Uji Karakteristitik Ketahananan Varietas Jagung Pulut Manis (Zea mays ceratina) Terhadap Penyakit Hawar Daun Helminthosporium maydis

Mantovanny, AnisaYunita (2016) Uji Karakteristitik Ketahananan Varietas Jagung Pulut Manis (Zea mays ceratina) Terhadap Penyakit Hawar Daun Helminthosporium maydis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jagung Merupakan Tanaman Yang Berasal Dari Daerah Tropis Dan Bisa Ditanam Di Dataran Rendah Maupun Dataran Tinggi. Jagung Memiliki Sumber Karbohidrat Yang Sama Dengan Beras Dan Dijadikan Sebagai Sumber Perekonomian Di Indonesia. Salah Satu Penyebab Yang Menurunkan Hasil Produksi Jagung Yaitu Penyakit Hawar Daun Yang Ditimbulkan Oleh Jamur Helminthosporium Maydis. Penyakit Ini Memiliki Gejala Berupa Bercak Coklat Yang Kemudian Pada Stadium Lebih Lanjut Menyebabkan Kekeringan Pada Daun. Salah Satu Upaya Pengendalian Yang Efektif Dan Ramah Lingkungan Untuk Menghambat Serangan Penyakit Hawar Daun Yaitu Menanam Varietas Tahan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengidentifikasi Dan Mengetahui Tingkat Ketahanan, Karakteristik Morfologi Daun Jagung Dan Hasil Produksi. Penelitian Dilaksanakan Pada Bulan Mei Sampai Dengan Juli 2015. Pengamatan Pertumbuhan Dan Perkembangan Luas Serangan Penyakit Hawar Daun Dan Mengambil Sampel Untuk Analisis Struktural Daun Di Selenggarakan Di Kebun Percobaan PT BISI International Tbk, Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Pembuatan Preparat Stomata, Trikoma, Dan Epidermis Dilaksanakan Di Laboratorium Taksonomi Tumbuhan Fakultas MIPA Jurusan Biologi Universitas Brawijaya Malang. Rancangan Percobaan Menggunakan Rancangan Acak Kelompok Dan Tiga Kali Ulangan. Perlakuan Menggunakan Tujuh Tanaman Indikator Varietas Tahan Antara Lain Wxbi 13001, Wxbi 13002, Wxbi 13003, Victoria, BWX31, Kumala, Pulut Uri 2. Parameter Yang Diamati Yaitu Hubungan Antara Intensitas Serangan Penyakit Hawar Daun Dan Ketahanan Varietas, Hubungan Kerapatan Stomata, Trikoma, Epidermis Dengan Intensitas Serangan Penyakit Hawar Daun, Hubungan Aspek Panen Dan Intensitas Serangan Penyakit Hawar Daun. Hasil Uji Menunjukan Bahwa Dari Tujuh Varietas Jagung Dalam Kategori Agak Tahan Yaitu Varietas Victoria Dan Pulut Uri 2 Menjadi Varietas Sangat Rentan. Tidak Ada Hubungan Dan Pengaruh Pada Stomata, Trikoma, Epidermis Terhadap Intensitas Serangan Penyakit Hawar Daun. Tidak Ada Hubungan Pengaruh Intensitas Serangan Penyakit Hawar Daun Terhadap Aspek Produksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/53/051602699
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Apr 2016 10:33
Last Modified: 19 Oct 2021 12:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131535
[thumbnail of Skripsi_Anisa_Yunita_M.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Anisa_Yunita_M.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item