan Yang Terjalin Dengan Pemasok. Simpul Kedua Adalah Penilaian Pemasok Terhadap Hubungan Yang Terjalin Dengan Perusahaan. Simpul Ketiga Adalah Penilaian Perusahaan Terhadap Hubungan Yang Terjalin Dengan Distributor. Simpul Keempat Adalah Penilaian Distributor Terhadap Hubungan Yang Terjalin Dengan Perusahaan. Masing-Masing Simpul Relationship Marketing Akan Dianalisis Berdasarkan Penilaian Terkait Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan. Pada Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Terdiri Dari 3 Level (Kooperatif, Koordinatif, Dan Kolaboratif). Hasil Analisis Relationship Marketing Yang Telah Dilakukan Ditinjau Dari Empat Dimensi Yaitu Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan Pada Keempat Simpul Memperoleh Skor Yang Berbeda-Beda Setiap Simpulnya. Pada Simpul Antara Perusahaan Terhadap Pemasok Bahan Baku Diperoleh Hasil Tinggi Dan Sedang Dengan Nilai Pada Masing-Masing Dimensi 12; 13; 10; 11. Pada Simpul Pemasok Terhadap Perusahaan Diperoleh Hasil Tinggi, Sedang Dan Rendah Dengan Nilai Pada Masing-Masing Dimensi 12; 11; 8; 7. Pada Simpul Perusahaan Terhadap Distibutor Diperoleh Hasil Sedang, Tinggi Dan Rendah Dengan Nilai Pada Masing-Masing Dimensi 11; 12; 8; 7. Pada Simpul Distributor Terhadap Perusahaan Diperoleh Hasil Sedang Dan Tinggi Dengan Nilai Pada Masing-Masing Dimensi 11,5; 11,5; 11; 12,5. Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Yang Terjalin Antara Perusahaan Terhadap Pemasok, Pemasok Terhadap Perusahaan, Perusahaan Terhadap Distributor Dan Distributor Terhadap Perusahaan Berada Pada Kategori Koordinatif. Dalam Tahap Ini Hubungan Yang Terjalin Lebih Dari Sekedar Transaksional Dan Pelaku Usaha Cukup Terbuka Dengan Informasi Yang Disampaikan. Adapun Saran Dalam Penelitian Ini Adalah (1) Perusahaan Diharapkan Menambah Distributor Di Kabupaten Malang Sehingga Produk Kopi Celup Dapat Dikenal Oleh Masyarakat Sekitar. Selain Itu Perusahaan Harus Bisa Menjaga Dan Meningkatkan Kualitas Hubungan Dengan Distributor Sehingga Distributor Merasa Dihargai. Hal Ini Disebabkan Karena Bagaimanapun Juga Perusahaan Masih Membutuhkan Peranan Distributor Dalam Memasarkan Produk. (2) Pembentukan Kerjasama Yang Saling Menguntungkan Bagi Pelaku Usaha Kopi Olahan, Maka Sebaiknya Menggunakan Kontrak Kerjasama Baik Dengan Distributor Maupun Pemasok Bahan Baku. (3) Penelitian Selanjutnya Disarankan Agar Menambahkan Beberapa Dimensi Atau Variabel Lain Untuk Menganalisis Tingkat Relationship Marketing Selain Dimensi Atau Variabel Yang Telah Digunakan Oleh Penulis Dan Penelitian Selanjutnya Dapat Menganalisis Relationship Marketing Hasil Produk Pertanian Selain Yang Telah Dilakukan Saat Ini Maupun Yang Telah Dilakukan Sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/55/051602701 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 10:43 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131557 |
Preview |
Text
01._COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DEFINISI_OPERASIONAL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KERANGKA_PEMIKIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KESIMPULAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
METODE_PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
TINJAUAN_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |