Kajian Inkubasi Berbagai Dosis Pupuk Cair fermentasi lendir Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) Terhadap Fosfor, C-Organik, dan pH pada Tanah Inceptisol

Putra, BimaPurna (2016) Kajian Inkubasi Berbagai Dosis Pupuk Cair fermentasi lendir Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) Terhadap Fosfor, C-Organik, dan pH pada Tanah Inceptisol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inceptisols adalah salah satu ordo tanah yang penyebarannya cukup luas di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (2000) dengan kandungan bahan organik rendah sampai sedang. Dengan kandungan bahan organik yang cukup rendah, maka penambahan bahan organik sangat diperlukan. Bahan organik yang dibutuhkan dapat berupa penggunaan pupuk. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik maupun anorganik. Pada penelitian ini ialah mempelajari tentang pengaruh perlakuan lendir cacing tanah terhadap unsur hara yang terkandung di dalam tanah Inceptisol. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh pupuk cair hasil fermentasi cacing tanah (Lumbricus rubellus) terhadap peningkatan unsur hara fosfor tersedia pada tanah Inceptisol dan menambah unsur hara fosfor tersedia dalam tanah Inceptisol. Dengan hipotesis semakin meningkat pemberian dosis pupuk cair fermentasi cacing tanah (Lumbricus rubellus) mampu meningkatkan kadar posfor tersedia pada tanah Inceptisol. Manfaat dari penelitian ini ialah Pupuk organik cair hasil fermentasi cacing tanah (Lumbricus rubellus) dapat menambah unsur hara posfor tersedia pada tanah Inceptisol.. Penelitian ini dilaksanakan dirumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang, sedangkan proses pembuatan pupuk cair dilakukan di Sidoarjo rumah bapak Subchan. Analisis dasar tanah dilakukan di labolatorium Kimia Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Waktu pelaksanaan dimulai pada bulan Maret-Mei 2016. Berdasarkan hasil penelitian pemberian pupuk cair lendir cacing dapat meningkatkan unsur hara fosfor, pH dan C-organik dengan peningkatan tertinggi inkubasi selama 4 minggu pada perlakuan P3 dengan dosis 100mL/L air. Semakin banyak pemberian pupuk cair lendir cacing tanah pada tanah Inceptisol, semakin banyak pula peningkatan terhadap unsur hara fosfor, pH dan C-organik pada tanah inceptisol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/458/051608343
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:33
Last Modified: 19 Oct 2021 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131460
[thumbnail of 4._lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4._lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Pernyataan.pdf]
Preview
Text
2._Pernyataan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._Skrirpsi_fix.pdf]
Preview
Text
6._Skrirpsi_fix.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._SAMPUL_FIX_baru.pdf]
Preview
Text
1._SAMPUL_FIX_baru.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._Lampiran_Awal.pdf]
Preview
Text
5._Lampiran_Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
3._Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item